Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Tantangan yang Dihadapi Industri Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

By
Dimas Gityandraputra
 •
June 15, 2020

Tak dapat dipungkiri kalau kehadiran pandemi Covid-19 ini memberikan tantangan bagi berbagai sektor industri. Tidak terkecuali bagi industri kesehatan. Apalagi, industri kesehatan yang saat ini menjadi garda depan dalam penanganan pandemi ini, tentu tidaklah menghadapi tantangan yang mudah.

Lalu apa saja tantangan yang dihadapi oleh industri kesehatan di masa pandemi ini?

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Tantangan dalam mengidentifikasi masalah

Industri kesehatan merupakan industri yang mengalami tantangan yang cukup besar di masa pandemi ini. Bagimana tidak, mereka perlu mencari cara agar secara cepat bisa mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan mengembangkan cara yang tepat sehingga dapat meminimalisir resiko yang dihadapi tenaga kesehatan dan masyarakat.

Dengan permasalahan kesehatan yang begitu luas dan juga harus menghadapi resiko kematian, saat ini tidak ada industri yang memiliki tekanan seberat yang dialami oleh industri kesehatan.

Tekanan berat yang dihadapi ini membuat industri kesehatan perlu mempersiapkan perencanaan yang matang, seperti menemukan berbagai cara agar lebih siap menghadapi berbagai skenario dari pandemi yang tengah berlangsung, sehingga dapat lebih cepat mengambil tindakan dan mengurangi resiko yang dihadapi masyarakat. Ditambah, mereka juga perlu merencanakan kapasitas dari berbagai aspek kesehatan seperti ketersediaan kamar, obat dan lain sebagainya.

Selain itu, mereka juga perlu mempersiapkan protokol kesehatan, rantai ketersediaan (supply chain), dan juga metode penanganan alternatif, termasuk memanfaatkan teknologi saat ini agar dapat membantu menangani permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat.

Rantai pasokan dan pengadaan (Supply chain and procurement)

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh tenaga kesehatan adalah kurangnya persediaan alat kesehatan, dan pada masa Covid-19 ini persediaan tersebut semakin sulit.

Bentuk virus yang sangat kecil dan tidak terlihat ditambah penyebarannya yang begitu cepat, membuat rumah sakit dan semua tenaga kesehatan perlu dibekali dengan peralatan yang ideal sehingga dapat mengurangi resiko mereka ataupun masyarakat akan tertular oleh virus ini.

Karena itu, pelaku industri kesehatan perlu bekerja sama dengan pemerintah dan bisnis-bisnis pada sektor lain supaya bisa mendapatkan peralatan yang memadai agar dapat secara aman menangani masalah kesehatan ini.

Maka dari itu, ketersediaan peralatan ini perlu dilakukan secara masif. Karena itu, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak mulai dari skala nasional sampai lokal supaya bisa memenuhi kuantitas alat kesehatan yang dibutuhkan secara cepat. Peralatan tersebut merupakan aspek penting untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit. Selain itu, dengan alat kesehatan yang ideal tentunya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penanganan masalah kesehatan ini.

Talent management

Mungkin ada beberapa rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang kekurangan tenaga seperti dokter, suster, tenaga medis dan lain sebagainya di masa emergency ini. Saat ini, banyak tenaga medis yang bekerja lebih dari waktu kerja mereka, sehingga menimbulkan kelelahan bagi para tenaga medis ini. Karena itu, talent management menjadi salah satu tantangan yang signifikan pada masa-masa sekarang.

Teknologi

Saat ini, industri kesehatan butuh untuk secara cepat mengirimkan testing kit, supply dan juga peralatan secara cepat. Karena itu, dibutuhkan teknologi yang mumpuni agar dapat secara aman bisa sampai tujuan. Apalagi di masa ini, kontak langsung sangat tidak disarankan membuat pengiriman ini membutuhkan bantuan teknologi yang baik sehingga keamanannya dapat tetap terjaga.

Selain itu, rasa cemas masyarakat untuk datang secara langsung ke fasilitas kesehatan, membuat industri kesehatan membutuhkan teknologi yang bisa mendukung masyarakat agar dapat berkonsultasi dengan dokter secara virtual. Maka, teknologi ini menjadi penting disediakan oleh para pelaku industri kesehatan agar masyarakat tetap bisa merasa aman, nyaman dan tetap memiliki kepercayaan ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

Menyediakan informasi

Kebutuhan masyarakat akan informasi kesehatan sedang tinggi-tingginya. Tetapi banyak berita yang tersebar memiliki kredibilitasnya yang perlu dipertanyakan. Maka itu, industri kesehatan perlu menyediakan informasi yang benar dan akurat agar masyarakat tetap percaya dan mengetahui update terbaru seputar informasi kesehatan yang mereka butuhkan.

Sebagai sumber yang dipercaya masyarakat, industri kesehatan dapat menyediakan informasi terbaru dan tepat sesuai dengan fakta dan data di lapangan. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan membuat mereka merasa aman ketika mengkonsumsi informasi tersebut.

Beberapa hal di atas adalah tantangan yang dihadapi oleh industri kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Ingin tahu bagaimana cara industri kesehatan menghadapinya, atau ingin mengetahui apa saja strategi yang bisa kita pelajari dari industri kesehatan di saat pandemi Covid-19 ini? Ikuti diskusi Jakarta Marketers Meetup (JMM) dengan tema “Lessons to Learn from the Healthcare Industry During Covid-19 Pandemic” pada hari Rabu 17 Juni 2020 pukul 15.00-17.00 WIB.

Untuk daftar silahkan klik link di bawah ini!

bit.ly/gcjmm0620


You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles