Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Tips Berkolaborasi dengan Videografer

By
iMarketology
 •
May 19, 2020

Konten video saat ini semakin difavoritkan oleh para audiens, membuat brand tentu juga perlu untuk memanfaatkan konten bentuk ini dalam kampanye pemasaran di media sosial mereka.

Karena alasan tersebut pula, maka brand perlu menampilkan kualitas video yang unggul hingga dapat menarik banyak mata untuk mau menyaksikan dan terkesan dengan konten tersebut. Dan kualitas video terkadang dipengaruhi pula oleh keahlian, pengalaman, dan jiwa seni kreator yang memproduksinya.

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik bagi brand untuk menyajikan konten video yang bisa mendorong minat audiens adalah dengan berkolaborasi dengan para kreator video berpengalaman yang sudah terbiasa membuat konten video yang menarik.

Baca Juga: Panduan Bagi Pemilik Brand untuk Berkolaborasi Dengan Kreator Konten

Dan berikut ini 5 tip untuk memilih videografer yang tepat untuk kampanye pemasaran di media sosial bagi brand:

Tentukan anggaran produksi video

Sebelum mulai mencari dan berkolaborasi dengan para videografer, brand yang ingin memproduksi konten video sebaiknya menentukan dahulu besar maksimal anggaran yang hendak mereka keluarkan. Dan sebaiknya juga, para videografer yang akan diajak berkolaborasi juga mengetahui besar maksimal anggaran tersebut.

Alasannya, karena konten video adalah sebuah karya seni, dan tingkat keahlian para videografer juga berbeda-beda. Para videografer akan lebih mudah menentukan kualitas konten video yang harus dibuat sesuai dengan anggaran maksimal dari brand yang akan memberi proyek pembuatan konten video.

Dengan mengetahui anggaran tersebut, para videografer juga akan lebih mudah memberikan saran apabila ternyata ekspektasi kualitas konten video dari brand jauh di atas anggaran maksimal.

Pelajari portofolio dan gaya seni masing-masing videografer

Setiap videografer tentu memiliki koleksi konten video yang pernah dibuatnya, baik itu untuk klien atau sekadar eksperimen yang mereka yang lakukan. Untuk itu, brand perlu mempelajari koleksi konten video yang pernah dibuat para videografer yang ingin diajak bekerja sama untuk menilai apakah videografer tersebut tepat atau tidak untuk diajak berkolaborasi dalam proyek pembuatan konten videonya.

Tentukan jenis dan tujuan konten video

Brand sebaiknya menentukan jenis konten video yang akan dibuat dan tujuan apa yang hendak dicapai dengan menggunakan konten tersebut dalam kampanye pemasaran lewat media sosial.

Jenis dan tujuan konten video tentunya harus dikomunikasikan dengan baik dengan para videografer yang akan diajak berkolaborasi. Hal ini akan membuat mereka lebih mudah memahami konten seperti apa yang dibutuhkan brand, mengurangi konflik karena kesalahpahaman, dan mengurangi tingkat revisi yang diminta brand kepada videografer.

Memberikan deskripsi sejelas dan sedetail mungkin

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan brand adalah menyusun dan memberikan deskripsi proyek pembuatan konten video secara jelas dan sedetail mungkin kepada para kreator yang mereka ajak kerja sama.

Komunikasi antara brand dengan para videografer sebaiknya berlangsung sebelum proyek dimulai guna menghindari kesalahpahaman dan konflik ketika proses produksi konten sedang berlangsung.

Berikan kebebasan dalam berkarya

Para videografer merupakan profesional yang sudah memiliki pengalaman untuk menyajikan sebuah konten video yang kompeten dan berkualitas. Maka, pemilik brand sebaiknya tidak terlalu detail dalam mengatur hal-hal teknis dalam proses pembuatan konten.

Seperti halnya seorang seniman, para videografer harus diberikan kebebasan untuk menuangkan ide, inspirasi, dan menggunakan teknik - teknik yang dikuasainya dalam proses produksi tersebut. Hal ini akan membuat kreator jadi lebih kreatif dalam berkarya dan hasilnya pun akan lebih maksimal.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengukur Keberhasilan Social Media Marketing Secara Efektif?

Memang bekerja sama dengan para kreator yang berpengalaman merupakan salah satu cara agar konten yang disajikan brand dapat memiliki kualitas yang baik hingga mengundang banyak mata untuk mau menyaksikannya.

Namun, kadang kala mencari videografer yang tepat merupakan salah satu tantangan yang kerap dihadapi brand. Dan untuk menghindarinya, brand dapat pula mencari videografer yang berkualitas melalui online creative network seperti GetCraft.

Nah, kalau ingin bekerja sama dengan para videografer ternama di Indonesia untuk kampanye media sosial yang dijalankan, silahkan langsung saja klik link berikut ini!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles