Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Video Advertising Paling Favorit di Bulan Ramadan 2018

By
GetCraft
 •
May 26, 2020

Seiring berkembangnya brand di Indonesia, semakin banyak pula strategi marketing yang dijalankan oleh para marketer agarbrand mereka bisa tampil lebih dominan. Salah satu cara brand untuk menarik perhatian audiens adalah dengan membuat konten video yang berkualitas, dengan menengok tren yang sedang diikuti masyarakat dan dipublikasikan pada momen yang tepat.

Dan untuk mengapresiasi berbagai video-video advertising menarik yang dibuat oleh brand-brand favorit di Indonesia, pada 15 Agustus 2018 lalu, Kantar Millward Brown, sebuah research agency yang terspesifikasi pada bidang advertising effectiveness, strategic communications, media, digital dan brand equity research, menyelenggarakan sebuah ajang penghargaan Kantar Millward Brown’s Most Loved Indonesian Ramadhan Ads 2018 yang diadakan di Lucy in The Sky, SCBD, Jakarta Selatan.

Alasan terselenggaranya acara ini seperti yang diungkapkan oleh Emma Mussel, Head of Creative Kantar Millward Brown Indonesia , “Kami melihat banyaknya variasi kualitas konten kreatif di Indonesia. Dan advertising yang baik itu bisa membuat konten tersebut bekerja 10 kali lebih efisien. Selain itu, semakin berkembangnya penetrasi dunia digital saat ini, konsumen dapat lebih tereskspos dengan lebih banyak konten di berbagai media. Didukung kemampuan brand untuk dapat menerapkan tema budaya yang relevan secara unik dan imajinatif, tentu akan membuat konten yang dibuat itu menjadi lebih berharga.”

Baca Juga: Memahami Apa itu Video Marketing?

Seperti apa konten video yang mereka buat dan bisa menarik perhatian banyak masyarakat? Berikut di bawah ini video dari para brand yang berhasil memenangkan Kantar Millward Brown's Most Loved Indonesian Ramadhan Ads of 2018:

1. Bear Brand

Bear Brand melalui kampanye mereka “Baca Keliling”, berhasil menjuarai kategori Most Enjoyable advertising.

2. Go-Jek

Dengan kontennya yang bertema “Mencari Pahala”, piala dalam kategori Most Unique Advertising berhasil dibawa pulang oleh Go-Jek.

3. Shopee

Kampanye "Goyang Hujan Emas" dari Shopee menjadi pemenang dalam ajang ini di kategori Most Noticed Advertising.

4. Tokopedia

Video yang dibuat oleh Tokopedia dengan judul “Kesempatan Terbaik” merupakan konten yang paling banyak memenangkan award di ajang ini yaitu, Most Unique, Most Buzz Worthy dan juga Most Loved advertising.

Alasan memilih advertising di bulan Ramadan untuk award ini

Bulan Ramadan merupakan momen yang penting bagi para konsumen dan brand di Indonesia. Data dari Kantar Worldpanel sendiri menyatakan bahwa konsumsi media pada bulan itu meningkat, di mana waktu setiap orang menonton televisi meningkat 10% lebih lama serta 57% lebih banyak menghabiskan waktu di internet dibanding seminggu sebelum Ramadan.

Klik disini untuk bekerjasama dengan Videografer terbaik di Asia Tenggara

Dengan melihat data di atas, membuat banyak marketers yang memanfaatkan momentum Ramadan agar dapat menarik perhatian banyak masyarakat. Dan untuk mencapai hal itu, para pemasar membuat berbagai advertising, khususnya dalam bentuk video dengan beragam tema, gaya dan cerita.

Walau begitu, ada satu benang merah yang sama antara para nominasi dari Most Loved Indonesian Ramadhan Ads 2018 ini yaitu, “Para brand ini tetap mempertahankan tren budaya yang ada di Indonesia, lalu dipadupadankan dengan ide yang kuat dan kreatif sehingga dapat membuat konten tersebut dapat menarik perhatian masyarakat,” ungkap Emma lagi.

Baca Juga: Peluang Menarik Perhatian Konsumen di Bulan Ramadhan

Mungkin video para pemenang award di atas dapat menjadi referensi para marketer ketika ingin membuat konten yang dapat meningkatkan minat audiens terhadap brand terkait. Dan untuk membuat video marketing yang berkualitas, silahkan klik tombol di bawah ini,

Kunjungi Marketplace GetCraft

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles