Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Perhatikan Hal Ini Saat Menentukan Objektif Event Marketing!

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Sekarang ini banyak masyarakat yang saling berlomba untuk menghadiri sebuah event dengan kepentingan masing-masing. Misalnya, ada yang mencari hiburan dengan mendatangi event yang berbentuk konser, mendapatkan edukasi seperti hadir ke seminar, atau sekadar demi menunjukkan eksistensi dan gengsi.

Karena hal tersebut pula, brand-brand semakin inovatif dalam membuat event yang menarik perhatian masyarakat. Namun, membuat sebuah event yang menarik perhatian belum cukup untuk dianggap sukses bila belum mencapai mencapai objektif marketing yang telah ditentukan.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Lantas bagaimana cara menentukan objektif event marketing bagi brand?

Melakukan riset internal

Sebelum merumuskan strategi dan menjalankan event marketing, brand perlu untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan perusahaan saat ini.

Pada mulanya kita dapat melihat beragam strategi dan tujuan marketing perusahaan secara keseluruhan pada periode berikutnya. Dengan begitu, kita dapat mengetahui ke mana perusahaan akan diarahkan dan juga bisa memberikan ide event yang baru serta relevan dengan tujuan perusahaan.

Ketika sedang merumuskan strategi kegiatan event marketing, brand juga perlu melakukan analisis secara mendalam mengenai apa yang menjadi kebutuhan setiap departemen dalam perusahaan tersebut. Analisis tersebut membantu kita mendapatkan berbagai informasi penting dan konteks dalam menentukan objektif mengapa perusahaan perlu untuk menyelenggarakan event.

Riset lain yang dapat kita lakukan adalah mencari tahu target yang sedang ingin dicapai oleh tim sales. Karena, menyelenggarakan event akan sangat berguna bagi brand dalam mendapatkan kontak-kontak baru yang nantinya dapat menjadi leads berkualitas, atau lebih jauh bisa meningkatkan penjualan.

Dalam melakukan riset ini, kita bisa mengurutkan metriks-metriks mana yang menjadi prioritas. Dengan objektif yang bisa diukur tersebut nantinya akan memudahkan brand untuk mengetahui apakah event yang diselenggarakan mencapai kesuksesan atau tidak.

Dalam melakukan riset ini, tentunya brand juga perlu mengidentifikasi channel marketing mana yang efisien dalam mempromosikan event.

Objektif event marketing sebaiknya SMART

Dalam menentukan tujuan dalam penyelenggaraan event marketing, brand membutuhkan SMART. Apa yang dimaksud dengan SMART?

  • Spesific (spesifik)

Objektif event marketing kita sebaiknya mudah digambarkan serta jelas. Memiliki target yang spesifik juga akan memudahkan brand untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Measurable (dapat diukur)

Sebelum menyelenggarakan event marketing kita perlu mengetahui secara pasti kapan tanggal, jumlah peserta yang diharapkan dan lain sebagainya. Brand tidak dapat hanya berasumsi dan mengetahui secara samar tujuan-tujuan yang dapat diukur.

Menentukan metriks kesuksesan yang dapat diukur ini juga akan memudahkan setiap orang yang terlibat, mengetahui apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai tujuan tersebut, sehingga mereka mengerjakan hal-hal yang benar dan tidak kebingungan sehingga meminimalisir waktu jadi terbuang percuma.

  • Attainable (dapat dicapai)

Kita perlu menentukan tujuan-tujuan apa saja yang dapat dicapai walaupun penuh tantangan. Kita perlu untuk memastikan bahwa tujuan tersebut realistis. Hal yang penting diperhatikan dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai adalah batas metriks yang ingin dicapai tersebut dapat dinaikkan atau diturunkan, tanpa menyulitkan kita untuk meraih tujuan menyelenggarakan event tersebut.

  • Relevant (relevan)

Tujuan kita dalam menyelenggarakan event haruslah berpengaruh pada perkembangan brand. Dalam konteks strategi marketing secara keseluruhan, objektif yang didapatkan dengan bantuan event, perlu memiliki kontribusi pada keseluruhan perusahaan.

  • Time-based (berbasis waktu)

Agar dapat mengukur performa event dengan tujuan yang telah ditentukan, kita membutuhkan timeline yang detil. Karena objektif yang sejalan dengan deadline akan lebih mudah dikontrol dan juga memudahkan kita untuk menentukan mana yang sebaiknya menjadi prioritas dalam menyelenggarakan dan mengukur kesuksesan event tersebut.

Pengaplikasian SMART dapat memberikan manfaat bagi brand, seperti dalam menentukan tujuan, brand memiliki deadline yang jelas sehingga tidak membuang-buang waktu, serta para anggota yang ikut menjalankan event memiliki arahan yang jelas sehingga memudahkan mereka untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Tips Strategi Influencer Marketing untuk Kesuksesan Event

Ketika brand ingin menyelenggarakan event, tentu perlu memiliki perencanaan yang matang dan objektif yang jelas. Dengan begitu dana yang mereka keluarkan dapat lebih efisien dan event yang dibuat tadi dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan brand. Entah itu, untuk tujuan awareness, brand building atau bahkan untuk meningkatkan penjualan sekalipun.

Ingin agar event yang Anda buat dapat berjalan secara efektif? Langsung saja download template dokumen perencanaan event sederhana dalam artikel berikut!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles