Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Manfaat Implementasi CRM dalam Pemasaran

By
iMarketology
 •
May 19, 2020

Apakah Anda pernah mulai kewalahan dalam mengelola segala administrasi bisnis yang berhubungan dengan para calon pelanggan dan pelanggan? Atau pernah mengalami kesulitan dalam meningkatkan penjualan dari tahun ke tahun?Tak hanya pertanyaan semacam ini, ada pula pertanyaan yang kerap ditemui perusahaan seperti, "Apakah perusahaan Anda mengalami kesulitan dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan?" 

Apabila perusahaan Anda mengalami hal-hal tersebut, mungkin ini sudah saatnya untuk menerapkan Customer Relationship Management atau CRM

CRM adalah manajemen segala aspek dalam hubungan antara perusahaan dengan para calon pelanggan dan pelanggannya, yang mengintegrasikan sumber daya manusia, proses bisnis dan teknologi dalam proses manajemennya.

Sumber daya manusia yang dimaksud dalam CRM adalah para karyawan di departemen penjualan dan pemasaran perusahaan, serta para calon pelanggan dan pelanggan. Proses bisnis yang dimaksud adalah proses dan administrasi yang terjadi dimulai dari sejak calon pelanggan mulai berkenalan dengan perusahaan, sampai menjadi pelanggan kemudian loyal terhadap brand terkait. Sedangkan, yang dimaksud dengan teknologi adalah software dan hardware komputer yang berperan dalam mendukung implementasi CRM di perusahaan.

Baca juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Tujuan dari implementasi CRM

Tiga tujuan utama dari implementasi CRM adalah:

  1. Meningkatkan penjualan dengan menambah para pelanggan baru. Implementasi CRM pada prosesnya akan membantu dan mempermudah melakukan konversi para calon pelanggan menjadi pelanggan.
  2. Meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan yang sudah ada.
  3. Mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada.

Baca Juga: Berbagai Tipe Konten untuk Menjaga Loyalitas Konsumen

Manfaat CRM dalam pemasaran

Implementasi CRM pada perusahaan dapat memberikan banyak manfaat dalam pemasaran, seperti:

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan administrasi perusahaan dalam menjalin hubungan dengan para calon pelanggan atau pelanggan. Dengan melakukan implementasi CRM, memungkinkan sebuah perusahaan untuk bisa melakukan administrasi hubungan dengan para konsumen atau pelanggan potensial dengan lebih rapi, hemat waktu dan hemat biaya operasional. Contoh administrasi perusahaan ini seperti, administrasi dokumen elektronis penawaran penjualan, purchase order, invoice, dan lain sebagainya.

Mempermudah pengelolaan dan meningkatkan kualitas komunikasi perusahaan dengan para calon pelanggan dan pelanggan. Bagian lain dari CRM adalah pengelolaan komunikasi perusahaan dengan para calon pelanggan dan pelanggan, misalnya saja melalui email atau call center perusahaan. Dan dengan CRM, respond time atas inisiatif komunikasi dari para calon pelanggan dan pelanggan menjadi lebih bisa dipersingkat, jawaban-jawaban yang diberikan oleh para tenaga penjualan dan customer service kepada para konsumen pun lebih berkualitas. Selain itu, biaya operasional untuk melakukan penjualan dan memberikan pelayanan kepada para pelanggan bisa menjadi lebih efisien.

CRM bisa menghasilkan data dan informasi yang akurat, detail dan penting untuk melakukan analisa dan pembuatan keputusan strategis yang berhubungan dengan pemasaran. Administrasi hubungan dan komunikasi perusahaan dengan para pelanggan yang tercatat dan tersimpan rapi secara elektronis di database software CRM, akan berguna sekali untuk menghasilkan data ataupun informasi yang berguna untuk melakukan analisis dan pembuatan keputusan strategis yang berhubungan dengan pemasaran.

Data dan informasi berguna yang bisa dihasilkan dari CRM misalnya produktivitas tenaga penjualan per orang, respond time departemen pelayanan pelanggan, efektivitas sebuah kampanye pemasaran dibandingkan dengan peningkatan penjualan yang terjadi, persentase penjualan yang terjadi dari pelanggan lama dibandingkan pelanggan baru, dan lain sebagainya.

Dapat meningkatkan penjualan. Hubungan dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara perusahaan dengan para calon pelanggan melalui bantuan CRM ini pada akhirnya akan mempermudah perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Meningkatkan loyalitas pelanggan. CRM juga mempermudah untuk mengenal secara detail dan menganalisis perilaku para pelanggan yang sudah ada. Hal ini akan sangat berguna bagi para Marketing Manager atau Direktur Marketing untuk melakukan kampanye pemasaran atau mengambil keputusan strategis dalam rangka meningkatkan loyalitas para pelanggan yang sudah ada.

Klik di sini untuk menemukan para profesional yang bisa membantu Anda dalam mengimplementasikan CRM!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles