Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Peluang Content Marketing bagi Brand di Indonesia

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Berbicara mengenai konten, banyak marketers yang percaya kalau kini medium satu ini merupakan aset penting untuk dapat membangun relasi dengan para calon konsumen mereka. Bukan itu saja, strategi konten, atau yang biasa disebut content marketing ini dapat memberikan keuntungan bisnis pula bagi para brand yang melakukannya.

Berdasarkan definisi dari Content Marketing Institute, content marketing merupakan seni berkomunikasi dengan pelanggan tanpa terlalu menjual produk atau jasa yang ditawarkan, karena pada dasarnya, content marketing adalah taktik pemasaran yang tidak intrusif, atau mengganggu kenyamanan audiens.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Memang content marketing sudah menjadi strategi yang banyak dikembangkan oleh marketers. Tetapi bagaimana peluang content marketing di pasar Indonesia?

Peluang content marketing di Indonesia

“Pada dasarnya, semua brand, kecil atau besar, perlu dan bisa melakukan content marketing. Artinya, konten selalu bisa jadi bagian dari strategi pemasaran mereka. Mulai dari fase discovery, purchase sampai retention,” begitu ungkap Anthony Reza, Co-Founder dan CEO GetCraft Indonesia.

Melihat penjabaran Reza di atas dapat dikatakan kalau content marketing memang dapat diterapkan di Indonesia dan memberikan peluang bagi brand untuk lebih dekat dengan audiens. Apalagi, kalau merujuk pada definisi content marketing di atas, strategi ini tidak mengganggu kenyamanan audiens ketika mereka sedang menyaksikan konten. Dengan begitu, mereka akan menyaksikan konten sampai akhir dan akan menerima informasi yang disampaikan brand.

“Karena dalam content marketing, kita (brand) tidak hanya menjual produk atau jasa, tapi juga mengedukasi konsumen yang disasar dengan informasi yang berguna,” tambah Reza.

Bukan hanya itu, dengan melakukan kegiatan content marketing, brand juga akan memperkuat SEO mereka. Dan, sekarang ini, mencari topik melalui mesin pencarian seperti Google, merupakan kegiatan yang sudah menjadi bagian dari cara audiens untuk menemukan informasi. “Untuk itu, brand perlu memerhatikan dan memastikan agar konten mereka mudah ditemukan audiens yang membutuhkan informasi, entah formatnya tulisan atau pun video. Dengan demikian, brand terkait bisa membuka peluang lebih besar untuk menjaring konsumen,” Reza menjelaskan mengenai kemampuan konten yang dapat menambah konsumen.

Walaupun SEO membuat brand bisa lebih mudah ditemukan, tetapi kita tidak bisa membuat konten yang monoton. Karena penting bagi brand untuk menyajikan konten yang berkualitas, dapat dipercaya dan memberikan nilai tambah kepada para audiensnya.

“Jadi, buat brand, peluangnya adalah membuat konten yang inspiratif dan mengedukasi audiens agar mereka bisa menjalani hidupnya lebih baik lagi. Dengan demikian, peluang untuk merasakan keuntungan content marketing jadi lebih besar,” ujar Reza.

Setelah mengetahui peluangnya, lalu mengapa brand perlu melakukan strategi content marketing ini? Lihat dalam artikel berikut!

Membentuk strategi content marketing

Banyak yang menyatakan bahwa tidak ada rumus pasti dalam membuat strategi content marketing yang berlaku untuk semuanya. Maka itu, brand perlu menentukan terlebih dahulu tujuan bisnis yang ingin dicapai, sehingga konten tersebut dapat efektif membantu perkembangan brand.

Menurut Reza ada 3 objektif utama yang perlu diidentifikasi terlebih dahulu.

Building Awareness: Contohnya, menginspirasi audiens lewat campaign bersama influencer, artikel bersponsor di online publisher, kampanye video kreatif, digital activation, dan sebagainya.

Brand building: Contohnya mengedukasi audiens lewat konten tulisan berkelanjutan, atau konten video seperti blog atau portal konten atau portal video.

Product consideration: Contohnya, konten review produk, guide atau best practice, dan lain-lain. Konten semacam ini bisa dimuat pada situs perusahaan atau blog.

Baca Juga: Anthony Reza: Strategi Content Marketing dan Cara Mengelolanya

Terbukti bahwa strategi content marketing mempunyai peluang yang besar untuk bisa membantu brand agar bisa mencapai objektif mereka. Nah, ingin tahu lebih dalam mengenai memulai strategi content marketing, mengelolanya sampai mengukur kesuksesannya? Hadiri event Content Marketing Masterclass yang akan disampaikan langsung oleh Anthony Reza, Co-Founder dan CEO GetCraft Indonesia pada hari Kamis, 25 Juli 2019.

Seperti apa pengalaman Anthony Reza dalam mengelola kampanye Content Marketing? Yuk cari tahu dalam artikel berikut!

Content Marketing Masterclass_1200x628px

Untuk RSVP dan info lebih jauh mengenai acara ini, silahkan langsung klik tautan yang tertera di bawah ini:

https://www.loket.com/event/content-marketing-masterclass_fb9D

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles