Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

4 Alasan Mengapa Brand Perlu Membuat Video Company Profile

By
MLR
 •
July 30, 2020

Video marketing merupakan medium yang kuat pengaruhnya untuk meningkatkan engagement brand dan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Tren penggunaan video marketing sebagai salah satu strategi pemasaran masih berjalan hingga sekarang. Perubahan perilaku konsumsi informasi menyumbang faktor mengapa tren ini belum mereda hingga beberapa tahun ke depan.

Selepas berakhirnya masa-masa di mana kebanyakan orang menggunakan media konvensional seperti televisi, iklan surat kabar, brosur penjualan, radio, dan majalah, kita memasuki fase di mana informasi dengan mudah didapatkan. Semuanya serba cepat dan ringkas. Kurang lebih terdapat 500 jam konten diunggah ke YouTUbe setiap menitnya. Itu baru total konten yang dihitung dari satu platform semata, belum yang tersebar di platform-plaftorm serupa lainnya.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Bukti tersebut seolah menguatkan posisi video marketing bagi pemasar di hadapan para konsumen. Video marketing adalah peluang besar bagi brand untuk menciptakan daya tarik yang lebih luas dan efektif dalam menjaring minat konsumen potensial. Dengan berpaku pada pola pikir tersebut, tentu muncul kebutuhan untuk memproduksi sebuah video company profile. Apa itu video company profile dan mengapa brand membutuhkannya untuk strategi marketing? Berikut ulasannya.

Mengenal video company profile

Sebelum beranjak membuat video company profile, disarankan untuk membuat company profile terlebih dahulu. Apa itu company profile? Secara sederhana, company profile adalah bagaimana perusahaan ingin dikenal di mata konsumen.

Sebuah company profile yang baik menjelaskan secara padat dan jelas mengenai siapa perusahaan tersebut, apa tujuannya, apa layanan atau produk yang ditawarkaan perusahaan, serta nilai apa yang dijunjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Penyusunan company profile yang baik akan membuka kesempatan untuk menarik perhatian konsumen potensial. Sementara itu, pembuatan company profile dalam bentuk video yang kena sasaran memiliki pengaruh untuk membuat konsumen potensial menjadi konsumen loyal bagi brand kita.

Sebuah video company profile adalah rangkuman singkat berisi informasi terkait brand secara keseluruhan dan apa yang ingin kita tawarkan kepada konsumen. Company profile dapat dikemas dengan gaya wawancara, melalui ilustrasi, atau bahkan direkam dengan gaya film dokumenter. Tentunya pembuatan video company profile tak hanya terbatas pada sajian yang telah diungkapkan sebelumnya. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan supaya video company profile menarik, namun hal terpenting yang harus diperhatikan adalah bisakah video tersebut menarik perhatian penonton dalam 5 detik pertama.

Alasan-alasan mengapa brand membutuhkan video company profile

Seperti yang telah dibahas di bagian sebelumnya, video company profile punya pengaruh yang besar dalam mengubah konsumen potensial menjadi konsumen loyal terhadap brand. Selain itu, terdapat pula beberapa alasan penting mengapa brand membutuhkan video company profile, seperti:

Membagikan cerita brand dengan cara yang menarik

Medium video sangatlah cocok untuk membangun brand awareness dengan sifatnya yang serbaguna. Tak seperti teks tertulis, dengan video, kita tak menuntut audiens untuk menggunakan imajinasi mereka. Justru membantu mereka membentuk ekspektasi terhadap brand lewat kisah yang disampaikan secara kreatif dan menarik.

Membangun kepercayaan konsumen terhadap brand

Company profile yang dikemas dalam medium video merupakan pengantar yang ideal untuk konsumen yang sebelumnya mungkin belum mengenal brand kita. Selain menuturkan cerita brand, video company profile yang baik bisa menciptakan kepercayaan konsumen terhadap brand dengan membiarkan audiens melihat sekilas apa yang terjadi di belakang layar bisnis kita dan proses kerja kita. Tak hanya membangun kepercayaan, company profile yang baik juga dapat membuka peluang bagi brand tampak lebih menonjol dengan menjelaskan keunikan proses kerja dan produk yang ditawarkan.

Meningkatkan traffic ke website

Memasukkan video company profile di situs web akan berdampak positif terhadap SEO. Video terbukti dapat meningkatkan traffic ke situs web dari pencarian organik. Hal ini memberikan keuntungan yang besar, terutama ketika konsumen tengah mencari sebuah produk atau layanan yang kita tawarkan secara online.

Selain itu, rata-rata pengguna internet menghabiskan 88 persen waktu lebih lama. Di situs web yang menyertakan video. Ini berarti konsumen akan lebih reseptif terhadap brand awareness yang kita buat dan membuat brand lebih mudah diingat oleh konsumen saat mereka memutuskan untuk membeli sesuatu.

Company profile berbentuk video juga sangat tepat bagi perusahaan B2B. Sekitar 65 persen pembuat keputusan bisnis cenderung mengunjungi situs sebuah brand setelah menonton video company profile. Tentunya ini memberikan peluang kesempatan mendapatkan pelanggan potensial.

Meningkatkan performa e-mail marketing

E-mail merupakan cara yang tepat menjangkau audiens dan menghasilkan leads baru, dengan catatan kita perlu memastikan bahwa e-mail yang dikirim benar-benar dibaca. Nah, video company profile sangat berguna untuk meningkatkan performa e-mail marketing. Jika memasukkan video dalam paragraf awal e-mail, kita berkesempatan meningkatkan rasio klik hingga 96 persen. Video company profile sangat ideal sebagai pendahuluan e-mail yang dikirimkan pada calon konsumen karena menjelaskan bisnis kita dan apa yang kita lakukan dengan cara yang menarik, mudah dicerna, dan mudah diingat.

Baca Juga: Tipe-Tipe Video Marketing yang Dapat Diproduksi dari Rumah

Mengingat sebanyak 63 persen pelaku bisnis sekarang menggunakan video sebagai bagian integral dalam strategi marketing, keberadaan video adalah sesuatu yang esensial bagi brand. Tentu saja, ada banyak cara menggunakan video untuk membantu meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan secara online. Namun diantara semua pilihan jenis video, company profile merupakan video paling fleksibel dan berguna karena memberikan informasi brand Anda secara ringkas serta menjadi katalis pengambilan keputusan konsumen.

Feature Image by Vanilla Bear Films on Unsplash

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles