Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Keuntungan Melakukan Influencer Marketing untuk Brand

By
GetCraft
 •
May 26, 2020

Berhubung influencer marketing sedang hype di kalangan brand-brand besar maupun brand baru, tantangan menjalankan strategi ini pun semakin besar. Menantang tidak selalu berarti buruk, karena ternyata, influencer marketing terbukti memberikan sangat banyak keuntungan bagi para brand. Sebut saja brand awareness, trusted content dan traffic yang baik--hal-hal tersebut hanyalah sedikit dari banyak keuntungan lainnya.

Memang, untuk brand yang mungkin belum pernah menjalankan strategi influencer marketing, bentuk ini terdengar tidak menjanjikan. Maka itu, ada baiknya Anda mengerti dulu apa itu influencer marketing.

Baca Juga: Memahami Influencer Marketing

Termasuk ke dalam native advertising, bentuk influencer marketing ini sering ditampilkan dalam bentuk konten berbayar pada influencer (user di media sosial yang memiliki jumlah followers tertentu dan punya kredibilitas di salah satu industri yang spesifik; beauty, lifestyle, fashion, dan sebagainya) yang tidak kalah kualitas serta fungsinya dari media lain.

Konten segar

Salah satu keunggulan strategi influencer marketing yang dijelaskan Brama Danuwinata, Social Media Lead GrabID, adalah bisa mendapatkan konten segar yang dihasilkan oleh masing-masing influencer. Karena tiap-tiap influencer memiliki cara menulis konten yang berbeda dan berkarakter.

Brand dapat mengeksplorasi bentuk konten dengan menjadikan influencer sebagai media yang penuh kepribadian dan dekat dengan target pasar mereka (dalam hal ini tentunya followers dari influencer yang bersangkutan).

“Tantangannya, memang selalu datang jika para influencer tidak bisa atau manja dalam membuat isi konten. Manja dalam hal ini adalah meminta konten disediakan dari kami sebagai brand,” jelas Brama. Maka itu, riset dan background check sangatlah penting untuk brand saat menentukan influencer yang tepat dalam memasarkan campaign mereka.

Klik disini untuk bekerjasama dengan Influencer terbaik di Asia Tenggara

Terkadang, ada beberapa influencer yang malah menghambat karena kemalasan mereka dalam menulis konten. Brand juga harus membuat rencana antisipasi jika hal seperti ini terjadi saat berkolaborasi bersama para influencer.

Angka besar

Kejutan lainnya yang dijanjikan dari melakukan kegiatan influencer marketing adalah traffic dengan angka besar dari konten yang dihasilkan. Jika Anda sedang memulai bisnis baru, influencer marketing bisa menjadi jawaban untuk melakukan brand awareness pada langkah awal.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Kerap Terjadi dalam Influencer Marketing

Pemilihan influencer dari angka followers-nya, dimulai dari micro, macro hingga celebrity influencer akan bisa memudahkan brand menentukan ingin memulai brand awareness dari jenjang mana. Di luar dugaan, micro influencer sering menjadi pilihan pertama dari brand. Mengapa demikian? Selain brand dapat memaksimalkan efektivitas biaya, engagement yang didapat juga lebih besar.

Brama juga membenarkan keuntungan influencer marketing ini. Menurutnya, bentuk pemasaran ini cocok untuk brand yang menginginkan exposure untuk brand-nya. Dan bukannya tidak mungkin jika nantinya, akun media sosial brand menjadi sebuah media sendiri.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles