Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Tips Menentukan Keyword untuk Meningkatkan Traffic Website

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 26, 2020

SEO merupakan satu cara bagi para marketer supaya content marketing yang mereka buat dapat ditemukan dengan mudah dan semakin banyak dibaca oleh masyarakat. Lalu agar bisa mencapai hal tersebut satu tahap krusial yang perlu dilakukan oleh marketers adalah dengan melakukan riset terhadap berbagai keyword yang tepat sehingga traffic pada website juga dapat terus meningkat.

Tujuan utama dalam meriset keyword ini tentu untuk bisa mendapatkan ranking yang bagus di dalam mesin pencarian Google (kalau bisa ada di halaman pertama). Selain itu, riset ini akan memudahkan ketika sedang menentukan strategi konten yang dijalankan dan sangat membantu untuk menemukan berbagai topik yang memang dibutuhkan masyarakat.

Dan setelah mengetahui keinginan target audiens, konten yang kita buat tadi dapat bekerja lebih optimal dan bisa menjadi jawaban dari segala permasalahan mereka sehingga membuat para pelanggan menjadi lebih percaya pada brand terkait dan kedepannya bisa menjadi customer yang loyal.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Tetapi bagaimana cara untuk melakukan riset untuk menentukan keyword yang tepat?

Membuat daftar topik berdasarkan apa yang ingin disampaikan

Ketika memulai riset untuk keyword, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan berbagai topik umum yang kita anggap penting dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Di dalam menentukan topik, kita bisa memposisikan diri sebagai customer, hal ini akan memudahkan dalam mengetahui topik mana yang kira-kira sedang dibutuhkan atau mana yang ingin diketahui.

Setelah itu, kita bisa membuat daftar dari 5-10 topik yang cocok untuk kemajuan brand, dan ini akan membantu ketika memutuskan keyword mana yang bisa menjadi andalan dan merisetnya lebih jauh.

Klik disini untuk bekerjasama dengan Penulis terbaik di Asia Tenggara

Memanfaatkan media sosial untuk mencari tahu topik yang sedang dibicarakan

Di dalam menentukan topik mungkin kadang kita suka terlalu fokus pada pesan brand yang ingin disampaikan, dan melewatkan berbagai topik lain. Padahal di luar sana banyak juga topik-topik yang menarik bagi masyarakat dan masih berhubungan dengan bisnis kita.

Dan satu cara untuk bisa menemukan topik menarik yang tidak terpikirkan itu adalah dengan mencari tahunya melalui berbagai interaksi audiens yang tersaji di media sosial.

Ada pula berbagai keuntungan lain yang bisa didapakan ketika melakukan social media monitoring yaitu, kita menjadi lebih mudah untuk memahami audiens dan megetahui bagaimana mereka menanggapi suatu topik.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai insights mengenai trending topic yang mungkin akan berpengaruh dengan bisnis yang sedang dijalankan. Hingga bisa mengetahui apa yang menjadi permasalahan dari customer potential dan bisa memberikan mereka berbagai jawaban melalui konten yang kita sajikan.

Coba melihat auto-suggest yang ditampilkan Google

Satu cara sederhana yang secara mengejutkan terbukti efektif dalam penentuan keywords adalah menengok auto-suggest yang diberikan Google. Mungkin auto-suggest ini hanya semacam trik penunjang, tetapi dengan merisetnya dapat membantu kita untuk mengetahui keyword mana saja yang biasa/sering dicari oleh para audiens dan membuat kita dapat mempertimbangkan keyword fokus mana yang belum masuk ke dalam strategi konten yang ingin dijalankan.

Melihat ranking keyword kompetitor

Memang kita tidak harus mengikuti apa yang dilakukan oleh kompetitor, tetapi dengan mengidentifikasi seperti apa keyword yang mereka gunakan, hal ini terkadang bisa menjadi acuan dalam mengevaluasi berbagai keyword yang telah ditentukan.

Lalu, seandainya menemukan keyword yang ternyata sama dengan yang dipilih oleh kompetitor, maka kita bisa berupaya untuk meningkatkan ranking dari keyword yang sama itu, karena itu berarti keyword tadi memang memiliki kekuatan untuk menarik minat audiens.

Selain itu, mungkin kita juga melihat bahwa ada keyword yang ternyata tidak sama dengan milik kompetitor, maka hal ini bisa menjadi satu kesempatan besar supaya bisa menguasai pasar pada satu topik penting dalam content marketing yang kita jalankan.

Menentukan keyword dari feedback konsumen

Kita tentunya tahu kalau content marketing itu dibuat untuk menarik minat konsumen. Karena itu, untuk mengetahui secara pasti konten apa yang seharusnya disajikan, kita bisa mengacunya kembali pada konsumen. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengetahui konten apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Seperti, mencarinya melalui media sosial, survei pelanggan, bertanya secara langsung dan lain sebagainya.

Setelah melakukan interaksi dengan para pelanggan tersebut, nantinya kita bisa mendapatkan beragam ide dan masukan unik dari para pelanggan yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya. Karena biar bagaimanapun saran mereka itu terkadang memberikan kejutan yang menyenangkan.

Baca Juga: Membangun Persona Audiens dalam Strategi Content Marketing

Setelah kita berhasil mengidentifikasi keyword mana yang kira-kira tepat untuk meningkatkan traffic pada content marketing, maka hal ini akan mempermudah kita di dalam menentukan strategi konten yang akan dijalankan sehingga bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Kunjungi Marketplace GetCraft

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles