Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

5 Tips Memaksimalkan SEO Bagi Situs Brand

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Mesin pencarian seperti Google saat ini mempunyai kekuatan besar bagi perkembangan brand. Karena, kini mayoritas orang akan mencari suatu konten atau informasi mengenai apa pun dengan cara yang paling mudah: melalui mesin pencarian. Dan jika brand memiliki ranking yang tinggi pada mesin pencarian, maka akan membuat keberadaan brand lebih mudah disadari oleh audiens.

Karena hal tersebut pula, brand perlu menjadikan Search Engine Optimization (SEO) sebagai prioritas dalam strategi marketing yang mereka kelola. Ketika brand tidak dapat ditemukan melalui mesin pencarian, maka membuatnya menjadi sulit untuk menjaring leads.

Apalagi, 93% pengalaman masyarakat menggunakan internet dimulai dari menggunakan search engine. Ditambah, top result di Google akan memiliki kesempatan 33% untuk diklik. Dan hal ini berarti kalau brand kita bisa mendapat ranking yang tinggi, maka memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah traffic pada situs yang dikelola bahkan membantu dalam mengangkat jumlah sales suatu produk.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Lalu bagaimana caranya supaya SEO brand bisa menjadi lebih baik?

Memproduksi konten berkualitas

Hampir semua brand saat ini memiliki situs yang dikelolanya masing-masing. Namun kalau, situs tersebut tidak di-update, maka akan sulit untuk mendapat ranking SEO yang baik.

Jika, konten sudah diperbarui, hal yang perlu dilakukan untuk mendorong traffic dan meningkatkan popularitasnya adalah memberikan audiens alasan mengapa mereka ingin terus kembali pada situs tersebut. Dan untuk bisa mencapainya kita butuh untuk membuat konten yang berkualitas tinggi, relevan dan mengikuti tren yang berkembang.

Salah satu faktor yang berpengaruh besar pada SEO adalah waktu kunjungan audiens, atau seberapa lama orang menghabiskan waktu di dalam situs yang kita kelola setiap kali mereka mengunjungi situs terkait.

Karena itu, kita perlu membuat situs yang menarik, fresh, dan juga memiliki informasi yang berharga, karena ini akan menjadi alasan para audiens akan terus menikmati suatu laman website.

Selain itu, cara lain agar konten dapat memiliki kualitas yang baik adalah menyampaikannya dengan teknik storytelling.

Hilangkan segala sesuatu yang bisa memperlambat situs

Kecepatan situs adalah faktor penting bagi SEO. Berdasarkan data dari Strange Loop, jika sebuah situs mengalami keterlambatan 1 detik ketika loading, maka dapat menurunkan tingkat konversi sebesar 7%.

Kecepatan situs memang vital bagi audiens maupun mesin pencarian. eConsultacy pernah menyebutkan bahwa 40% masyarakat akan meninggalkan sebuah situs jika memiliki waktu loading lebih dari 3 detik.

Utamakan audiens baru mesin pencarian

Mungkin sebagian orang membuat konten hanya dengan mementingkan SEO-friendly, tujuannya agar bisa mendapat ranking yang baik namun malah mengesampingkan kualitas konten. Padahal, hal seperti itu merupakan cara bermain SEO yang sudah ketinggalan zaman. Dan cara bermain SEO yang baru adalah kita perlu fokus pada bagaimana seseorang akan tertarik dengan produk atau brand, dan salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang memiliki nilai.

Ketika membuat sebuah konten, kita tetap perlu memprioritaskan bagaimana konten tersebut dapat menarik bagi masyarkat dibandingkan mesin. Karena biar bagaimanapun audienslah yang akan membeli produk yang ditawarkan dan menjadi pelanggan loyal.

Pentingnya meta description yang unik dan relevan

Elemen berikutnya yang penting untuk dioptimasi adalah meta description. Karena meta description ini merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh audiens ketika mereka mencari sesuatu di dalam mesin pencarian.

Google pun memberikan tips dalam membuat meta description yang baik.

Buat secara deskriptif: pastikan keyword relevan dengan artikel. Mungkin kita bisa membuat meta description ini dengan formula 5W+1H. Dan biasanya deskripsi seperti ini dapat bekerja secara optimal.

Buat secara unik: Setiap meta description yang kita buat sebaiknya berbeda dari deskripsi pada konten atau halaman lain.

Buat secara singkat: Batas terbaik yang diberikan Google bagi meta description berjumlah 160 karakter atau kurang.

Maksimalkan aset gambar

Setiap aset gambar merupakan elemen penting dalam menunjang SEO. Dan faktor penting bagi kemajuan ranking SEO adalah format file dan ukuran.

Jika gambar terlalu besar maka dapat memperlambat loading page pada situs, dan hal ini akan merusak ranking SEO tersebut. Maka itu, setiap gambar perlu diedit ukurannya atau dikompres agar dapat lebih optimal.

Selain itu agar gambar dapat bekerja dengan baik, kita perlu untuk memasukkan keyword yang tepat pada gambar tersebut. Kita dapat mengisinya dengan keyword-keyword yang spesifik sesuai industri yang dijalankan.

Baca Juga: Tips Mengoptimalkan Gambar untuk Mendukung SEO

SEO merupakan cara agar brand dapat lebih mudah ditemukan oleh masyarakat. Dan memiliki ranking yang baik pada mesin pencarian ini akan membantu brand untuk lebih mudah dikenali masyarakat hingga akhirnya dapat membantu perkembangan ke arah yang lebih baik.

Ingin agar situs yang Anda kelola ramah SEO dan memperbesar peluang untuk mendapat ranking tinggi paa mesin pencarian? Download dan ikuti panduan SEO berikut!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles