Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Mempelajari Strategi Marketing Dari Industri Musik

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Musik kerap kali memberi inspirasi bagi para penikmatnya. Misalnya saja, ada beberapa lagu yang dapat membuat para pendengarnya menjadi termotivasi karena lirik yang terkandung di dalamnya. Atau ada pula seorang videografer yang akhirnya terpacu untuk membuat sebuah karya karena merasa ingin merefleksikan lagu favoritnya menjadi sebuah karya yang berbeda. Lalu bagaimana dengan para marketers? Apakah musik juga dapat berpengaruh bagi brand?

Kalau melihat dari sisi dunia marketing, musik sendiri sebenarnya dapat memberikan banyak pelajaran berharga bagi marketers. Mungkin tidak musik secara langsung dalam artian bukan dari sisi melodi, lirik atau pun berbagai unsur yang dapat membentuk sebuah lagu, tetapi brand sendiri dapat belajar dari para musisi yang terlibat di dalamnya atau pun dari industri musik itu sendiri.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Salah satu pelajaran penting yang dapat dipelajari marketers dari industri musik adalah bagaimana para artis atau pun label yang menaunginya harus dapat cepat beradaptasi dengan segala perkembangan. Dulu mereka harus menjual secara cepat musik mereka lewat album fisik yang mereka keluarkan, sementara saat ini mereka haruslah dapat mengembangkan cara promosi mereka sehingga masyarakat luas bisa mendapat perhatian dan mau membelinya secara digital dan legal.

Bukan hanya tentang cara promosi, pelajaran lain yang bisa didapatkan brand dari industri musik antara lain adalah mengenai cara mencuri perhatian (brand awareness), membangun loyalitas, mendorong aksi, hingga bagaimana cara mengedukasi dan menghibur lewat konten yang disajikan.

Mencuri perhatian

Bisa dibilang saat ini membuat karya musik sudah lebih mudah dibanding beberapa tahun lalu. Kini, lewat beragam software komputer, seseorang sudah bisa membuat kualitas musik yang apik dan siap edar. Bukan hanya soal produksi, dari sisi distribusi pun kini para musisi sudah mulai dimanjakan. Dengan adanya media sosial mempromosikan karya dan mencuri perhatian masyarakat pun seakan menjadi lebih cepat. Maka itu, dalam lautan industri yang luas dan ketat ini, para musisi harus benar-benar dapat menonjolkan keunikan mereka dibanding para pesaingnya sehingga tidak membuat orang lain menjadi bosan karena merasa mendengarkan karya yang monoton sehingga memilih mencari karya lainnya.

“Menjadi berbeda” kini benar-benar dalam tingkat yang baru, dan hal ini yang dapat menjadi pelajaran penting bagi para marketers dalam menyampaikan konten mereka. Karena dengan menjadi beda ini pada akhirnya yang akan membuat masyarakat mau untuk teribat dengan konten, lalu menjadi fans sehingga meningkatkan perkembangan bisnis yang dikelola.

Membangun brand loyalty

Di industri musik, banyak yang menganggap bahwa bisa dibilang fans sama artinya dengan konsumen, namun perbedaan antara konsumen dengan fans adalah konsumen akan mengonsumsi konten karena merasa berguna bagi dirinya, sementara fans dapat "menelan mentah-mentah" segala karya yang diciptakan oleh idolanya. Karena itu, para marketers dapat mempelajari dari para musisi bagaimana cara merangkul konsumen sehingga mau menjadi fans dan loyal dengan segala karya yang diciptakannya.

Seperti yang dilakukan oleh para musisi, salah satu cara untuk bisa meningkatkan loyalitas masyarakat adalah dengan memberikan nama fanbase dari komunitas pecinta musik mereka. Dengan begitu, masyarakat tidak merasa asing dan merasa memiliki identitas yang sama. Dan dari situ akhirnya loyalitas terbentuk karena perasaan saling memiliki tersebut.

Mendorong aksi

Banyak musisi yang membuat musik dengan tujuan agar karya mereka banyak didengarkan oleh orang sehingga dapat berujung pada meningkatnya fans dan penjualan album mereka. Dan hal yang dapat kita petik dari para musisi ini adalah, kita perlu membuat konten yang unik, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat dan membuat mereka mau terlibat seperti membagikannya dalam akun media sosial pribadi mereka, hingga akhirnya banyak yang mengenal dan mau mengonsumsi apa yang telah disajikan.

Bukan hanya soal membuat karya yang baik, saat ini para pelaku industri musik juga memiliki cara untuk mempromosikan lagu. Misalnya saja #InMyFeelingsChallenge atau yang lebih dikenal dengan “Keke Challenge” di mana Drake mempromosikan lagunya dengan mengajak para penggemarnya untuk membuat sebuah tarian. Dari tantangan tersebut akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti dan mendengar lagu yang sedang dipromosikan. Hasilnya, banyak masyarakat yang menyukai lagu tersebut dan menaikkan jumlah fans.

Konten untuk mengedukasi sekaligus menghibur

Di masa sekarang ini, fans tidak hanya menuntut sebuah karya yang baik tetapi dia juga memiliki kenginan untuk mengenal lebih jauh idola mereka tersebut. Alasannya saat ini cerita di balik sebuah lagu menjadi hal yang penting untuk mereka ketahui. Karena hal tersebut, banyak artis yang kini membagikan kehidupan sehari-hari mereka dengan membuat video singkat mengenai bagaimana mereka sedang melakukan rekaman atau hal-hal di balik layar ketika sedang melakukan tur.

Sisi kemanusiaan ini yang juga kerap membuat artis lebih disenangi oleh para fans mereka dan membuat mereka menjadi lebih fanatik lagi. Maka itu, salah satu hal yang bisa dilakukan brand adalah menjadi “manusia” misalnya dengan menampilkan konten-konten behind the scene seperti yang dilakukan oleh para musisi ini. Dengan begitu masyarakat merasa memiliki kedekatan dengan brand terkait.

Cerita-cerita inspirasi di balik lagu juga menjadi satu hal yang menarik perhatian seseorang saat ini. Karena hal ini pula yang membuat perasaan yang disalurkan oleh musisi bisa sampai ke para pendengar mereka.

Baca Juga: Mempelajari Strategi Content Marketing dari Para Musisi

Industri musik memang dapat memberikan banyak inspirasi bagi para marketers, mulai dari taktik meningkatkan awareness, cara berpromosi, hingga taktik untuk mendorong penjualan. Melihat brand dari kacamata seorang artis memang dapat meningkatkan hasil yang efektif dalam upaya marketing yang dijalankan.

Ingin bekerja sama dengan marketing strategis ternama di Indonesia? Klik link berikut!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles