Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Sejumlah Tools Gratis untuk Meningkatkan Performa Content Marketing

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 26, 2020

Saat menjalankan bisnis startup biasanya kita mengalami kesulitan untuk mencapai audiens. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mencapai hal itu adalah dengan membangun kampanye content marketing.

Banyak marketers yang menyadari fungsi penting dari content marketing, seperti sebagai cara promosi yang efektif, membangun brand awareness, dan juga untuk branding suatu produk. Walau begitu, terkadang kita suka merasa kesulitan ketika menjalankan strategi marketing ini. Entah, karena performanya yang tidak maksimal atau produktivitas yang tidak berkembang.

Selain mencari dan menjalankan strategi yang tepat, salah satu cara untuk bisa mengoptimalkan content marketing adalah menggunakan beragam tools.

Berikut perangkat yang dapat membantu efektivitas content marketing yang kita jalankan, dan lagi beberapa perangkat di bawah ini juga gratis, sehingga tidak memberikan beban bagi perusahaan startup yang dijalankan.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Mendistribusikan email marketing melalui Mail Chimp

Salah satu bentuk konten yang terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan adalah email marketing. Dan tool yang tepat untuk bisa meningkatkan performa email kita adalah Mail Chimp. Bahkan, di dalam homepage-nya, Mail Chimp mengatakan “Send Better Email, Sell More Stuff”.

Mail Chimp merupakan tools content marketing yang mudah digunakan dengan template email yang gratis dan formulir pendaftaran yang dapat kita bentuk sendiri. Selain itu, perangkat ini akan membantu untuk menelusuri performa content marketing yang dijalankan melalui report yang sudah terkandung di dalamnya.

Dan dengan perencanaan yang gratis ini, membuat kita dapat mengirimkan 12.000 email kepada 20,000 subscriber selama satu bulan. Dan hal ini membuat Mail Chimp merupakan tools yang sangat tepat bagi perusahaan startup.

Memahami Apa itu Content Marketing

Me-manage aktivitas media sosial dengan Buffer

Selain membuat content marketing, tentunya kita juga butuh channel pendistribusian yang tepat agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, seperti menyampaikan konten melalui media sosial. Dan perangkat yang dapat membantu dalam pengelolaan media sosial ini adalah Buffer.

Melalui tools ini, kita dapat mengatur pesan apa yang ingin disampaikan, menjadwalkan dan mem-posting konten serta mengukur aktivitas yang terjadi di media sosial.

Dengan begitu kita dapat memastikan kalau kita menyiarkan konten pada waktu yang tepat dan diterima orang yang tepat. Tidak hanya itu, kita juga bisa menganalisis seperti apa aktivitas yang terjadi dalam media sosial dan bisa mengoptimalkannya, sehingga content marketing dapat berjalan dengan lebih efektif.

Memahami Apa itu Content Marketing

Mencari tahu kekuatan konten dengan bantuan Hot Jar

Hot Jar akan membuat kita dapat menyelami konten lebih dalam lagi. Kelebihan tools ini yaitu kita bisa mengetahui seperti apa perilaku para audiens. Selain itu, Hot Jar juga memiliki kemampuan untuk memperlihatkan bagian website atau konten mana yang biasanya mengalami penurunan pengunjung.

Sehingga kita bisa mendapatkan berbagai insight mengenai laman yang paling banyak menarik minat keterlibatan (engagement) dari audiens, dan ini akan membantu konten seperti apa yang dapat kita perkuat dan juga tingkatkan performanya. Dengan begitu kita dapat dengan mudah mempelajari struktur terbaik dari blog yang kita tampilkan kepada pembaca, dan mengurangi kesalahan yang biasa kita lakukan.

Tools ini juga bisa membantu kita dalam merekrut tester dan mendapatkan timbal baliknya, sehingga kita dapat mencari tahu apa yang perlu ditingkatkan dari konten dan website kita, dan membuat konten yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Dan konten tadi akhirnya dapat menjadi satu media utama agar masyarakat mau menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Sejumlah Tools Gratis untuk Meningkatkan Performa Content Marketing

Menganalisis konten dengan Google Analytics

Satu hal yang perlu kita lakukan dalam menjalani content marketing adalah mengukur performanya. Dan untuk bisa mengetahui gambaran lengkap mengenai audiens, kita dapat terbantu dengan menggunakan Google Analytics.

Dan beberapa aspek yang dapat kita cari informasinya melalui tools ini antara lain, berapa banyak audiens yang masuk ke dalam website kita, dari mana mereka dapat menemukannya, berapa traffic yang berhasil kita dapatkan melalui content marketing yang dijalankan dan lain sebagainya.

Dengan kemudahan analisis yang diberikan, akan membuat kita mengetahui apa yang harus kita lakukan selanjutnya supaya campaign dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Sejumlah Tools Gratis untuk Meningkatkan Performa Content Marketing

Mempermanis bentuk content marketing dengan Canva

Supaya tidak membosankan, kita dapat mendesain content marketing secara cantik agar semakin banyak masyarakat yang mau klik dan membaca konten yang disajikan. Dan agar dapat membuat tampilan itu menjadi lebih bagus dan tidak monoton kita dapat memanfaatkan platform Canva.

Kemudahan yang diberikan oleh Canva yaitu, sudah menyediakan berbagai tipe layout dan templates gratis yang dapat dipakai, sehingga kita dapat membuat sesuatu yang sesuai dan disukai oleh audiens tanpa harus kehilangan banyak waktu.

Selain itu, dengan Canva kita juga bisa membuat gambar yang menarik perhatian sehingga banyak orang yang mau mengunjungi website yang sudah kita bangun tersebut. Karena biar bagaimana pun, gambar yang menarik akan membantu meningkatkan performa dari content marketing yang kita jalankan.

Sejumlah Tools Gratis untuk Meningkatkan Performa Content Marketing

Baca Juga: Optimalisasi dengan A/B Testing untuk Meningkatkan Performa Content

Mungkin banyak pemilik perusahaan startup yang masih ragu untuk menjalankan content marketing karena takut harus mengeluarkan banyak biaya tetapi tetap tidak bisa mencapai KPI yang sudah ditentukan. Namun pada kenyataannya dengan membangun content marketing sebenarnya dapat menjadi satu cara untuk dapat meningkatkan penjualan, dan berbagai tools gratis yang dapat membantu untuk mengoptimalkannya.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles