Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Mengapa Brand Perlu Berkolaborasi dengan Kreator Konten?

By
iMarketology
 •
May 19, 2020

Saat teknologi terus berkembang seperti sekarang ini, melakukan digital marketing sudah seperti keharusan bagi para marketers. Dan salah satu strategi yang sampai hari ini masih menjadi andalan utama bagi brand adalah menyajikan konten pada portal yang dikelola atau yang lebih dikenal dengan istilah content marketing.

Menyajikan konten dalam pemasaran, saat ini memang bisa memberikan berbagai manfaat bagi para brand. Seperti, membuat brand lebih mudah menarik audiens karena kualitas konten yang disajikan, lebih mudah ditemukan masyarakat karena dapat meningkatkan peluang untuk mendapat peringkat tinggi pada mesin pencarian, hingga meningkatkan keterlibatan (engagement) pada media sosial yang dimanfaatkan.

Selain itu, melalui konten yang berkualitas pula brand dapat dengan mudah mempengaruhi audiens untuk mau mengambil tindakan atau membuat keputusan sesuai dengan yang diharapkan.

Memang konten yang berkualitas dapat memberikan brand beragam keuntungan. Maka itu, para marketers perlu bekerja sama dengan para kreator konten profesional guna bisa mencapai kualitas yang diharapkan brand maupun para target audiens.

Baca Juga: Mengapa Saya Perlu Melakukan Content Marketing dan Sponsored Content ?

Dan berikut ini beberapa alasan mengapa sebuah brand sebaiknya berkolaborasi dengan kreator konten:

Mengurangi beban biaya operasional perusahaan

Banyak jenis konten digital yang kini dapat disajikan brand, dan hal ini dapat memberikan beban bagi perusahaan dari sisi biaya operasional. Karena apabila perusahaan memiliki karyawan full-time untuk memproduksi semua jenis konten digital ini, maka akan sangat banyak pegawai yang perlu mereka rekrut. Dan terkadang hal ini dapat membebani perusahaan dari sisi biaya operasional.

Sementara, ketika bekerja sama dengan para kreator konten freelance, biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan menjadi lebih efektif, dan membuat biaya operasional yang dikeluarkan dapat menjadi lebih hemat.

Konten digital yang diproduksi lebih berkualitas

Para kreator konten freelance atau perusahaan pemasaran digital sudah terbiasa memproduksi konten digital setiap hari secara profesional. Bukan hanya itu, pada umumnya mereka juga selalu meningkatkan keahliannya dalam membuat konten agar mereka memiliki daya saing yang lebih tinggi di pasar. Maka itu, konten yang kerap mereka hasilkan biasanya dapat memberikan kepuasan bagi para brand yang bekerja sama dengannya.

Pemilik brand dapat lebih terfokus untuk mengurusi inti bisnis

Dengan menyerahkan proses pembuatan konten digital dan distribusinya kepada para kreator konten freelance atau perusahaan pemasaran digital, perusahaan pemilik brand bisa lebih fokus mengurusi bisnis intinya.

Dengan memiliki fokus untuk mengurus bisnis inti tersebut, para pemilik brand dapat lebih memaksimalkan kinerja perusahaannya dan mencapai target-target yang telah ditentukan. Karena biar bagaimana pun, walau terlihat sederhana, memproduksi dan mendistribusikan konten tetap memiliki kompleksitasnya tersendiri.

Proses produksi konten digital menjadi lebih cepat

Karena sudah terbiasa dan memiliki keahlian, para kreator konten bisa melakukan proses pembuatan konten digital dengan relatif lebih cepat.  Dan dengan proses produksi konten yang lebih cepat ini, pemilik brand akan lebih cepat pula menerima imbal hasil dari konten digital yang telah dibuat dan didistribusikan.

Pada akhirnya, hal ini akan membuat perusahaan lebih cepat pula mencapai target-target yang telah ditentukan.

Pengalaman para kreator konten lebih banyak

Para kreator konten freelance dan perusahaan pemasaran digital setiap hari selalu membuat konten digital untuk berbagai klien yang berbeda dari berbagai bidang industri yang berbeda, pengalaman mereka tentu jauh lebih banyak daripada karyawan kreator konten internal perusahaan pemilik brand.

Dengan pengalaman yang banyak tersebut, maka konten digital yang dibuat oleh para kreator konten freelance atau perusahaan pemasaran digital akan lebih kaya inspirasi dan kreatif. Hal ini akan membuat konten tersebut lebih mudah untuk menarik minat target audiens.

Lalu bagaimana cara bekerja sama dengan para konten kreator secara efektif? Yuk cari tahu dalam artikle berikut!

Idenya pun bisa dibilang cukup beragam karena mereka akan melihat sisi-sisi menarik brand dari luar perusahaan dan dapat ditumpahkan menjadi suatu konten yang mungkin out-of-the-box.

Lalu seperti apa tren dunia pemasaran digital di saat seperti ini? Bentuk-bentuk kreativitas apa pula yang bisa diterapkan brand dalam membentuk konten yang dapat menarik minat target audiens? Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Tren pemasaran digital terkini!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles