Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Potensi Quora sebagai Platform Kampanye Marketing

By
MLR
 •
July 3, 2020

Jika kita tengah mencari cara membangun profesionalitas brand sebagai pihak terpercaya dalam industri atau pasar niche yang tengah ditargetkan, salah satu langkah paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menjawab pertanyaan konsumen.

Sekalipun kita bukanlah yang paling ahli dalam menentukan topik, kemungkinan besar kita tahu lebih banyak dari beberapa orang. Berdasarkan pemikiran tersebut dan kenyataan bahwa kegiatan pemasaraan modern terpaku pada penggunaan internet, maka tak ada tempat paling baik selain memanfaatkan Quora.

Quora merupakan sebuah platform di mana banyak pengguna internet mendapatkan berbagai informasi mulai dari topik yang membahas Zumba hingga jenis bebatuan yang ada dalam gunung berapi. Dengan mengunjungi Quora, orang-orang di internet bisa menaruh segala jenis pertanyaan dan mendapatkan jawaban dari orang lain, termasuk seputar dunia marketing atau pun industri yang dijalani brand.

Nah melihat banyaknya pertanyaan tersebut, dengan belajar cara memanfaatkan Quora secara tepat akan membuat kampanye marketing jadi lebih efektif. Tak percaya? Simak ulasan mengenai Quora untuk kampanye marketing di bawah ini:

Baca JugaMemahami Apa itu Content Marketing

Kenapa harus Quora?

Sebagai seorang pemasar atau pemilik brand, Quora dapat menambahkan nilai yang penting dalam kampanye marketing, berikut alasannya:

  • Dengan Quora, brand bisa mendapatkan exposure dari jutaan pengunjung situs setiap bulannya.
  • Kita dapat mempraktikkan keahlian kita terhadap berbagai topik yang dikuasai.
  • Kita bisa mendapatkan insights dari para ahli yang berasal dari berbagai bidang industri.
  • Kita dapat memberikan jawaban langsung terhadap siapapun konsumen yang mencari informasi mengenai layanan, produk, atau bisnis yang dikelola.
  • Kita bisa membagikan konten dari website lainnya, termasuk situs milik brand kita, dalam topik yang sesuai dengan profil kita.

Quora, layanan konsumen dan manajemen reputasi

Quora tak hanya menjadi platform paling tepat berhubungan dengan konsumen lewat kegiatan menjawab langsung pertanyaan mereka. Di platform tersebut, kita juga bisa mengolah reputasi brand secara langsung. Ingat bagaimana topik di Quora juga bisa berdasarkan brand? Nah, jika bisnis kita memiliki produk, pastikan menggunakan kotak pencarian untuk melihat apakah orang-orang membicarakan produk atau layanan yang kita tawarkan ke pasar.

Kita dapat mengikuti berbagai topik yang berkaitan dengan bisnis yang dikelola. Dengan demikian, kita bisa langsung terjun ke dalam percakapan ketika pertanyaan-pertanyaan baru mengenai layanan atau produk muncul. Tak hanya dapat membantu konsumen mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, kita juga bisa membuka peluang penjualan sebab orang-orang cenderung meminta perbandingan antara produk atau layanan kita terhadap kompetitor. Untuk itu, persiapkanlah diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para pengguna Quora dengan percaya diri.

Profil yang baik dan fitur ikuti topik

Seperti kebanyakan platform di Internet, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat profile yang baik. Sebaik apapun kita menjelaskan brand kita ke konsumen atau membantu menjawab pertanyaan konsumen secara tepat, jika orang-orang yang penasaran dengan layanan kita berkunjung ke profile brand yang kita kelola dan tidak mendapatkan informasi yang lebih lengkap, usaha yang dilakukan akan sia-sia. Untuk itu, profile yang baik pada halaman akun diperlukan.

Ubah profil dengan mengklik nama kita di deretan menu. Berikan sentuhan personal brand dalam penulisan headline dan konten profile. Jangan lupa masukkan link profile ke dalam situs atau profil media sosial.

Setelah profile siap, kita dapat mulai mencari topik yang tepat untuk diikuti Untuk mencari topik tersebut, manfaatkan kotak pencaharian yang tersedia. Quora akan memberikan instant suggestion berdasarkan apa yang diketik.

Bagaimana Cara Menggunakan Quora untuk Kepentingan Marketing

Merangkum segala potensi pemasaran yang dapat dimanfaatkan bagi brand, berikut beberapa cara menggunakan Quora untuk kepentingan pemasaran brand profesional dan bisnis Anda:

  • Buat profil yang baik sehingga orang-orang yang ingin mempelajari tentang brand kita bisa mendapatkan informasi yang cukup dan tertarik mengklik website atau jejaring sosial yang dimiliki.
  • Ikuti topik Quora yang berkaitan dengan industri. Jadilah partisipan aktif dalam topik-topik ini dengan mengunggah pertanyaan-pertanyaan yang membuat konsumen berpikir dan sediakan jawaban yang penting. Jangan lupa masukkan link ke konten-konten yang ada di situs kita untuk informasi selanjutnya sesuai dengan kebutuhan agar tidak dianggap spam.
  • Cari individu di Quora dan jalin hubungan baik dengan mereka. Caranya, cukup melihaat jawaban-jawaban terbaik dan pengikut dari topik tertentu. Klik follow.
  • Buat dan berkontribusilah dalam board yang membahas topik-topik tertentu di industri. Bagikan konten di Quora secara rutin untuk membangun aset informasi yang berharga supaya konsumen potensial di Quora mengikuti brand yang kita kelola.
  • Manfaatkan QuestionsPro untuk menemukan pertanyaan yang relevan dan mengecek jawaban secara otomatis. Meski perangkat tersebut masih dalam tahap beta, namun dapat memudahkan kita mengelola Quora.

Baca Juga: Tahapan Persiapan Mengelola Media Sosial

Hal paling penting dalam marketing adalah membangun kepercayaan konsumen terhadap brand dengan menyajikan informasi-informasi yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Quora memiliki potensi sebagai alat membangun kepercayaan konsumen dan dengan mengikuti langkah di atas, kita telah menjamin arah yang tepat untuk kampanye marketing yang lebih efektif.

Sumber Feature Image: enterpreneur.com

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles