Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

4 Layanan Mobile Payment Terkemuka di Indonesia

By
iMarketology
 •
May 19, 2020

Tren pembayaran di Indonesia saat ini mulai bergeser. Meski masih banyak pula yang lebih nyaman menggunakan kartu debit dan kartu kredit sebagai media pembayaran, tetapi tak sedikit pula yang mulai beralih pada mobile payment seperti Go-Pay, Dana, LinkAja atau Jenius.

Layanan mobile payment di Indonesia sendiri diawali oleh layanan T-Cash oleh Telkomsel pada 2007, lalu disusul Indosat dan XL Axiata. Kemudian dimulai pada tahun 2012, mobile payment yang hadir di Indonesia semakin beragam, di mana industri perbankan dan pengembang aplikasi mulai ikut menyediakan layanan pembayaran ini.

Memahami Apa itu Content Marketing

Sumber: https://dailysocial.id/post/perkembangan-mobile-payment-indonesia

Saat ini, pemain mobile payment di Indonesia terbagi ke dalam tiga kategori. Pertama, dari perusahaan telekomunikasi ada Dompetku, T-Cash, FlexiCash, Tunai by XL, dan lainnya. Untuk kategori dari perusahaan perbankan ada Mandiri e-Cash, Rekening Ponsel, Mega Virtual, BBM Money, Sakuku by BCA, dan lainnya. Sedangkan dari perusahaan rintisan ada Go-Pay, OVO, Dana, Doku, PayPro, PayAccess, dan lainnya.

Memahami Apa itu Content Marketing

Sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/read216524/dahsyat-bisnis-mobile-payment-di-indonesia-dahsyat.html

Berdasarkan riset yang dilakukan MDI Ventures dan Mandiri Sekuritas, volume transaksi mobile payment di Indonesia sebesar USD 16,4 miliar pada 2019. Angka sebesar itu setara dengan 2% gross domestic bruto (GDP) Indonesia yang sebesar USD 888,6 miliar. Potensi pasar ini akan naik drastis menjadi USD 30 miliar pada tahun 2020.

Memahami Apa itu Content Marketing

Sumber: https://dailysocial.id/post/perkembangan-mobile-payment-indonesia

Dari infografis di atas, dapat kita lihat bahwa 3 besar layanan mobile payment yang memiliki jumlah pengguna terbanyak adalah GoPay, T-Cash, dan PayPro.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Sejak dulu, tantangan dalam memasyarakatkan mobile payment adalah mengedukasi masyarakat sebagai nasabah agar mau mulai menggunakan layanan pembayaran ini. Namun kini, dengan adanya mobile payment yang berbasis aplikasi ponsel cerdas, masyarakat sebagai pengguna aplikasi menjadi teredukasi dengan mudah. Karena para penggunanya bisa mendapat beragam keuntungan seperti mudah menyelesaikan permasalahan mereka sehari-hari, sehingga layanan pembayaran ini kerap mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia saat ini.

Baca Juga: Apa yang Diungkapkan Data Tentang Pasar Indonesia dan Global?

Dan berikut ini adalah beberapa layanan mobile payment terkemuka di Indonesia:

GoPay

GoPay adalah salah satu layanan yang disediakan oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Dengan GoPay, para pengguna aplikasi GoJek bisa membayar semua produk atau jasa yang dipesan melalui aplikasi ini, seperti layanan transportasi, pesan makanan, membeli pulsa, dan lain sebagainya. Total transaksi GoPay pada tahun 2018 mencapai Rp 87 Triliun.

DANA

DANA merupakan layanan mobile payment berbasis aplikasi ponsel cerdas dari PT Espay Debit Indonesia Koe. DANA, atau Dompet Digital Indonesia, merupakan layanan pembayaran digital berbasis open-platform.

DANA dapat dipergunakan untuk melakukan pembayaran e-commerce, pembelian tiket bioskop, dan lain sebagainya. Untuk mengisi saldonya, para pengguna aplikasi ini dapat melakukan top-up melalui bank-bank yang bermitra atau dari outlet mini market yang banyak tersebar. Sehingga hal ini akan memudahkan para penggunanya untuk mengisi kembali saldo mereka.

DANA memiliki kelebihan utama dari segi adopsi penggunaannya. Berbeda dengan layanan mobile payment lainnya, DANA tidak terpaku dengan satu platform tertentu.

LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi mobile payment hasil sinergi beberapa perusahaan, yaitu Himpunan Bank Milik Negara, termasuk Bank Mandiri, Telkomsel, dan Pertamina. LinkAja adalah aplikasi yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan bertransaksi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dengan aplikasi LinkAja, para penggunanya dapat melakukan pembayaran merchant dan e-commerce. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan QR Code di merchant offline, dan menggunakan PIN atau OTP untuk pembayaran e-commerce. Selain itu, LinkAja bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan, mengirim dan menerima saldo, dan beberapa transaksi lainnya.

Jenius

Layanan mobile payment Jenius adalah salah satu produk dari PT Bank BTPN Tbk. Salah satu fitur yang menonjol dari Jenius dibandingkan layanan mobile payment lainnya adalah Jenius menyediakan kartu debit virtual yang bisa digunakan untuk bertransaksi online di semua merchant-merchant di internet.

Selain itu, para pengguna Jenius ini dapat melakukan transaksi pada toko atau e-commerce atau situs dari mancanegara yang tadinya hanya bisa dilakukan oleh para pemilik kartu kredit saja.

Sesama pengguna Jenius pun dapat saling mengirimkan dana menggunakan $CashTag sebagai alamat pengirim dan penerima dana. Sehingga tidak menyulitkan para penggunanya, karena tidak harus mengingat nomor rekening yang terkadang menyulitkan.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles