Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Studi Kasus: 3 Campaign Video Marketing yang Berhasil Meraih Objektif Brand Awareness

By
GetCraft
 •
May 26, 2020

Kita tentu sering mendengar kalau video merupakan konten yang powerful untuk menarik minat audiens. Menurut data terakhir dari Nielsen Global Trust in Advertising Report, 48% pelanggan itu mempercayai rekomendasi dalam bentuk video advertising online.

Selain itu, di dalam risetnya, emarketer juga menungkapkan bahwa hampir 52% marketers di seluruh dunia menyatakan kalau video adalah bentuk konten dengan return of investment (ROI) terbaik.

Data-data di atas mungkin dapat menjadi acuan bahwa video marketing memang memiliki beragam manfaat bagi sebuah brand, dan salah satunya adalah untuk mendapatkan dan meningkatkan awareness dari masyarakat.

Alasannya, karena penuh dengan audiovisual membuat konten video menjadi lebih mudah untuk dikonsumsi oleh audiens sehingga dapat lebih menarik perhatian mereka. Dan bentuk video yang tidak kaku (tidak seperti teks yang berisi tulisan), juga kerap mengundang masyarakat untuk mau share konten tersebut ke berbagai channel media pribadi mereka, seperti membagikannya lewat media sosial, blog dan lain sebagainya.

Baca Juga: Memahami Apa itu Video Marketing

Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah, seperti apa contoh campaign video marketing yang dapat meningkatkan awareness? Dan bagaimana hasilnya?

Berikut beberapa brand yang bekerja sama dengan GetCraft dan berhasil mencapai tujuan brand awareness berdasarkan ragam tipe kontennya.

Klik di sini untuk bekerjasama dengan videografer terbaik di Asia Tenggara

Tipe Konten : Web Series

Brand: 3M

Tujuan 3M mengadakan kampanye video marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dengan cara mendemonstrasikan bagaimana 3M memiliki impact yang besar pada pelanggan mereka.

Studi Kasus: 3 Campaign Video Marketing yang Berhasil Meraih Objektif Brand Awareness
Eksekusi

3M membuat 6 episode video serial dengan judul “Trio M - Hahameter” yang ditayangkan melalui channel YouTube brand terkait. Pada video tersebut, ikut diimbuhkan hashtag #LifeisScience sebagai bagian dari campaign video marketing ini.

Hasil

Konten video yang diproduksi oleh 3M ini ingin mengungkapkan bahwa social awareness, ilmu pengetahuan dan teknologi itu dapat bekerja dengan baik untuk menangkap ketertarikan audiens.

Pesan yang ingin disampaikan oleh 3M ini dapat dikatakan bisa diterima dengan baik oleh para audiens karena, di dalam video tersebut terdapat beberapa komentar dari audiens yang menyetujui bahwa di dalam hidup itu memang perlu untuk sadar akan kehidupan sosial.

Hasil dari konten video yang disajikan pada tanggal 8-22 Juli 2018 ini, di mana saat web series ini mulai ditayangkan, video ini berhasil menarik 78 subscriber baru ke dalam akun YouTube milik 3M. Dan juga sukses mendapatkan 93 likes, 18 comments, dan total 181.225 views dari estimasi 153.333 views atau menembus KPI sampai 118%.

Dari video 3M ini dapat dikatakan kalau video marketing berbentuk web series merupakan medium yang unggul untuk membangun rasa penasaran audiens walau tanpa harus memaksa memasukkan nilai brand di awal konten.

Tipe Konten : Influencers Campaign

Brand: Google Play

Melalui video marketing miliknya, Google Play membangun sebuah campaign untuk meningkatkan brand awarenss mereka dan agar semakin banyak masyarakat yang mau menggunakan fitur pembayaran terbaru milik Google Play ini.

Eksekusi

Dalam kampanye ini, Google Play bekerja sama dengan 3 Macro Youtuber yakni, Arief Muhammad, Edho Zell dan Bayu Skak dalam waktu 6 bulan untuk membuat beragam konten yang disiarkan secara bertahap.

Hasil

Campaign milik Google Play ini berhasil menarik 3.609.330 views dengan CPV sebesar US$ 0,019 termasuk biaya produksi. Dan konten milik Google Play ini juga mendatangkan total engagementsebanyak 106.300 likes.

Tipe Konten : Large Video Campaign

Brand: Chevrolet

Chevrolet Trax ingin dapat terhubung dengan target audiens utama mereka yaitu generasi millennials, dengan iklan digital yang tidak hanya seru tetapi juga mengundang engagement.

Eksekusi

Dengan tetap terpaku pada objektif tersebut, Chevrolet membuat 6 buah video kreatif bersama celebrity influencer papan atas, dengan menyentuh berbagai aspek gaya hidup anak muda yang berbeda.

Hasil

Hasilnya, campaign dari Chevrolet ini berhasil meraih lebih dari 600.000 views dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu saja.

Baca Juga: Studi Kasus Influencer Marketing yang Sukses

Beberapa contoh di atas dapat menjadi bukti bahwa video marketing memang mempunyai kekuatan dalam membangun dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap suatu brand. Banyak pula tipe konten yang dapat disesuaikan oleh brand sehingga dapat efektif mencapai hasil yang maksimal.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles