Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Pentingnya Menjalankan Influencer Marketing bagi Brand Olahraga

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Tak dapat dipungkiri lagi kalau para pencinta olahraga tersebar di seluruh dunia. Dan hampir setiap harinya, mereka menelusuri beragam berita olahraga agar tidak ketinggalan update dari tim atau atlet kesayangan mereka.

Di tahun 2020 ini, semakin banyak mata yang akan menengok ke dunia olahraga karena adanya dua pesta besar yakni, Olimpiade 2020 dan Euro 2020. Maka itu, penting bagi brand yang bergerak di industri olahraga untuk dapat mencuri perhatian masyarakat, karena semakin banyak pula orang yang akan mengikuti perkembangannya, ingin memakai apparel dari tim kesukaannya atau ingin mengenakan berbagai produk yang digunakan oleh atlet idolanya. Ini membuat brand memiliki peluang untuk menarik perhatian target marketnya lewat strategi marketing mereka, salah satunya influencer marketing.

Baca Juga: Memahami Influencer Marketing

Ketahuilah bahwa ada beberapa hal mengapa penting bagi brand olahraga untuk menjalankan strategi influencer marketing.

Menggaet fans dan loyalitas

Salah satu tujuan utama menjalankan strategi influencer marketing adalah untuk meningkatkan awareness. Maka itu, ketika brand olahraga bekerja sama dengan atlet, maka popularitas dari atlet tersebut dapat membantu untuk mendorong brand loyalty.

Contoh brand yang berhasil menerapkan strategi influencer marketing ini adalah Under Armour. MarketingWeek pernah mengungkapkan bahwa, alasan utama perkembangan pesat Under Armour karena mereka lebih memilih untuk bekerja sama dengan para atlet yang belum menjadi bintang dibanding berkolaborasi dengan nama-nama atlet yang sudah besar. Dan pada akhirnya brand olahraga ini mendapat reward dari strategi “bersabar” yang mereka terapkan.

Salah satu atlet yang diajak kerja sama oleh Under Armour adalah Stephen Curry, yang saat itu belum menjadi bintang NBA. Tetapi setelah menjadi juara liga basket Amerika Serikat, Under Armour berhasil mendapat banyak fans baru dan loyal yang juga merupakan fans dari Stephen Curry. Dan hal ini secara cepat meningkatkan nama mereka menjadi apparel yang diperhitungkan di dunia olahraga.

Influencer memiliki otoritas

Seorang influencer olahraga memiliki passion yang tinggi terhadap industri yang mereka geluti tersebut sehingga mereka memiliki pengetahuan mendalam seputar dunia olahraga. Dan hal ini yang membuat mereka kerap dihormati oleh para followers-nya yang melihat mereka expert di bidang tersebut.

Karena itu, ketika brand dapat memilih influencer yang tepat, maka brand memiliki akses untuk berkomunikasi dengan para audiens yang mempunyai minat yang sama dengan influencer terkait, sehingga dapat meningkatkan engagement brand. Atau lebih jauh lagi, mereka jadi punya keinginan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga dapat meningkatkan angka penjualan.

Membantu penjualan event

Biasanya ketika event olahraga besar seperti Olimpiade atau Piala Dunia, maka para pengguna media sosial sudah ramai-ramai membicarakan ajang tersebut sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Dan brand olahraga juga kerap membuat event untuk menyambut acara-acara besar tersebut.

Karena itu, ketika mengadakan event tersebut, brand dapat bekerja sama dengan influencer untuk mengajak followers-nya. Dan lewat antusiasme yang memang sudah terbangun di tengah masyarakat, maka akan memudahkan brand untuk mendapat awareness dan mendatangkan pengunjung yang mau ikut serta dalam event tersebut.

Baca Juga: Tren dan Pentingnya Menjalankan Strategi Influencer Marketing

Event besar olahraga seperti Olimpiade 2020 dan Euro 2020 sudah semakin dekat. Dengan memanfaatkan momentum ini dan strategi influencer marketing yang tepat, hal ini dapat memperbesar peluang brand untuk meningkatkan awareness atau bahkan angka penjualan.

Bila Anda ingin bekerja sama dengan para influencer ternama di Indonesia, silakan langsung klik link berikut!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles