Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Alasan Bisnis Anda Perlu Mencoba Instagram Takeover

By
Kalya Risangdaru
 •
May 26, 2020

Kegiatan pemasaran melalui influencer media sosial di Instagarm bisa jadi pilihan taktik untuk membangun awareness, menarik keterlibatan (engagement), ataupun menjaring pelanggan baru untuk brand Anda. Salah satu metodenya adalah Instagram Takeover.

Kalau sebelumnya pernah bekerja sama dengan influencer dengan cara melakukan konten berbayar (sponsored content), Instagram Takeover ini bisa jadi cara lain untuk meningkatkan exposure terhadap brand Anda, sekaligus tetap menyuguhkan konten menarik untuk audiens.

Baca Juga: Memahami Influencer Marketing

Instagram Takeover merupakan salah satu metode atau tipe campaign dalam influencer marketing, saat influencer membuat dan sharing konten melalui (atau log in ke dalam) akun brand Anda. Ketentuan tentang seperti apa konten yang dimuat juga sudah mesti ditentukan pada awal prosesnya.

Maka itu, pastikan bahwa si influencer mengerti betul tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka posting, juga hal-hal lain yang penting diketahui terkait brand Anda. Apalagi kalau brand Anda punya ketentuan atau terkait dengan regulasi komersial dan pemasaran yang cukup ketat.

Tentunya, sebelum konten-konten dari influencer itu di-publish, sebagai pengelola channel, Anda tetap mesti mengecek dan melakukan approval sebelum konten akhirnya ditayangkan. Kalau dilakukan dengan cara dan proses yang benar, taktik ini bisa memberikan hasil efisien karena ada potensi kolaborasi dan cross-promoting content di media sosial.

Lalu, apa saja keuntungan lain dari menerapkan tipe campaign ini?

Menarik perhatian kelompok audiens niche

Kemungkinan cross-promoting content dari Instagram Takeover ini memungkinkan Anda mengekspos kelompok audiens yang belum pernah melihat konten Anda, atau bahkan belum mengetahui eksistensi brand Anda di media sosial.

Bayangkan, seperti program televisi yang mengundang selebriti, dengan basis fans besar dan belum pernah menonton acara tersebut sebelumnya. Karena idolanya tampil di acara itu, fans pun jadi menyetel program itu dan menontonnya. Jadi takeover semacam ini memberikan kesempatan Anda untuk menjangkau kelompok audiens baru dan niche, untuk terkoneksi dengan brand Anda.

Mendapatkan kredibilitas secara instan

Model ini juga bisa dipertimbangkan sebagai influencer marketing yang relatif mudah dan murah. Alasannya, audiens yang disasar pada umumnya mengikuti infuencer tertentu di media sosial. Maka itu, salah satu cara efektif mendapatkan kepercayaan mereka adalah dengan menunjukkan bahwa influencer terkait mendukung brand Anda.

Selain itu juga, Anda bisa mengelola alokasi budget secara lebih efisien. Mulai dari bekerja sama dengan satu influencer saja, baru kemudian, perlahan, meningkatkan jumlahnya seiring dengan terbangunnya relasi baik dengan influencer lainnya. Maka itu, lewat model takeover ini, koneksi Anda dengan berbagai influencer di media sosial juga makin menguat.

Menyuguhkan konten yang otentik dan menarik

Konten di channel media sosial Anda juga jadi lebih atraktif untuk diikuti karena ada konten dari influencer yang memiliki gaya bercerita otentik, tapi tetap sesuai dengan karakteristik brand Anda.

Konten yang tampil pun akan memberikan kesan fresh pada audiens yang sudah mengikuti akun media sosial brand Anda. Sementara untuk audiens yang belum mengikuti, jadi lebih ingin mengikuti akibat otentisitasnya; ketimbang hanya terjangkau via posting yang diiklankan di Instagram.

Baca Juga: Berbagai Tipe Influencer Marketing Campaign Berdasarkan Tujuan Pemasaran

Soal bentuk kontennya, si influencer bisa saja mendemonstrasikan produk atau jasa yang ditawarkan dengan konteks yang lebih dekat dengan audiens; sehingga pesan pemasaran yang ingin disampaikan pun lebih mudah diterima audiens yang disasar.

Menciptakan urgensi untuk audiens melakukan aksi tertentu yang diharapkan

Instagram Takeover umumnya berjalan dalam waktu singkat, sehingga ada unsur urgensi yang ditanamkan; terutama jika kontennya berisi promo online atau kontes. Dan dari situ, brand berpeluang memelihara relasi dengan audiens dengan cara mengajak mereka melakukan aksi tertentu pada konten yang dimuat si influencer, untuk engagement selanjutnya; misalnya, subscribe atau kode unik (voucher code).

Untuk terkoneksi dengan para influencer yang bisa membantu Anda untuk mulai menjalankan Instagram Takeover, marketplace kreator GetCraft adalah satu tempat untuk Anda memilih influencer yang tepat, berdasarkan kategori dan hasil tertentu yang diharapkan.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles