Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

5 Alasan Perusahaan Perlu Memiliki Portal Konten

By
GetCraft
 •
May 26, 2020

Salah satu upaya pemasaran yang juga kerap jadi andalan dalam strategi inbound marketing adalah portal konten; atau lazim juga dikenal sebagai blogging.

Bukan hanya mengelola blog, dan menerbitkan berbagai konten, tapi blog yang memang didesain untuk membantu mencapai tujuan pemasaran; yang dalam dunia pemasaran digital disebut juga business blogging.

Apa itu business blogging?

Gampangnya, business blogging adalah salah satu taktik pemasaran yang mengoptimalkan blog untuk membuat bisnis, produk, atau layanan Anda memiliki visibilitas yang optimal di dunia maya.

Kenapa memiliki visibilitas optimal di dunia maya itu penting? Jawabannya, agar bisnis, produk, atau layanan yang Anda tawarkan ke pasar yang disasar lebih mudah ditemukan; entah itu melalui search engine, ataupun media sosial.

Kegiatan business blogging bisa membantu hal itu, karena konsep blogging adalah berbagi konten yang bermanfaat untuk audiens yang disasar—baik yang tujuannya untuk edukasi, menyebar inspirasi, atau sekadar menghibur—agar mereka tertarik mengunjungi, membaca, dan menyebarkan konten yang disajikan di blog atau portal konten yang dikelola.

Lalu, dari portal ini pula kita bisa mendorong berbagai upaya inbound marketing lainnya, seperti capturing audience data, membangun interaksi dan mengenal target yang disasar lebih baik lagi, hingga tentunya membantu mereka lebih memahami alasan produk atau layanan yang kita tawarkan bisa menjadi solusi atas persoalan yang mereka hadapi sehari-hari.

Baca juga: Hal yang penting diperhatikan terkait pembuatan konten yang sesuai tujuan pemasaran

Kenapa perusahaan mesti memiliki blog atau portal konten?

Sebagai taktik pemasaran, berikut ini alasan kenapa sebuah perusahaan perlu memiliki portal konten, sebagai bagian dari strategi inbound marketing:

1. Membantu menjaring traffic ke situs perusahaan

Banyak perusahaan kini tentu ingin bisa menjaring banyak orang berkunjung ke situsnya; menelusuri produk atau layanan yang cocok buat mereka, dan akhirnya menjadi konsumen.

Tapi, hanya kelompok yang sudah tertarik atau butuh saja yang bakal berkunjung; dan sebagian di antaranya juga mungkin hanya sekadar mencari perbandingan saja. Lalu, bagaimana dengan kelompok yang belum tertarik? Atau bahkan belum mengetahui produk atau layanan yang ditawarkan?

Portal konten bisa menjadi solusinya; karena lewat kegiatan ini, kita bisa menata komposisi konten, tak hanya buat orang yang tertarik saja; tapi bahkan juga buat mereka yang belum mengetahui manfaat dari produk atau layanan kita.

Setiap artikel bisa didesain untuk mendorong situs kita jadi lebih mudah ditemukan di dunia maya, dan akhirnya menjaring arus pengunjung secara organik ke laman situs perusahaan.

Selain itu juga, artikel bisa menjadi amunisi untuk konten di media sosial, sekaligus menjadi alasan audiens yang disasar mengikuti channel media sosial yang dikelola; dan akhirnya bisa membuka peluang lebih besar untuk menarik konsumen baru.

2. Membantu proses konversi dari pengunjung menjadi leads

Selanjutnya, pengunjung yang mampir ke portal konten bisa kita konversi menjadi prospek atau leads. Terkait hal ini, kita perlu merancang taktik konten yang bisa dikembangkan dari waktu ke waktu, mulai dari konten yang potensial menjaring pengunjung, mempertahankan mereka (retain), hingga yang menggiring mereka untuk secara sukarela menjadi bagian dari komunitas pembaca, dengan cara memberikan detail kontak seperti email atau nomor telepon.

bentuk inbound marketing berdasarkan tujuan bisnis

Bentuk call-to-action-nya bisa berbagai macam, tergantung kebutuhan dan resource yang kita miliki. Bisa seperti ajakan untuk berlangganan newsletter, white paper gratis, atau kesempatan mengikuti webinar atau event yang digelar. Intinya, semua konten itu mesti jadi alasan yang cukup kuat buat mereka memberikan informasi kontaknya; dan akhirnya menjadi leads yang bisa di-follow up.

Maka itu, call-to-action menjadi elemen penting dalam portal konten atau business blogging. Karena, lagi-lagi, kegiatan ini adalah program pemasaran untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

3. Membantu meningkatkan reputasi brand

Hal ini sebetulnya lebih terkait pada topik yang diangkat di dalam portal konten. Tentunya, sangat direkomendasikan untuk merencanakan strategi konten dari topik yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Topik yang pas dengan kategori bisnis Anda, akan membuat brand Anda mencapai tingkat kepercayaan audiens (trustworthiness) yang bakal memperkuat reputasi brand di kategori bisnis tersebut.

Seperti portal konten dari GetCRAFT ini misalnya (The Academy), karena GetCRAFT adalah platform pengelolaan content marketing project, sekaligus marketplace untuk kreator konten, maka kami mengambil topik pemasaran sebagai bahan bahasan di blog, untuk menunjukkan fokus dan expertise kami; dengan demikian, kami berupaya untuk memperkuat reputasi di bidang pemasaran.

Jika blog ini dikelola secara konsisten dan berkala, secara organik konten-konten di blog ini akan makin mudah ditemukan di search engine, juga media sosial. Dan dengan demikian pula, kami meningkatkan peluang GetCRAFT makin dikenal sebagai pemain di industri pemasaran, atau lebih spesifik lagi di kategori content marketing.

Untuk mencapai hal itu, kami mesti menyajikan konten yang bermanfaat dan bisa menjadi bahan diskusi para praktisi dan klien potensial kami; sehingga otomatis juga mengukuhkan keberadaan, keahlian, dan pemahaman kami di bidang terkait.

Baca juga: Tentang bagaimana content marketing bisa membantu meningkatkan kredibilitas brand

4. Membantu mendapatkan hasil jangka panjang

Salah satu manfaat dari portal konten adalah kemungkinan memberikan keuntungan jangka panjang. Maksudnya, tiap konten yang dibuat di blog gunanya tidak hanya untuk jangka waktu sepekan atau satu bulan; tapi bisa memberikan dampak satu tahun bahkan dua tahun ke depan.

Ilustrasinya begini, bayangkan kita menerbitkan satu artikel hari ini, dan katakanlah kita berhasil menarik 100 views dalam kurun waktu satu pekan, dengan 5 di antaranya menjadi leads. Tanpa diduga, sangat mungkin konten yang sama bakal menarik lebih banyak views bulan depan atau tiga bulan mendatang, dengan konversi leads yang jauh lebih tinggi.

Yang menarik dari konten adalah, kita bisa merencanakannya untuk memanfaatkan momentum, sekaligus juga bisa tak terduga cocok pada momentum tertentu. Maka itu, perencanaan konten yang jeli menjadi kuncinya. Belum lagi soal, ada soal konten yang relevansinya bisa berulang, seperti artikel seputar masa liburan atau Ramadhan; juga arus pengunjung organik dari indeks search engine.

Keuntungan jangka panjang lainnya adalah kemungkinan menarik pendapatan dari portal konten; terutama jika portal konten tersebut dijalankan terpisah dari situs utama; ibaratnya si portal konten menjadi independent media channel. Sebagai saluran media, maka portal konten punya celah untuk menarik revenue dari iklan atau native advertisement.

5. Lebih efisien dari sisi biaya

Hal yang juga tak kalah penting, menjalankan portal konten relatif lebih efisien dari sisi biaya, dan juga tidak semahal melakukan promosi via iklan atau kegiatan outbound marketing.

Efisien karena setiap tahapan dan aktivitasnya bisa langsung diukur dan dievaluasi hasilnya; untuk optimalisasi secara bertahap. Kita juga bisa menyesuaikan objective-nya berdasarkan tujuan pemasaran di periode waktu berbeda.

konversi inbound marketing dan content marketing

Selain itu juga, hasil pengelolaan portal konten juga bisa kita sambungkan untuk mendukung kegiatan pemasaran lainnya, seperti SEO, pemasaran di media sosial, bahkan—jika ada—event yang kita gelar secara periodik. Portal konten bisa berfungsi sebagai hub atau titik integrasi berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles