Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Apa Manfaat Social Media Listening Dalam Pemasaran?

By
iMarketology
 •
May 19, 2020

Menggunakan media sosial dalam pemasaran sudah menjadi suatu keharusan di era digital, karena akan membantu meningkatkan brand awareness hingga penjualan.

Penggunaan media sosial untuk pemasaran membuat perbincangan audiens di media sosial tentang brand dan perusahaan akan terjadi secara alamiah dan tidak bisa dihindari.

Namun, memanfaatkan media sosial tidaklah cukup dengan posting konten-konten digital pada akun perusahaan secara rutin, tetapi juga harus mendengarkan dan menganalisis apa yang diperbincangkan oleh audiens tentang brand dan perusahaan. Untuk itu, brand memerlukan social media listening.

Social media listening adalah kegiatan melacak, mengumpulkan, merespon, dan menganalisis perbincangan dan mention audiens di media sosial tentang brand, perusahaan, kompetitor, dan bidang industri Anda.

Social media listening terdiri dari dua bagian proses, yaitu social media monitoring dan analisis.

Social media monitoring adalah kegiatan melacak, mengumpulkan, dan merespon perbincangan dan mention audiens di media sosial tentang brand, perusahaan, pesaing, dan bidang industri Anda.

Bagian proses analisis adalah menganalisis segala data yang diperoleh melalui social media monitoring untuk membantu menentukan strategi pemasaran digital Anda berikutnya di media sosial.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan social media listening dalam pemasaran:

Mengetahui persepsi konsumen terhadap kompetitor dan efektivitas strategi kompetitor

Melakukan social media listening membuat Anda dapat mengetahui apa yang terjadi dan dilakukan oleh kompetitor. Beragam informasi lain mengenai kompetitor pun dapat kita temukan melalui kegiatan ini. Contohnya, seperti apa persepsi konsumen terhadap kompetitor, bagaimana strategi marketing yang mereka jalankan, dan lain sebagainya. Informasi-informasi yang didapatkan ini nantinya akan berguna dalam menentukan strategi pemasaran berikutnya. 

Mengetahui persepsi dan penerimaan pasar atas produk Anda

Selain dapat lebih memahami kompetitor, social media listening juga berfungsi untuk mengetahui bagaimana respon pasar atas produk yang Anda tawarkan. Berbagai pertanyaan seperti, apakah pasar sudah puas dengan produk yang ditawarkan, apakah harga juga produk tersebut sudah sesuai dengan target pasar, apakah konsumen mudah mendapatkan produk itu, hingga keluhan para konsumen terhadap produk yang disajikan dapat Anda dapatkan melalui kegiatan social media listening yang dilakukan. 

Informasi ini pun akan sangat membantu bagi brand ketika sedang menentukan strategi marketing yang akan dijalankan berikutnya. 

Mengetahui harapan konsumen yang belum terpenuhi

Setiap konsumen tentu memiliki harapan tersendiri terhadap brand yang disenanginya. Nah, untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan para pelanggan ini dapat ditemukan brand melalui social media listening yang dijalaninya. Dengan begitu, para marketers menjadi tahu seperti apa kebutuhan dan keinginan para pelanggan sehingga perkembangan brand dapat menjadi lebih baik. 

Salah satu contoh brand yang berhasil memenuhi harapan konsumen hingga meningkatkan perkembangan brand melalui social media listening adalah Nestle. Mereka melihat banyak percakapan di media sosial, bahwa konsumen menginginkan mesin pembuat kopi yang sederhana untuk keperluan sehari-hari di rumah, berdasarkan informasi yang didapat melalui tersebut, akhirnya Nestle membuat dan meluncurkan produk mesin pembuat kopi bernama Dolce Gusto.

Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan lebih baik

Tidak semua keluhan pelanggan dapat tersalurkan kepada perusahaan melalui kanal pelayanan pelanggan resmi yang disediakan perusahaan. Bisa jadi, karena tidak tahu atau malas, pelanggan Anda hanya memberikan komentar-komentar negatif tentang brand atau produk di media sosial.

Dengan melakukan social media listening, perusahaan bisa dengan mudah menemukan komentar-komentar negatif pelanggan seperti ini, lalu segera memberikan respon positif beserta solusinya kepada pelanggan tersebut. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan merasa diperhatikan dan berbalik memberikan komentar yang positif.

Baca Juga: Memahami Jenis-Jenis Media Sosial

Kesimpulan

Melakukan social media listening memang menjadi penting bagi perusahaan. Karena dengan melakukan kegiatan tersebut bisa membuat brand bisa lebih mengetahui keadaan pasar dan audiens hingga bisa memicu perkembangan brand menjadi ke arah yang lebih baik lagi. 

Klik di sini untuk menemukan para profesional yang bisa membantu Social Media Listening Anda !

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles