Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

3 Influencer Marketing Campaign yang Sukses

By
GetCraft
 •
May 26, 2020

Salah satu strategi pemasaran yang kini paling diminati adalah Influencer Marketing. Tetapi mengapa kini Influencer Marketing sering diterapkan? Karena dengan strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan brand awareness dan menaikkan jumlah penjualan mereka. Selain itu, dengan Campaign Influencer Marketing perusahaan bisa mengeluarkan budget dengan lebih efektif untuk strategi pemasaran mereka dibandingkan menggunakan iklan konvensional. Sejumlah perusahaan pun mengaku Influencer Marketing menjadi cara yang efektif untuk bisa menjangkau potential customer mereka. Menurut emarketer.com, 81% pemasar yang pernah menerapkan strategi ini menyatakan kalau stategi Influencer Marketing ini berjalan efektif.

Saat ini, banyak perusahaan di dunia dengan Campaign Influencer Marketing yang dapat menginspirasi perusahaan lain di antaranya,

Daniel Wellington

Perusahaan jam Daniel Wellington merupakan brand yang rela mengabaikan strategi pemasaran lain dan mengerahkan total seluruh strategi pemasarannya dengan menggunakan Influencer Marketing saja. Hasilnya, Daniel Wellington berhasil membawa taktik Influencer Marketing ini ke level yang lebih tinggi dan berhasil meningkatkan jumlah penjualan secara menakjubkan.

Daniel Wellington memulai campaign Influencer Marketing mereka dengan pendekatan yang halus dan menyeluruh kepada siapa saja. Pemilihan influencer pun dilakukan secara pintar dan penuh pertimbangan. Tidak melulu soal kuantitas, Daniel Wellington lebih memilih Celebrity Influencer dengan kualitas terbaik seperti Kendall Jenner yang bisa menarik calon pembeli yang tepat.

Tidak hanya itu, Daniel Wellington juga mengajak influencer lain untuk mem-posting di media sosial dengan satu tema yang sama dan sederhana, “Posting gambar/foto yang menarik saat sedang beraktivitas apa pun, misalnya ketika sedang bekerja atau sedang minum kopi di kafe, dengan jam tangan Daniel Wellington melingkar di pergelangan tangan mereka.” Hal sederhana ini menjadikan Instagram Feed mereka menjadi sangat menarik dan membuat masyarakat luas tertarik untuk mengikuti media sosial mereka.

Baca juga: Apa Itu Influencer Marketing?

Choice Hotels

Choice Hotels mempunyai keinginan untuk menaikkan awareness dan juga penilaian positif brand mereka (termasuk Cambria dan Comfort Inn) agar nantinya Choice Hotels menjadi bahan pertimbangan masyarakat ketika sedang mencari tempat untuk menginap. Karena itu mereka memilih strategi Influencer Marketing untuk bisa merealisasikan keinginan tersebut. Choice Hotels mengajak para influencer dari berbagai kategori, mulai dari business traveler sampai parental blogger untuk menginap di Choice Hotels di berbagai negara dan menceritakan pengalaman unik mereka selama menginap tersebut ke dalam berbagai konten organik yang menarik. Tujuannya, agar para calon customer bisa mengetahui apa yang akan mereka dapatkan ketika memilih menginap di Choice Hotels.

Lalu apa yang didapat? Studi dari rhytminfluence.com menyatakan, sebanyak lebih dari 250 konten yang dibuat para influencer untuk Choice Hotels berhasil mendapatkan total reach sebanyak 40 juta. Dan konten Instagram mereka berhasil mendapatkan 7000 engagement hanya dari 40 posting saja.

Shopee

Di Indonesia, strategi pemasaran Influencer Marketing yang diterapkan oleh berbagai brand juga mendapatkan kesuksesan. Dan salah satu yang berhasil menjalankan Campaign Influencer Marketing ini adalah Shopee.

Salah satu campaign yang dijalankan GetCRAFT pada akhir 2017, Shopee bekerjasama dengan 20 influencer agar bisa menaikkan awareness masyarakat mengenai “Shopee's Birthday Campaign Sale and End of Year Giveaways”. Para Influencer yang bekerjasama dengan Shopee terdiri dari berbagai kategori, mulai dari travel, fashion, lifestyle dan lain sebagainya, mereka mem-posting foto mereka yang sedang menunjukkan kegembiraan dengan diselipkan hashtag #ShopeeBirthdaySale di dalam foto tersebut.

Walaupun terkesan sederhana, namun dalam jangka waktu satu minggu selama campaign berjalan, Sebanyak 200 lebih konten yang tayang di sosial media berhasil menarik 132,573 views dari perkiraan 131,099 views. Selain itu Campaign ini juga berhasil mendapatkan engagement yang cukup besar dengan meraih 59,708 likes.

Ingin juga bekerja sama dengan para influencer ternama di Asia Tenggara dan mendapat kesuksesan? Yuk langsung klik di sini.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles