Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Studi Kasus Influencer Marketing Lewat Twitter yang Sukses

By
GetCraft
 •
May 18, 2020

Kegiatan influencer marketing semakin marak digunakan oleh brand-brand besar dalam rangka peningkatan brand awareness, brand building, hingga product consideration. Tidak jarang, yang pertama terbayang di kepala adalah untuk melakukan kegiatan ini lewat media sosial.

Instagram memang menjadi salah satu pilihan utama yang ramai dilakukan brand. Namun ternyata, Twitter bersaing tepat di belakangnya. Sebagai media sosial berbasis teks (maksimal 280 karakter), influencer atau KOL di dalam Twitter juga menghasilkan performa yang tidak kalah dari Instagram.

Menurut Social Media Today, salah satu keunikan dari kegiatan influencer marketing melalui Twitter adalah konten yang autentik dan pesannya yang sampai dari influencer ke pengikutnya. Di Twitter, para influencer bisa lebih bereksperimen dengan konten hingga CTA mereka agar brand pada akhirnya dapat meraih objektif yang dituju.

Apa saja contoh influencer marketing lewat Twitter yang berhasil? Berikut contoh kegiatan kolaborasi brand dengan influencer lewat Twitter:

Baca Juga: Memahami Influencer Marketing

Brand: Go-Jek

Campaign: #KasihLebih

Studi Kasus Influencer Marketing Lewat Twitter yang Sukses

Lewat Twitter, Go-Jek melakukan campaign #KasihLebih lewat tiga influencer di Twitter. Campaign ini bertujuan untuk memberikan highlight soal fitur memberikan tip untuk para driver Go-Jek.

Eksekusi:

Dalam kegiatan influencer marketing ini, setiap KOL/influencer memposting 3 tweet dengan tipe berbeda. Di tweet pertama, para influencer melakukan polling untuk mengetahui insights dari para followers-nya, yang dilanjutkan dengan informasi mengenai campaign tersebut yang diikuti dengan hashtag #KasihLebih. Rangkaian tweet ini (biasa disebut “thread”) diakhiri dengan pengalaman para influencer saat memberikan tip kepada driver Go-Jek mereka serta ajakan (dalam bentuk link ke Go-Jek) untuk memberikan tip dan rating pada driver Go-Jek.

Hasil dan Performa:

Semua tweet yang dihasilkan oleh Andrea Gunawan sebagai salah seorang influencer yang bekerja sama meraih hasil yang amat baik. Thread buatannya mendapatkan views 620% lebih dari ekspektasi awal.

Angka keseluruhan yang didapatkan dari kegiatan influencer marketing ini adalah 8154 views dari ketiga KOL yang berkolaborasi dengan Go-Jek.

Klik di sini untuk memakai jasa influencer twitter post terbaik di Asia Tenggara

Brand: Tri

Campaign: #SayangItuTri

Kali ini, sebagai salah satu perusahaan provider telekomunikasi besar di Indonesia juga melakukan campaign lewat Twitter dengan objektif untuk mendukung rilisan TVC, OOH dan article campaign dari brand tersebut.

Eksekusi:

Bekerja sama dengan 20 influencer dan menghasilkan 20 tweet, Tri menggunakan hashtag #SayangItuTri untuk meraih audiens mereka. Dengan beragam CTA otentik yang menggambarkan masing-masing influencer, Tri berhasil menarik pasar dengan hasil yang amat memuaskan.

Hasil dan Performa:

Secara keseluruhan campaign yang dilakukan lewat Twitter, Tri memperoleh 224.750 impression dan 17.558 engagement melalui 20 tweet tersebut. Angka besar ini didukung oleh 15 influencer yang berhasil meraih standar engagement yang ditetapkan di awal.

Baca Juga: Studi Kasus Influencer Marketing yang Sukses

Brand: Neurobion

Campaign: #NENOINStudy

Studi Kasus Influencer Marketing Lewat Twitter yang Sukses

Studi Kasus Influencer Marketing Lewat Twitter yang Sukses

Berkolaborasi dengan 8 influencer di Twitter, brand Neurobion memiliki objektif untuk meningkatkan awareness dan edukasi tentang studi nenoin. Keuntungan dari campaign ini adalah CTA-nya yang menyampaikan bahwa produk Neurobion sebagai suplemen vitamin B kompleks yang dapat membantu kinerja saraf otot.

Eksekusi:

Lewat sebuah acara yang diadakan oleh Neurobion, influencer yang hadir ditugaskan untuk meliput lewat live tweet tentang poin-poin edukasi menyoal #NENOINStudy. Menyampaikan kegiatan lewat tweet mereka, angka impression dan engagement yang diraih oleh para KOL ini amat tinggi.

Hasil dan Performa:

Jika bicara soal views/impression yang dihasilkan dari campaign #NENOINStudy, para influencer rata-rata berhasil menghasilkan 89.5% impression dari total followers yang mereka miliki. Beberapa influencer yang berkolaborasi bahkan berhasil meraih lebih dari 100% impression. Lewat live tweet yang dihasilkan, ternyata para audiens banyak yang tertarik dan penasaran untuk mengikuti terus rangkaian event yang saat itu sedang berjalan.

Brand: Grab

Campaign: Grab Lawan OPIK!

Studi Kasus Influencer Marketing Lewat Twitter yang Sukses

Pada tanggal 12 April hingga 26 Maret 2018, Grab mengadakan campaign “Lawan OPIK!” dengan objektif untuk meningkatkan awareness untuk OPIK (order fiktif) yang dapat merugikan kedua belah pihak: pelanggan dan driver. Kejadian nyata yang masih sering terjadi ini dirasa dapat dicegah melalui konten tweet yang dihasilkan oleh para influencer dalam kolaborasi campaign ini.

Eksekusi:

Dalam campaign Grab ini, 11 Twitter influencer turut andil dalam objektif yang telah ditentukan brand tersebut dan menghasilkan 55 tweet secara keseluruhan.

Hasil dan Performa:

Keseluruhan konten tweet dalam campaign ini menghasilkan jumlah total 993.120 impression. Keberhasilan campaign lewat rangkaian tweet ini didukung oleh kreativitas jenis konten dari para influencer, interaksinya dengan para audiens/followers dan tambahan visual dalam bentuk gambar/link di dalam tweet mereka.

Lewat beberapa contoh kegiatan influencer marketing di Twitter, brand terbukti dapat mempercayakan influencer/KOL dalam merangkai konten yang dapat mencapai objektif mereka. GetCraft dapat membantu Anda dalam menjalankan strategi influencer marketing brand Anda, silahkan klik tombol di bawah ini, 

Klik di sini untuk memakai jasa influencer twitter post terbaik di Asia Tenggara

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles