Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

3 Kisah Sukses Kampanye Pemasaran Lewat Facebook

By
iMarketology
 •
May 19, 2020

Memiliki jumlah pengguna aktif yang terbilang masif, yakni sampai 2 milyar orang serta tingkat keterlibatan (engagement) yang cukup tinggi, membuat Facebook menjadi media yang dapat diandalkan brand dalam menjalankan kampanye pemasaran digital mereka.

Walaupun banyak marketers yang merasa melakukan kampanye pemasaran lewat Facebook cukup sederhana sudah cukup, ada pula brand yang gagal dalam menjalankannya. Namun demikian, Facebook sendiri memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan untuk memakasimalkan kampanye pemasaran digital.

Tetapi di luar hal tersebut, strategi pemasaran digital yang tepat, ide yang kreatif, konten yang berkualitas dan anggaran finansial yang memadai merupakan kunci sukses bagi kampanye pemasaran lewat Facebook yang efektif.

Baca Juga: 5 Contoh Facebook Ads Yang Menarik Bagi Masyarakat

Lalu seperti apa success story dari brand besar yang kampanye pemasarannya dianggap berhasil dan menarik perhatian bukan hanya audiensnya tetapi juga oleh brand lain.

Berikut ini adalah 3 contoh sukses kampanye pemasaran lewat Facebook dari beberapa brand:

Kampanye pemasaran “Share A Coke” dari Coca-Cola

Coca-Cola sempat melakukan kampanye pemasaran bertema “Share a Coke” di tahun 2011 melalui platform Facebook. Dalam campaign yang berjalan ini, para konsumen Coca-Cola bisa memesan produk minuman tersebut dalam kemasan botol melalui aplikasi Facebook. Yang menarik, masing-masing pembeli bisa meminta nama mereka dituliskan pada label botol Coca-Cola yang dipesan melalui aplikasi Facebook.

Kampanye pemasaran ini terbilang sukses. Alasannya, banyak konsumen yang membagikan foto botol Coca-Cola bertuliskan nama mereka tersebut melalui akun media sosial mereka masing-masing. Dan melalui kampanye pemasaran ini, Coca-Cola berhasil meningkatkan penjualan mereka sebesar 7%, serta meningkatkan jumlah pengikut mereka di media sosial sampai 39%. Traffic pada Facebook Page Coca-Cola pun sempat meningkat sampai 870%.

facebook campaign

Sumber: https://mebiso.com/inspirasi-untuk-kampanye-marketing-anda-5-kampanye-share-happiness-ala-coca-cola/

Procter & Gamble Hong Kong

Kampanye pemasaran yang dilakukan oleh P&G Hong Kong dan bekerja sama dengan HKTVmall ini menggunakan Facebook Collaborative Ads memiliki tujuan untuk menjangkau para pelanggan yang tepat, di waktu yang tepat, dan menumbuhkan penjualan online-nya melalui HKTVmall store, tanpa harus memiliki toko online sendiri.

Berbagai fitur Facebook yang digunakan dalam kampanye pemasaran ini adalah Collaborative Ads, Dynamic Ads, Carousel, dan Collection. Carousel Ads digunakan untuk menampilkan produk-produk P&G dengan call-to-action yang langsung dihubungkan ke HKTVmall Store. P&G Hong Kong menjalankan kampanye iklan di Facebook, Instagram, Marketplace and Audience Network untuk menjangkau para konsumen di Hong Kong.

Collaborative Ads yang digunakan P&G Hong Kong dalam kampanye pemasaran ini memungkinkan brand tersebut untuk menganalisa dan memahami perilaku online konsumen dengan lebih baik, mengoptimalkan konten-konten iklannya dan penargetan audiens, serta menghasilkan imbal hasil yang optimal dari campaign yang dilakukan.

Kampanye pemasaran yang dilakukan dari 17 September 2018 sampai dengan 31 Mei 2019 ini, membuat P&G Hong Kong berhasil meningkatkan penjualan online P&G Hong Kong sebesar 3,7%, penambahan item pada shopping carts pada saat pelanggan berbelanja online sebesar 3,6%, dan imbal hasil biaya iklan sebesar 45%.

Citibank Thailand

Pada bulan Desember 2018, Citibank Thailand melakukan Facebook Split Test selama 4 minggu untuk menemukan beberapa cara baru untuk meningkatkan kualitas konten-konten iklan sebelum melakukan kampanye iklan berskala besar. Hasil dari Split Test tersebut:

1. 50% peningkatan jumlah klik dengan kombinasi konten iklan foto dan video

2. 63% peningkatan jumlah view pada landing page dengan kombinasi konten iklan foto dan video

3. 75% peningkatan sales lead dengan kombinasi konten iklan foto dan video dan biaya menghasilkan sales lead 76% lebih rendah.

Tujuan yang ingin dicapai Citibank Thailand melalui kampanye pemasaran ini adalah menemukan cara-cara baru yang lebih efektif untuk meningkatkan traffic ke situsnya dan mendongkrak tingkat konversi dengan biaya lebih rendah.

Facebook Split Test yang dilakukan adalah melakukan 2 kampanye iklan yang berbeda secara bersamaan di Facebook. Kampanye iklan yang pertama menggunakan konten iklan foto dan video, sedangkan yang kedua hanya menggunakan konten iklan foto. Semua konten iklan tersebut mempromosikan produk kartu kredit Citibank dan mengarahkan audiens untuk mengunjungi landing page yang sama.

Tujuan melakukan split test ini adalah, untuk melihat mana kampanye iklan yang menghasilkan sales lead terbanyak dan tingkat konversi tertinggi dengan biaya terendah.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles