Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Tips Sukses Kampanye UGC suatu Brand

By
iMarketology
 •
May 19, 2020

Apakah Anda sering posting foto selfie di media sosial? Atau berkomentar dan posting di medial sosial? Apa Anda sering menulis customer review setelah berbelanja di toko online atau menuliskan pengalaman pribadi setelah menginap di sebuah hotel yang dipesan lewat platform travel atau memberikan komentar pada artikel–artikel yang dibaca pada blog tertentu ?

Nah, semua kegiatan di atas itu termasuk User Generated Content (UGC). Pada prinsipnya, secara luas, UGC atau User Created Content (UCC) atau Consumer Generated Media (CGM) adalah segala jenis konten digital, baik berupa teks, foto, video, atau audio, yang dibuat oleh pengguna, dan dipublikasikan melalui sebuah sistem. Tanpa disadari, ternyata Anda sudah sering melakukan pembuatan UGC.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing?

UGC merupakan salah satu metode dan strategi yang efektif dalam pemasaran karena beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Konsumen sudah bosan dengan iklan.
  2. Konsumen menginginkan konten yang autentik dan relevan dari suatu brand.
  3. UGC meningkatkan engagement rate dan jumlah followers di media sosial.
  4. UGC membangun kepercayaan antara suatu brand dengan konsumen.
  5. UGC mendukung Optimasi Mesin Pencarian atau Search Engine Optimization (SEO).
  6. UGC mempersingkat waktu pembuatan keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk atau jasa dari suatu brand.

Keberhasilan kampanye UGC sangat ditentukan oleh partisipasi dari para pengguna atau konsumen suatu brand untuk memproduksi konten–konten yang diperlukan. Dan, agar mereka mau ikut serta secara aktif dalam kampanye UGC yang dijalankan brand, para audiens ini perlu untuk dimotivasi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menarik partisipasi dalam kampanye UGC suatu brand:

Tentukan Anggaran Kampanye UGC Anda

Walaupun kampanye UGC membutuhkan biaya yang relatif lebih kecil daripada membuat konten–konten digital sendiri, atau dibantu oleh pembuat konten profesional, tetap saja kampanye UGC membutuhkan anggaran, minimal untuk menarik partisipan dalam kampanye tersebut.

Besar kecilnya anggaran kampanye UGC akan menentukan metode dan strategi yang tepat agar dapat berjalan efektif.

Berikan Hadiah atas Partisipasi Pengguna dalam Kampanye UGC

Sebaiknya Anda memberikan hadiah kepada para partisipan campaign UGC yang dijalankan. Hadiah yang diberikan bisa berupa uang tunai, voucher diskon produk atau jasa brand, produk, marketing merchandise, atau lain sebagainya.

Pemberian hadiah akan memotivasi para pengguna atau konsumen agar mau ikut serta dalam kampanye UGC anda.

Adakan Event

Mengadakan event yang bersamaan dengan kampanye UGC akan efektif dalam meningkatkan partisipasi pengguna atau konsumen. Jenis event yang diselenggarakan bisa juga disesuaikan dengan anggaran Anda. Contoh event bisa berupa bakti sosial, wisata kuliner bersama, nonton bioskop bersama, road trip, bazaar, dan lain-lain.

Setelah itu, ajak para partisipan tersebut untuk posting foto dan berkomentar tentang event yang diadakan melalui medial sosial mereka dengan hashtag tertentu yang seragam agar performa dari hashtag ini mudah diukur nantinya.

Tips Sukses Kampanye UGC suatu Brand
Contoh Event yang diadakan oleh BCA bersamaan dengan kampanye UGC nya

Adakan Kontes

Selain event, Anda juga bisa mengadakan kontes berhadiah di media sosial untuk memotivasi audiens supaya mau memproduksi konten untuk brand Anda.

Kontes yang diadakan bisa dalam bentuk yang sederhana dan mudah, seperti kontes foto selfie bersama produk, atau kontes membuat kata – kata yang lucu namun relevan dengan brand atau produk Anda.

Tips Sukses Kampanye UGC suatu Brand
Contoh Kontes Kampanye UGC yang diadakan oleh Xiaomi Indonesia

Jangan Mencoba Memalsukan UGC

Salah satu hal yang membuat kampanye UGC efektif adalah karena konsumen menginginkan konten yang relevan dan autentik dari suatu brand. Mencoba memalsukan UGC, dengan konten yang dibuat perusahaan sendiri tapi diakui sebagai UGC, akan merusak kepercayaan konsumen terhadap brand Anda.

Saat ini, konsumen sudah sangat pandai. Mereka akan dengan mudah membedakan mana konten UGC yang asli dan rekayasa.

Baca Juga: Pengertian Engagement di Media Sosial dan Cara Mengukurnya

Kampanye UGC merupakan salah satu metode dan strategi yang efektif dalam pemasaran, alasannya karena konsumen sudah bosan dengan iklan. Dan melalui campaign UGC akan membuat konten yang disajikan oleh brand menjadi lebih relevan dan autentik kepada audiens sehingga dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand

Klik disini untuk menemukan para profesional yang bisa membantu anda dalam kampanye UGC anda !

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles