Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Branded Web Series, Bentuk Content Marketing Efektif

By
Kalya Risangdaru
 •
May 25, 2020

Berkembangnya satu bentuk ke bentuk lain dalam content marketing di platform digital terus meningkat. Permintaan audiens dalam pengembangannya juga memiliki andil besar untuk brand dalam eksperimen bentuk-bentuk lain. Belakangan, branded web series adalah sebuah bentuk content marketing yang digemari audiens.

Branded web series adalah sebuah bentuk content marketing dalam format film pendek dari brand yang dikemas dalam durasi padat, serta diletakkan dalam sebuah platform yang shareable untuk audiens seperti YouTube, Facebook, dan seterusnya.

Contoh suksesnya, dua bulan lalu, Toyota Indonesia baru saja meluncurkan branded web series yang saat ini telah menghasilkan lebih dari 4 juta views di channel YouTube mereka. Dibalut dengan cerita menarik seperti film pada umumnya, namun dengan durasi yang lebih padat, branded web series ini berhasil menjadi bentuk pemasaran yang menyita perhatian audiens.

Betapa tidak, karena kemasannya yang menarik dan informasi produk light size bite yang efektif bisa menjadi jembatan sempurna dari brand ke audiens. Selain itu, keuntungan dari melakukan kegiatan pemasaran dalam bentuk branded web series lainnya adalah kemudahannya dalam diakses dan di-share dari satu audiens ke audiens lain, yang artinya: peningkatan brand awareness yang sangat efektif.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Content Marketing

Brand Awareness yang Efektif

Elemen-elemen dalam branded web series yang menarik bagi audiens adalah cerita. Ini adalah bagian krusial dari soft-selling dalam kegiatan marketing web series. Keuntungan brand membalut produk dengan cerita bersambung yang kemudian bisa dinikmati audiens tanpa mempertontonkan jelas produk yang ingin Anda pasarkan.

Maka itu, keuntungan tahap awal dari produksi branded web series adalah brand awareness. Contoh lain adalah SORE - Istri Dari Masa Depan, branded web series yang dibuat oleh Tropicana Slim Stevia. Dalam web series tersebut, episodenya dibintangi oleh aktor terkenal, Dion Wiyoko dan Tika Bravani dan berhasil mencapai jumlah views hingga lebih dari 2 juta.

Dalam web series tersebut, cerita yang menarik diangkat oleh produser dan sutradaranya. Seorang istri yang melakukan time-travelling untuk menemui calon suaminya di masa depan ini dirasa belum pernah diangkat sineas Indonesia sebagai sebuah tema dalam film. Kenyataan bahwa sebuah branded web series yang pertama mengangkat tema ini membuat penontonnya setia menunggu tiap minggu untuk episode terbarunya.

Dengan durasi nonton marathon semua episode kurang lebih hanya 70 menit, Tropicana Slim sukses meraih brand awareness dalam sembilan episode dari web series SORE - Istri Dari Masa Depan tersebut.

Baca Juga: Berbagai Tipe Konten untuk Menjaga Loyalitas Konsumen

Pesan Kepada Audiens

Selain dalam bentuk nyata berupa brand awareness, branded web series dianggap sebagai content marketing eksperimental karena penyampaiannya yang unik ke audiens atau target pasar. Memang, format ini tidak sepenuhnya cocok untuk menyampaikan hal-hal literal, seperti informasi produk (harga, ingredients, dan sebagainya).

Tapi, sebagai catatan, bahwa semua produk marketing dalam bentuk konten, brand harus memiliki tujuan yang terukur. Seperti yang disampaikan oleh Media Director Unilever Indonesia ke Marketeers perihal web series yang diluncurkan oleh Molto, bahwa konten tersebut harus memiliki message tertentu yang bisa disampaikan pada audiens.

Mengutip Media Director Unilever, bahwa brand mereka percaya sebuah filosofi komunikasi yang memastikan bahwa konten yang disampaikan oleh semua brand mereka itu autentik, relevan dengan konsumen, serta talkable. Ia juga menekankan bahwa konten dalam bentuk branded web series tersebut harus tetap konsisten dengan filosofi tiap-tiap brand.

Kekuatan branded web series ini sekarang tidak diragukan lagi, apalagi jika didukung dengan bentuk marketing lainnya, yang akan membawa hasil brand awareness tersebut ke tahapan selanjutnya dari konsumen, yaitu sales.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles