Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Alasan Pentingnya Menyelenggarakan Webinar bagi Brand

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Bagi brand, menyenangkan konsumen bukanlah hal yang mudah. Kini, brand tidak bisa hanya menjual dan mengatakan bahwa produk yang mereka produksi atau jasa yang mereka tawarkan adalah yang terbaik, karena hal ini tentu tidak akan secara instan membentuk kepercayaan masyarakat terhadap brand terkait. Lebih dari itu, brand perlu memberikan informasi, hiburan, dan edukasi serta memberikan nilai lebih kepada para pelanggannya.

Memang banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menarik minat dari calon pelanggan. Misalnya lewat karya-karya kreatif seperti tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya. Tetapi salah satu tools yang juga mendukung upaya pemasaran adalah dengan menyelenggarakan webinar.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Ada beberapa alasan mengapa webinar ini merupakan alat pendukung yang efektif bagi pemasaran, dan berikut di antaranya.

Lewat webinar, brand dapat menyampaikan pesan

Alasan utama menyelenggarakan webinar adalah brand dapat menyampaikan nilai-nilai penting kepada calon pelanggannya. Jika dilakukan dengan benar, webinar dapat membuat audiens dapat bertahan menonton sebuah konten sampai berjam-jam dan hal ini sulit untuk dilakukan oleh sebuah video. Di samping itu, audiens tersebut juga bisa bertanya secara langsung, sehingga brand bisa memberikan feedback saat itu juga. Dari situ audiens dapat lebih tertarik untuk mendalami nilai-nilai yang dimiliki brand.

Lebih jauh, brand dapat bertanya pula kepada para audiensnya, sehingga dapat membantu mereka untuk membuat konten yang lebih tepat sasaran dengan informasi yang relevan dengan kebutuhan calon pelanggan. Dan hal ini yang menjadi alasan mengapa webinar merupakan bentuk konten dengan tingkat konversi yang tinggi.

Meningkatkan brand awareness dan mempermudah promosi

Melalui konten webinar dengan kualitas yang tinggi, membuat brand dapat mempromosikan bisnis mereka dengan lebih baik. Selain itu, melalui webinar promosi yang dijalankan pun menjadi lebih efektif dari sisi biaya.

Webinar yang efektif sebaiknya memperlihatkan permasalahan dan menyampaikan nilai tanpa terlihat menggurui. Dan dari situ, promosi yang dilakukan terlihat lebih natural, tidak hardsell, namun di satu sisi dapat menarik minat audiens agar mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Dapat memposisikan brand sebagai ahli di bidangnya

Melalui webinar, brand dapat dipertimbangkan sebagai ahli di bidang yang ditekuni. Dalam webinar, brand dapat mempresentasikan berbagai subjek seperti produk atau jasa, tren terkini, atau solusi dan jawaban dari permasalahan yang dihadapi oleh para audiens.

Brand juga perlu memprioritaskan nilai transparan, sehingga para audiens pun tumbuh rasa percayanya terhadap brand. Melalui webinar ini, kita juga dapat memberikan saran mengenai informasi yang mereka butuhkan, menemui pelanggan baru, dan juga memperkuat posisi brand sebagai expertise.

Menarik high quality leads

Agar dapat mengikuti webinar yang kita selenggarakan, audiens perlu untuk mengisi form registrasi yang berisikan informasi-informasi mereka. Dan dari situ kita tahu bahwa audiens tadi memang memiliki ketertarikan sejak dari awal dan dapat kita kualifikasikan mereka sebagai leads.

Ketertarikan audiens terhadap materi yang diselenggarakan dalam webinar tersebut, akan mempermudah brand untuk mengajak audiens untuk menuruni tiap tahap dalam marketing funnel. Dan hal ini dapat mengajak masyarakat yang tadinya hanya ingin menonton webinar itu saja menjadi mau menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Salah satu cara untuk membangun hubungan adalah dengan memberikan nilai kepada pelanggan. Dan dengan menyelenggarakan webinar, brand dapat mengajak audiens untuk memahami produk atau jasa lebih jauh, sehingga mereka menjadi tahu bahwa produk atau jasa yang kita miliki mempunyai nilai-nilai yang mereka butuhkan. Dari situ, nantinya hubungan baik akan terbangun dan mendorong percakapan antara audiens dengan brand.

Baca Juga: 4 Tipe Konten Terbaik untuk Menjaring Leads

Webinar memang memberikan banyak manfaat bagi brand khususnya dalam mengembangkan bisnis dan mencapai objektif yang telah ditentukan.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles