Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Membuat Sponsored Content di Facebook yang Efektif

By
GetCraft
 •
May 25, 2020

Saat ini, Facebook bisa dibilang merupakan media sosial yang paling digemari oleh masyarakat dunia. Mengapa begitu? Karena melaluiplatformini mereka bisa berinteraksi dengan teman lama mereka, bertemu dengan kawan baru, mendapatkan berbagai informasi, bahkan beriklan. Berbagai keunggulan itu yang menyebabkan sampai tahun 2018 lebih dari 1 miliar orang yang aktif menggunakan Facebook setiap harinya.

Menengok hal tersebut, kini para pemasar saling berlomba untuk membuat sebuah konten untuk mereka sebarkan melalui media sosial Facebook ini. Apalagi, banyak yang mengungkapkan kalau di dunia digital ini, menyajikan konten bagus adalah cara terbaik bagi sebuah brand untuk bisa menarik minat audiens. Dan menggabungkan kedua hal ini merupakan taktik dari para pemasar agar produk atau jasa mereka semakin dikenal masyarakat dan semakin banyak penggunanya.

Lalu seperti apa cara membuat sebuah sponsored content di Facebook?

Baca Juga: Perbedaan Native Advertising dengan Sponsored Content

Visual adalah format yang paling diminati audiens

Ketika kita ingin membuat sebuah konten untuk mempromosikan sebuah produk, tentunya ingin agar terasa natural dan tidak terlihat seperti sebuah advertisement. Maka itu dengan membuat konten berupa visual bisa menjadikan konten yang telah dibuat tadi lebih menarik dan akan lebih dinikmati oleh target audiens.

Hal ini terbukti dengan data dari Newswhip yang mengungkapkan bahwa hampir 60% sponsored content yang dibuat oleh para pemasar untuk disajikan di Facebook adalah dengan format video. Sementara itu, 39% responden menggunakan foto sebagai media mereka untuk mempromosikan produk atau jasa mereka tersebut. Dengan begitu, menyajikan konten yang menarik secara visual dapat menjadi cara terbaik untuk bisa mendapatkan atensi dari masyarakat.

Perbedaan Native Advertising dengan Sponsored Content
Sumber Gambar : newswhip.com

Adapula beberapa taktik bagi para pemasar ketika membuat konten untuk ditampilkan di Facebook tersebut, misalnya saja dengan menaruh brand terkait seolah-olah hanya kebetulan berada di dalam video atau foto yang dipublikasikan. Dengan begitu audiens juga tidak akan merasa sedang dijejali oleh sebuah iklan di dalam feed Facebook mereka yang membuatnya merasa terganggu. Walau begitu brand dengan nama-nama yang sudah besar kadang kala tetap mencantumkan nama brand mereka namun dengan ditunjang sebuah konten yang bisa membuat masyarakat merasa mendapatkan solusi dari suatu permasalahan mereka.

Cara lainnya adalah, konten yang dibuat untuk mempromosikan suatu brand terkait, tetap sejalan dengan konten-konten yang disajikan oleh para kreator tersebut. Contohnya, ketika konten yang biasa dibuat selalu berhubungan dengan teknologi, maka konten yang dibuat tersebut juga meyajikan unsur teknologi. Dengan begitu, kepercayaan publik juga menjadi tidak rusak karena sponsored content yang dipublikasikan tersebut.

Membuat konten pada fokus bidang yang digeluti juga bisa menjadi strategi untuk bisa menarik minat khalayak melalui konten di Facebook. Ketika brand kita bergerak dibidang F&B, konten seperti menyajikan resep bisa menjadi cara agar kita dapat lebih terkoneksi dengan para audiens.

Contoh sponsored content di Facebook

Saat ini sudah banyak brand yang menggunakan Facebook sebagai media pemasaran mereka. Dan salah satu brand yang berhasil mendapatkan engagement yang tinggi dengan konten berbayar mereka adalah Cricket Wireless yang bekerja sama dengan atlet gulat John Cena.

Konten yang dibuat oleh Cricket Wireless mengedepankan sisi emosional dari para audiens mereka. Bagaimana pada video yang disajikan tersebut John Cena seorang atlet gulat yang mempunyai image tangguh juga dapat menangis ketika membacakan surat-surat yang dapat menggetarkan hatinya. Surat yang dibacakan oleh John Cena tersebut berisi mengenai banyak orang yang akhirnya dapat terinspirasi dari pesan yang selalu disampaikan oleh John Cena yaitu “jangan pernah menyerah”.Karena pesan tersebut pada akhirnya banyak fans yang berhasil bangkit kembali setelah merasa gagal, kesakitan atau kehilangan.

Ketika membacakan surat tersebut John Cena terlihat tersentuh dan emosional. Hingga akhirnya ada seorang anak laki-laki yang pernah mendapatkan wristband yang bertuliskan Never Give Up dan memberikannya kepada ibunya ketika sedang menjalani operasi kanker. “Ibuku sekarang sudah tidak punya penyakit kanker lagi,” ketika sang anak mengucapkan itu kepada John Cena, dia sudah tidak bisa lagi menahan rasa harunya dan langsung memeluk anak tersebut.

Contoh di atas merupakan sponsored content yang bisa mengundang reaksi dari berbagai audiens. Karena, konten yang dibuat benar-benar bisa menyentuh perasaan para pemirsanya dan pesan yang disampaikan pun bernada positif serta membangun. Hingga akhirnya konten yang telah dibuat tadi berhasil mendapatkan hampir 60 juta views dan 1 juta shares di Facebook.

Untuk bisa membuat konten yang baik dan bisa tepat sasaran mencapai target audiens seperti video di atas, maka pemasar perlu bekerja sama dengan laman Facebook yang tepat. Tetapi laman Facebook apa saja yang disukai oleh para audies?

Menentukan laman Facebook untuk sponsored content

Salah satu cara agar kampanye yang kita jalankan di Facebook bisa mendapatkan hasil yang memuaskan adalah dengan bekerja sama dengan kreator di Facebook yang tepat. Ketika ingin mempublikasikan sebuah sponsored content, kita perlu mengidentifikasikan terlebih dahulu siapa yang paling tepat untuk diajak kerja sama. Apakah itu seorang artis, atlet, kreator ataupun publisher. Dan ketika kita sudah dapat menentukan secara tepat siapa yang diajak untuk berkolaborasi tersebut, maka kampanye yang dijalankan tentunya bisa mencapai KPI yang telah ditentukan.

Baca Juga: 5 Contoh Facebook Ads yang Menarik bagi Masyarakat

Menjalankan sponsored content di Facebook memang dapat menjadi cara bagi pemasar untuk mengembangkan bisnis mereka. Dan konten yang tepat serta bekerja sama dengan orang yang tepat adalah cara terbaik untuk bisa mendatangkan kesuksesan tersebut. Untuk bisa mencari konten kreator yang tepat, kita bisa klik tombol di bawah ini,

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles