Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Fakta dan Statistik Menarik Seputar Webinar

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 26, 2020

Pada masa-masa pandemi ini, menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan memang dilarang, dengan tujuan menahan laju penyebaran virus. Karena itu, banyak brand yang tidak bisa menyelenggarakan event mereka dan menggantinya ke dalam bentuk online atau webinar.

Walaupun event offline memiliki kelebihan yakni; memungkinkan audiens untuk bertatap muka secara langsung dengan para pembicaranya, namun menyelenggarakan webinar juga memiliki manfaat yang tak kalah signifikan, yaitu dapat meningkatkan peluang brand untuk tetap dapat terhubung dengan para konsumen potensial mereka, ataupun untuk memberikan nilai lebih kepada para user.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Selain itu, berdasarkan data dari 99firms, mayoritas marketers, yakni 95% responden mengungkapkan bahwa webinar merupakan kegiatan marketing yang penting dalam strategi yang mereka jalankan. Berdasarkan data itu, dapat dikatakan kalau webinar juga memiliki potensi yang tinggi untuk mencapai tujuan pemasaran yang telah ditentukan. 

Nah, ingin tahu seperti apa statistik menarik yang dapat membantu kita dalam menyelenggarakan webinar yang efektif untuk mencapai tujuan pemasaran? Berikut beberapa di antaranya,

Tujuan menyelenggarakan webinar

60% webinar memiliki tujuan untuk membangun loyalitas pelanggan.

Riset menyebutkan bahwa 58% marketers menggunakan webinar dengan tujuan untuk promosi. Studi tersebut juga menyebutkan kalau 2-5% audiens akan melakukan pembelian secara langsung pada akhir webinar.

Banyak industri yang menggunakan webinar sebagai untuk mendatangkan leads. 73% marketers B2B menyatakan bahwa webinar dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik high-quality leads. Responden tersebut juga menemukan bahwa 20-40% audiens webinar merupakan qualified leads.

Webinar dengan tujuan komunikasi memiliki conversion rate paling tinggi yakni mencapai 67.05%. Sementara webinar dengan tujuan training memiliki tingkat konversi setinggi 44,79% dan untuk marketing sebesar 39,10%. Webinar yang berorientasi pada edukasi biasanya memiliki tingkat konversi dari pendaftar menjadi pengunjung sebesar 30,79%.

Penyelenggaraan webinar

45% marketers mengungkapkan bahwa e-mail merupakan alat promosi webinar yang paling efektif.

E-mail dapat mendorong sampai 57% dari total registrasi webinar. Sementara blog resmi perusahaan mendorong 14% registrasi, dan media sosial dapat mengajak sampai 15% dari total registrasi.

Sebanyak 24% audiens webinar mendaftarkan diri mereka pada hari selasa. Sementara itu, 15% pada hari rabu dan 16% pada hari kamis.

36% registrasi webinar terjadi antara pukul 8 sampai 10 pagi. Dan registrasi tersebut akan menurun pada sore hari, dimulai dari jam 2 siang. Karena itu disarankan untuk mengirimkan e-mail promosi webinar pada pagi hari ketika masyarakat membuka e-mail untuk mengecek pekerjaan mereka.

Sebagian besar registrasi yakni, 59% registrasi terjadi pada seminggu sebelum hari H webinar. Dan sebanyak 17% audiens biasa akan melakukan registrasi pada hari H webinar.

19% marketers menyatakan hari Kamis merupakan hari terbaik untuk menyelenggarakan webinar, dan 18% mengungkapkan hari terbaik adalah hari Rabu.

Tingkat konversi webinar memperlihatkan rata-rata 35% sampai 45% pendaftar akan berujung menjadi pengunjung webinar, dan angka ini menjadi benchmark conversion rate webinar selama bertahun-tahun.

Sebanyak 78% webinar marketing menggunakan live Q&A sebagai alat untuk meningkatkan engagement para pengunjung, sementara 15% lainnya menyatakan menggunakan polling. Sesi tanya jawab secara langsung ini dianggap lebih menarik pengunjung karena dapat berinteraksi secara langsung dengan pembicara.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Menyelenggarakan Webinar bagi Brand

Beberapa statistik di atas dapat menjadi bukti bahwa webinar sebenarnya dapat menjadi tools yang efektif untuk bisa menarik perhatian audiens dan juga dapat mengajak mereka untuk mau menjadi pelanggan setia.

Dan jika dilakukan secara tepat, mulai dari ide, promosi sampai eksekusi maka webinar dapat menjadi kunci bagi para marketers agar dapat mencapai tujuan pemasaran mereka.

KUNJUNGI JEJARING GETCRAFT!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:

Related articles