Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Mengenal Branding dan Manfaatnya bagi Perusahaan

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Apa yang terlintas di pikiran ketika melihat warna merah dengan tulisan bersambung warna putih di dalamnya? Mungkin yang akan kita pikirkan pertama kali bahwa itu adalah lambang Coca Cola. Atau mungkin ketika sedang di jalan dan melihat jaket berwarna hijau, kita langsung menebak kalau itu adalah jaket dari brand GO-JEK.

Mengapa kita bisa mengingat apa yang menjadi ciri khas dari brand-brand tersebut? Hal ini dapat terjadi karena perusahaan-perusahaan itu memiliki branding yang kuat dan memikat sehingga memudahkan masyarakat untuk mengingat.

Branding yang baik memang dapat memberikan beragam keuntungan bagi brand. Misalnya, ketika masyarakat dihadapkan pada beragam pilihan produk yang serupa, mereka akan cenderung lebih memilih produk yang lekat dalam ingatan mereka, atau minimal mereka akan mencoba produk-produk tersebut.

Selain itu, branding yang kuat, juga akan memudahkan brand untuk menjual berbagai merchandise yang dibuat, dan hal ini akan menarik bagi orang-orang untuk mengoleksi beragam merchandise yang ditawarkan.

Memang branding ini menjadi hal yang penting. Mungkin saat ini banyak brand yang lebih fokus memikirkan sales dibanding branding. Padahal, branding ini dapat memberikan banyak keuntungan yang pada akhirnya berimbas pula pada pemasukan.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Namun sebelum lebih jauh mendalami mengenai pentingnya branding, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan branding ini?

Apa itu branding?

The Branding Journal mendefinisikan branding sebagai proses memberikan makna kepada perusahaan, produk atau jasa dengan membuat dan membentuk nilai brand di dalam ingatan pelanggan. Branding juga merupakan strategi yang didesain oleh perusahaan untuk membantu masyarakat agar mereka dapat secara cepat mengidentifikasi produk dan organisasi mereka, serta memberikan audiens alasan untuk lebih memilih produk perusahaan terkait dibanding para kompetitornya.

Objektif dari branding adalah untuk menarik dan menjaga loyalitas konsumen dengan cara memberikan mereka produk yang selalu sejalan dengan apa yang telah dijanjikan oleh brand.

Lalu siapa saja yang terpengaruh dengan branding ini?

Pelanggan: Branding akan memudahkan para pelanggan untuk mengambil keputusan ketika mereka sedang ragu-ragu dalam memilih produk yang serupa namun dari perusahaan yang berbeda.

Employee/shareholder/third-party: Selain membatu pelanggan dalam membedakan produk yang serupa, sebuah strategi branding yang sukses juga dapat meningkatkan reputasi brand. Reputasi ini juga menjadi aset yang dapat mempengaruhi masyarakat, konsumen, pegawai, investor, shareholder, provider dan distributor.

Contohnya, jika kita merasa tidak suka atau tidak terkoneksi dengan sebuah brand, tentu kita tidak akan memilih perusahaan tersebut sebagai tujuan ketika sedang mencari pekerjaan. Sebaliknya, jika memang brand terkait dapat menginspirasi, maka hal ini akan mendorong kita untuk mau tergabung menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Mengapa branding menjadi penting?

Strategi ini memang menjadi signifikan bagi bisnis karena dapat memberikan dampak yang besar bagi perusahaan yang dijalankan. Seperti dapat mengubah perspektif masyarakat terhadap brand, juga bisa memperluas jangkauan bisnis serta meningkatkan brand awareness. Lalu apa saja manfaat lain dari branding?

Branding akan membuat masyarakat menyadari kehadiran brand

Alasan paling penting dari branding adalah membuat masyarakat menjadi sadar akan kehadiran brand tersebut serta pada produk dan jasa yang ditawarkan. 

Salah satu elemen paling penting dari branding adalah logo, karena logo merupakan wajah perusahaan. Dengan begitu, penting bagi brand untuk membuat desain logo yang powerful dan mudah diingat sehingga dapat memberikan first impression yang positif kepada masyarakat.

→Ingin bekerja sama dengan pembuat logo ternama di Indonesia? Silahkan Klik di sini!

Branding akan meningkatkan nilai bisnis

Branding menjadi penting untuk melebarkan sayap bisnis kita di kemudian hari. Dan bagi brand yang sudah mapan, branding dapat meningkatkan nilai bisnis karena memiliki pengaruh penting kepada industri yang ditekuninya. Hal ini nantinya akan mempermudah perusahaan untuk dilirik oleh para investor karena memiliki tempat yang baik di dalam marketplace.

Branding dapat menarik pelanggan baru

Ketika sebuah bisnis memiliki branding yang kuat, berarti mereka memiliki kesan yang positif di mata pelanggan. Dan ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan karena merasa familiar dan memiliki kepercayaan terhadap brand tersebut.

Dari situ nantinya, produk atau jasa yang kita tawarkan tersebut akan disebarkan dari mulut ke mulut lalu semakin banyak masyarakat yang akan menggunakannya.

Meningkatkan pride dan kenyamanan pegawai

Coba bayangkan kalau kita bekerja di perusahaan besar seperti Google, tentu kita akan merasa memiliki kebanggaan dan kenyamanan terhadap pekerjaan yang dijalani. Dengan begitu, ketika reputasi brand sudah kuat, maka akan memudahkan perusahaan untuk menemukan bakat-bakat terbaik yang tersebar. Di sisi lain, mereka yang bekerja pun bisa menikmatinya dan akan merasa kebutuhannya.

Membentuk kepercayaan di dalam industri yang ditekuni

Dengan memiliki tampilan yang profesional serta branding dengan strategi yang baik, akan membantu perusahaan dalam membentuk kepercayaan dengan para pelanggan serta klien potensial. Karena memang dengan nalurinya, masyarakat akan lebih memilih sebuah bisnis -baik itu untuk diajak kerja sama atau menggunakan produk dan jasanya- ketika brand tersebut dapat dipercaya dan terlihat expert di bidangnya.

Branding akan membantu advertising brand

Ketika branding sudah kuat, maka akan memudahkan brand untuk mempromosikan produk yang mereka tawarkan karena kepercayaan masyarakat terhadapnya. Selain itu, pesan yang ingin disampaikan brand menjadi lebih mudah diterima publik sehingga memudahkan mereka untuk meraih objektif yang telah ditentukan. 

Baca Juga: Cara Mengomunikasikan Pesan Brand Secara Efektif

Kunjungi Marketplace GetCraft!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles