Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Mungkinkah Menjalankan Kegiatan Marketing Tanpa Budget?

By
Dimas Gityandraputra
 •
July 6, 2020

Menjalankan kegiatan marketing tanpa budget? Mungkin enggak sih? Jawabannya, ya kita bisa menjalankan kegiatan marketing tanpa biaya.

Mungkin beberapa di antara kita memiliki dana pemasaran yang terbatas, sehingga aktivitas yang dijalankan pun menjadi tidak maksimal. Padahal, menjalankan kegiatan marketing ini memiliki banyak manfaat bagi brand, mulai dari brand awareness, mendorong sales, sampai meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand.

Walau memang memiliki dana yang terbatas atau malah tidak memiliki dana sama sekali, brand sebenarnya tetap bisa menjalankan aktivitas marketinguntuk mencapai objektif. Bagaimana caranya? Berikut di bawah ini adalah beberapa kegiatan marketing yang bisa dilakukan brand tanpa mengeluarkan budget!

Menjalankan kegiatan content marketing

Content marketing selalu menjadi cara utama untuk memasarkan brand. Banyak tujuan pemasaran mulai dari meningkatkan brand awareness sampai mendorong konversi bisa diraih melalui kegiatan ini. Tetapi kegiatan content marketing seperti apa yang bisa efektif mencapai beragam objektif tersebut namun tanpa harus mengeluarkan biaya?

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Hal yang dapat kita lakukan salah satunya adalah dengan memulai sebuah blog. Artikel atau blog dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun traffic organik ke dalam situs. Selain artikel, blog juga mendukung kita untuk bisa menyajikan berbagai macam bentuk konten seperti studi kasus, infografik, informasi seputar event, dan lain sebagainya. Ditambah, melalui blog brand juga bisa menjawab berbagai pertayaan masyarakat. Dan berbagai hal tersebut tentunya akan berguna untuk bisa menarik perhatian audiens.

Blog bisa menjadi tools efektif untuk bisa memasarkan berbagai produk atau jasa yang kita tawarkan. Ditambah, banyaknya platform gratis seperti Wix atau Wordpress, memudahkan kita untuk menjalankan kegiatan content marketing ini.

Selain blog, untuk bisa menarik perhatian melalui kegiatan content marketing, kita juga bisa membuat video. Banyak tipe video seperti tutorial atau product review yang bisa dibuat hanya dengan mengandalkan smartphone yang kita miliki, lalu tayangkan video tersebut melalui YouTube.

Blog dan video tersebut dapat menjadi kegiatan content marketing gratis yang dapat kita lakukan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Namun sebelum memulainya, pastikan juga kita telah mengidentifikasi target audiens dan pain points mereka sehingga content marketing yang dijalankan dapat berjalan secara efektif.

Meningkatkan strategi SEO

Taktik yang efektif untuk mendorong traffic adalah SEO. Hal yang penting diperhatikan dalam mengelola SEO ini adalah melakukan riset pada keyword, memaksimalkan blog, membentuk link-building, serta mengoptimalkan konten.

Keunggulan dari strategi ini juga, kita bisa membangun otoritas brand dan meningkatkan brand awareness, dan tentu saja membuat brand lebih mudah ditemukan karena berada pada halaman awal mesin pencarian.

Membuat podcast

Salah satu cara lain yang efektif dari segi biaya untuk mencapai audiens adalah melalui podcast. Dengan menjalankan bentuk konten suara ini membuat strategi content marketing menjadi lebih beragam dan meningkatkan peluang untuk bisa menarik perhatian audiens.

Jika bingung ingin menyiarkan konten podcast seperti apa, kita dapat memulainya dengan cara melakukan repurpose dari artikel yang telah kita buat menjadi topik konten pada podcast yang kita produksi.

Menyajikan podcast bisa membuat brand mendapatkan followers loyal dan juga meningkatkan reputasi brand.

Menawarkan free trial

Taktik lain yang bisa dicoba adalah dengan menawarkan free trial. Penawaran ini dapat membantu brand untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan dan dapat pula meningkatkan reputasi.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan brand ketika menawarkan free trial, seperti, kalau masyarakat yang mencobanya menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, mereka akan memiliki keinginan untuk mengonsumsi produk atau jasa itu kembali. Tetapi kalau mereka tidak ingin melanjutkan penggunaannya, maka brand bisa mendapatkan feedback yang berharga dari masyarakat, sehingga dapat melakukan evaluasi untuk perkembangan kedepan.

Promosi silang

Kita dapat bekerja sama dengan brand lain untuk saling bertukar promosi. Mereka akan mempromosikan produk atau jasa yang kita tawarkan, sebaliknya kita akan mempromosikan produk atau jasa milik mereka.

Hal ini akan memberikan keuntungan bagi brand yakni, kita bisa menarik perhatian audiens milik brand yang kita ajak kerja sama tersebut dan mendapatkan leads baru. Selain itu, promosi silang ini dapat membantu untuk meningkatkan reputasi brand.

User-generated content

Menjalankan content marketing memang efektif namun kalau tidak dilakukan secara hati-hati terkadang berakibat memberikan biaya yang besar. Namun, sebenarnya kita bisa mendapatkan banyak konten tanpa harus mengeluarkan biaya besar, yakni dengan cara mengajak audiens untuk membuat konten atau user-generated content.

Dengan user-generated content, kita dapat memotivasi para audiens dan calon pelanggan untuk menuturkan cerita mereka. Dengan begitu, kita mendapatkan konten baru dan juga engaging serta disukai oleh para audiens.

Memanfaatkan media sosial

Mayoritas brand saat ini menjalankan taktik marketing mereka melalui media sosial. Karena memang sebagian besar konsumen saat ini hadir di media sosial membuat platform-platform ini menjadi tempat yang menarik untuk bisa mengundang perhatian audiens.

Belum lagi, Gen Z lebih senang mempelajari suatu produk baru melalui media sosial. Ditambah, untuk memulainya dan membangun komunitas online lewat media sosial ini tidak dibutuhkan biaya sama sekali.

Banyak juga kegiatan marketing yang bisa kita lakukan melalui media sosial seperti, menyajikan konten-konten menarik, membuat live video untuk membicarakan budaya perusahaan, mendorong user-generated content, berdiskusi dengan para audiens, hingga membangun citra brand.

Mendorong keterlibatan komunitas

Terlibat dalam komunitas lokal dapat membantu kita untuk mendorong perkembangan brand di antara para audiens lokal. Selain itu, terlibat dalam komunitas juga membuat kita bisa meningkatkan brand awareness serta mendapat masukan langsung dari masyarakat mengenai hal-hal yang penting kita kembangkan atau hindari.

Baca Juga: 5 Taktik Menghasilkan Leads Baru untuk Kampanye Marketing

Beberapa hal di atas adalah kegiatan-kegiatan marketing yang bisa kita lakukan tanpa mengguanakan dana, atau minimal dengan dana yang terbatas namun efektif untuk mencapai objektif yang telah ditentukan.

Feature Image by Slidebean on Unsplash

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles