Apa yang Perlu Diperhatikan Brand dalam Membangun Strategi Marketing?

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Perkembangan tren dunia marketing selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Karena perubahannya begitu cepat, brand dituntut secara proaktif untuk segera memutar strategi mereka agar bisa mencapai sasaran audiens dengan lebih cepat, efektif dan efisien, demi mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Kemajuan teknologi bisa dibilang menjadi salah satu penyebab yang membuat industri marketing kini sudah jauh berbeda dibandingkan beberapa dekade silam. Ditambah dengan perubahan perilaku masyarakat, pendekatan yang dilakukan brand terhadap sasaran pasar turut mengalami penyesuaian.

Namun, karena para brand terus mencari formula yang tepat untuk memikat perhatian masyarakat, konten yang tersaji di tengah masyarakat menjadi lebih beragam dan menarik. Hal ini pula yang menyebabkan perkembangan dunia marketing menjadi banyak dibicarakan di luar kalangan marketers, yakni oleh masyarakat umum juga.

Selain konten, hal yang tak kalah menarik untuk ditelisik adalah bagaimana strategi dari para brand untuk bisa memancing perhatian masyarakat. Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal yang penting diperhatikan dalam membangun strategi marketing, Academy mewawancarai salah satu petinggi di GetCraft, Sapto Handriyanto selaku Sr. VP Strategy GetCraft, mengenai tren marketing dan polah strategi marketing saat ini.

Memahami Apa itu Content Marketing

Sapto Handriyanto selaku Sr. VP Strategy GetCraft

Menurut Anda, bagaimana tren marketing saat ini?

Pesatnya teknologi digital dan internet membuat marketing berevolusi dengan sangat cepat. Sebelumnya, marketing merupakan istilah yang merepresentasikan pasar (market), di mana di dalamnya ada sekumpulan orang atau individual dengan kebutuhan dan ketertarikan (interest) yang sama terhadap kategori produk atau jasa yang dijual. Sehingga marketing adalah upaya memasarkan produk atau jasa tersebut kepada sekelompok orang-orang ini.

Sekarang, marketing tidak hanya mampu menjangkau kelompok-kelompok tersebut dengan lebih efektif, marketing bahkan bisa menjangkau tiap individu dengan efektif pula.

Apa saja hal yang penting diperhatikan saat membangun strategi marketing yang relevan dengan tren saat ini?

Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh setiap marketer:

- Siapa target market untuk brand yang ditawarkan. Pahami kebutuhan dan/atau permasalahan mereka tentang kategori di mana brand tersebut berada.

- Bagaimana brand bisa menciptakan relevansi terhadap target market, artinya bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen.

Dengan meramu dua hal tersebut, maka tingkat kesuksesan strategi marketing akan lebih tinggi.

Apa tantangan yang biasa dihadapi saat pengembangan strategi marketing?

Seringkali marketer hanya fokus pada benefit dan keunggulan brand. Mereka lupa bahwa apa yang menurut mereka baik belum tentu dipersepsikan sama oleh target market-nya. Apalagi tren hyper-personalized yang dimungkinkan oleh teknologi membuat setiap individu bisa mempunyai persepsi yang sangat berbeda tentang brand yang sama. Suami dan istri saja bisa punya pendapat yang berbeda terhadap suatu brand.

Karenanya, push strategy tidak lagi seefektif dahulu. Era di mana konsumen hanya bisa menerima informasi satu arah sudah lama hilang. Sekarang adalah era di mana konsumen mempunyai power untuk mencari-membandingkan-menawar-mencoba-membagi pengalaman mengenai sebuah brand.

Pull strategy menjadi pilihan yang lebih rasional. Brand bisa mengedukasi konsumen dan memberikan mereka akses untuk pengembangan brand. Dengan demikian, brand punya ikatan yang lebih kuat dengan konsumennya, dan si konsumen pun bangga atau puas, sampai mau membagikan pengalamannya ke orang lain.

Apa yang GetCraft tawarkan sebagai solusi untuk menjawab tantangan tersebut?

GetCraft adalah network yang berisikan >60.000 creators. Di getcraft.com, marketers dapat memilah dan memilih ribuan creative talents untuk membantu mereka merancang dan mengeksekusi marketing plan mereka. Mulai dari strategy/creative development-production-distribution, sampai dengan evaluation & optimization. GetCraft membuat perencanaan marketing menjadi mudah dan efisien.

Bagaimana solusi itu akan mengatasi tantangan tersebut?

Pilihan yang lebih beragam dari sisi harga dan kualitas akan membantu marketers untuk memaksimalkan upaya pemasarannya. Dengan demikian, upaya untuk membuat 360 marketing plan bisa dilakukan dan dieksekusi.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:

Related articles