Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Seberapa Penting Business Profile di Instagram?

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 25, 2020

Mengapa Anda perlu memilih influencer yang menggunakan business profile pada akun Instagram-nya?

Influencer marketing adalah salah satu bentuk dari pemasaran yang menggunakan pendekatan oleh individu yang dianggap "influential" dalam pemasarannya (read: influencer). Dalam metode ini, pemasar biasanya tidak terlalu memikirkan target pasar mereka secara keseluruhan dengan catatan bahwa sang influencer dapat mewakili target pasar mereka melalui pengikut (followers) di akun mereka.

Baca juga: Memahami Influencer Marketing

Pada awal 2016, Instagram pertama kali memperkenalkan business profile untuk penggunanya. Tidak mengejutkan, hasilnya pada pertengahan tahun 2017, lebih dari 15 juta penggunanya telah berpindah dari personal account ke business profile yang disediakan oleh Instagram. Apa saja keuntungannya?

GetCraft telah mewawancarai dua influencer yang merasa bahwa menggunakan business profile pada akunnya sangat membantu setiap project atau campaign yang mereka lakukan. Adinda Falla dan Kemas Acil telah melakoni industri ini selama beberapa tahun dalam platform media sosial Instagram. Mereka menjelaskan beberapa poin keuntungan dalam menggunakan business profile pada akunnya masing-masing.

Data valid

Jika bicara tentang data, kebutuhan pemasar dan influencer sama besarnya. Adinda Falla mengatakan bahwa ia belum pernah merasakan kerugian dalam pemasangan business profile pada akunnya. Fitur Instagram yang sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun ini membuat Adinda lebih mudah dalam mendapatkan data dari setiap posting-an yang dibuatnya.

“Keuntungannya banyak. Analytic-nya yang lengkap mempermudah saya dalam membuat personal branding saya sendiri, serta data yang disediakan juga saya gunakan untuk propose akun saya ke client dan membuat report,” jelas Adinda.

Baca juga: Studi Kasus 3 Kampanye Influencer Marketing di GetCRAFT

Memang, pada fitur business profile, Instagram menyediakan angka yang jelas. Mulai dari impressions, reach, dan bahkan engagement. Instagram bahkan berani memberikan data dari followers para influencerdengan angka pasti gender, umur dan asal daerah yang terperinci. Sebagai pemasar, di setiap project/campaign yang Anda jalankan, data yang diberikan oleh influencer yang sedang bekerja sama dengan brand Anda dapat terlihat jelas. Apakah efektif? Apakah target pasar Anda cukup terwakilkan dengan influencer pilihan Anda? Semuanya sudah tertera dalam bentuk data yang valid.

Dapat diolah menjadi apa sajakah data yang sudah tersedia? Dengan angka valid yang ditawarkan oleh influencer, Anda dapat menentukan pemilihan dengan lebih mudah. Mengacu ke report yang sudah dijalani sebelumnya oleh influencer yang sudah Anda pilih, possibility untuk mencapai KPI yang sudah Anda tentukan sebelumnya dapat diperkirakan dengan angka-angka yang sudah mereka tawarkan.

Pilihan fitur di dalamnya

Fitur "swipe up" juga dapat Anda pergunakan dengan maksimal. Pada Instagram Stories, Anda dapat menemukan fitur tersebut jika influencer yang Anda pilih memiliki followers lebih dari 10.000. Dengan menggunakan ini, Anda dapat meletakkan direct link ke situs yang Anda inginkan. Fitur ini juga dapat meningkatkan penjualan produk dan kunjungan situs.

Selain itu, promoted post (ads) yang diberikan oleh Instagram dapat membantu Anda sebagai pemasar untuk mempromosikan produk Anda via influencer. Konten tertentu yang ingin Anda boost dapat langsung dilakukan di platform media sosial tersebut.

"Paid ads bisa membuat saya menjangkau user lebih jauh dan banyak. Biaya yang diminta oleh Instagram juga dapat saya adjust sesuai kebutuhan konten tersebut," jelas Kemas saat ditanyakan perihal keuntungan fitur promoted post.

Marketers, fitur-fitur tersebut akan membantu setiap project dan campaign yang Anda jalankan. Business profile yang digunakan oleh influencer yang berkolaborasi dengan Anda cukup penting dalam hasil akhir yang Anda jalankan.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles