Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Mengapa Brand perlu Menggunakan Iklan Digital?

By
Teguh Riyanto
 •
May 19, 2020

Dengan semakin maraknya penggunaan internet di masa sekarang, promosi iklan kini tidak hanya sebatas menggunakan media konvensional. Penggunaan iklan melalui media digital menjadi semakin relevan dan dibutuhkan di era informasi yang dinamis ini. 

Namun ternyata, beberapa perusahaan masih ragu untuk menggunakan iklan digital sebagai media promosi produk atau pun jasa mereka, alasannya karena mereka masih belum percaya akan efektivitas dari iklan digital, dan merasa biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan promosi iklan yang mereka jalankan sekarang.

Padahal jika dipelajari lebih lanjut, promosi melalui iklan digital justru akan lebih efektif dan menguntungkan dibandingkan media promosi offline. Berikut beberapa alasan mengapa kita membutuhkan iklan digital untuk kegiatan promosi produk dan brand:

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Jangkauan yang lebih luas

Saat ini internet bukan lagi menjadi barang yang mahal. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh We Are Social bersama HootSuite, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 150 juta orang. Secara kasar, kita dapat melihat bahwa hampir seluruh warga negara Indonesia sudah menggunakan internet untuk kegiatannya sehari-hari. Tentunya ini menjadi sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk dapat mempromosikan produk dan brand-nya secara masif.

Target pasar yang lebih terarah

Jangkauan boleh luas, tapi bagaimana dengan target pasarnya? Pertanyaan ini juga menjadi salah satu mengapa perusahaan ragu menggunakan iklan digital. Beberapa fitur insights yang ada pada produk-produk internet seperti mesin pencari Google, media sosial Facebook dan aplikasi pesan seperti LINE memungkinkan perusahaan untuk menarik data dari penggunanya.

Data tersebut dapat berupa profil, ketertarikan dan perilaku pengguna. Dan data-data ini dapat digunakan oleh pengiklan untuk menentukan target pasar mana yang ingin dicapai dalam kegiatan promosinya sesuai dengan produk yang dipasarkan. Tentunya kegiatan promosi akan jauh lebih efektif dan menjadi lebih tepat sasaran. 

Pilihan media yang beragam

Media digital memungkinkan Anda untuk menggunakan beragam format pengiklanan yang lebih beragam dalam satu tempat, misalnya saja, Google. Dengan menggunakan fitur Google Ads, kita bisa beriklan dengan format teks, gambar bahkan video di dalam platform-nya. Tidak hanya itu, kita pun dapat menentukan sendiri kapan dan di mana iklan tersebut akan muncul. Tentunya hal ini akan memudahkan kita dalam mengontrol dan memonitor kampanye promosi iklan yang dijalankan.

Lebih terukur dan efektif

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki iklan media digital adalah kemampuan untuk melacak (tracking) traffic dari iklan yang dipromosikan. Dengan fitur ini juga, kita dapat melihat kanal iklan digital mana yang efektif dan menguntungkan. Sehingga kita dapat dengan cepat mengalihkan alokasi budget iklan ke kanal iklan tersebut. Selain itu, fitur tracking ini juga akan memudahkan kita dalam menghitung Return of Investment (ROI) dari dana yang telah dikeluarkan untuk kegiatan promosi iklan.

Lebih efisien dalam pengeluaran budget

Gabungan dari empat poin yang dibahas sebelumnya, yakni penargetan pasar yang tepat, kontrol penuh dalam penggunaan kanal advertising serta kemudahan dalam melacak dan mengukur, akan membuat dana yang kita keluarkan untuk beriklan di media digital ini menjadi lebih efisien. Hal ini pula yang menjadi alasan penting untuk memanfaatkan media digital sebagai media promosi iklan produk dan brand.

Baca Juga: Memahami Google Ads dan Manfaatnya untuk Mendukung Pemasaran

Ingin menjalankan kampanye iklan digital dan ingin  terhubung dengan jejaring kreator konten atau marketing specialist yang siap membantu campaign yang Anda jalankan, klik di sini untuk memasukkan Brief brand Anda!

Buat Brief Anda Sekarang!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles