Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Memanfaatkan Hashtag Media Sosial untuk Mencapai Audiens

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 26, 2020

Melihat semakin berkembangnya media sosial saat ini, tentu para marketers sudah tidak asing lagi dengan yang namanya hashtags atau tagar. Dan ternyata, kalau dapat memanfaatkan hashtag secara strategis, hal ini akan membantu kita dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengimplementasikannya sehingga dapat memberikan keuntungan, seperti, memperluas jangkauan reach, memperkuat konten yang ditayangkan, mencapai target pasar, serta meningkatkan ranking pada mesin pencarian Google.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Lalu, hashtags penting apa saja yang bisa membantu dalam strategi marketing?

Riset sebelum menentukan hashtag yang digunakan

Dalam artikel-artikel sebelumnya, kerap kali diungkapkan betapa pentingnya melakukan riset sebelum menjalankan sebuah campaign, begitu pula dengan riset dalam menentukan hashtags dalam strategi pemasaran pada setiap channel media sosial.

Dengan melakukan riset, akan membuat kita menjadi tahu seperti apa volume dan frekuensi dari beragam posting yang berhubungan dengan hashtags yang sudah dipilih. Selain itu, kita bisa mencari tahu hashtag apa yang biasa menjadi trending namun masih memiliki benang merah dengan pesan brand yang ingin kita sampaikan.

Dan salah satu cara mudah untuk mengetahui hashtags yang mungkin kena sasaran, bisa dicari dari mempelajari hashtag-hashtag seperti apa yang biasa digunakan khalayak dan menarik minat target audiens untuk mau terlibat di dalam pembicaraannya. Atau kita juga bisa melakukannya dengan melakukan social media listening.

Hashtag brand dan campaign dalam setiap channel media sosial

Ketika menentukan sebuah brand hashtags, kita bisa menggunakan nama atau tagline brand agar audiens lebih cepat familier. Atau cara lain yang bisa kita lakukan yaitu dengan menggunakan kata-kata yang singkat namun unik, sehingga nantinya mudah diingat dan juga dapat mengundang masyarakat untuk mau menggunakan hashtag tersebut lewat konten pribadi mereka, dan hal ini akan membuat kita mendapatkan konten baru secara gratis melalui hashtags tersebut.

Selain itu, kita perlu menggunakan brand hashtags ini secara konsisten pada setiap channel media sosial yang dijalankan agar membuat audiens lebih cepat menangkap pesan yang ingin kita sampaikan.

Bukan hanya brand hashtags, tentunya kita juga membutuhkan campaign hashtags, yakni ketika sedang menjalani suatu kampanye. Salah satu fungsi dari menggunakan campaign hashtags ini yaitu untuk mendorong promosi atau kontes yang sedang kita jalankan, di mana hal ini akan sangat membantu peningkatan awareness dan engagement dari konten yang bersangkutan. Sama seperti brand hashtags, campaign hashtags ini perlu dibuat secara singkat dan unik agar mudah diingat audiens.

Satu hal yang dapat kita lakukan agar hashtag ini dapat berjalan maksimal adalah dengan terus memantau perkembangan volume dan peningkatan hashtag di media sosial khalayak, tentunya agar dapat segera mengetahui respon dari masyarakat terhadap hashtag terkait, dan jika dirasa kurang berhasil, dapat segera dicoba menaikkan hashtag lainnya.

Trending Hashtags

Kita bisa memanfaatkan trending hashtags supaya brand bisa ikut dalam pembicaraan menarik di tengah masyarakat. Namun kita tetap tidak bisa sembarangan mengikuti semua trending hashtags, tetapi harus memilih hashtags mana saja yang masih berhubungan dengan brand kita. Tujuannya, agar konten yang disajikan tidak dianggap spam oleh audiens dan tidak mengurangi kepercayaan mereka terhadap brand.

Menggunakan trending hashtags juga akan meningkatkan potensi kalau pesan brand kita dapat dilihat masyarakat luas, dan memberikan sedikit ketenaran dalam jangka waktu tertentu. Ini tentunya bisa memberikan keuntungan, terutama dalam hal menaikkan awareness dan engagement terhadap brand kita. Fungsi lain dari memanfaatkan trending hashtags ini yakni untuk terhubung dengan audiens baru serta meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan lama.

Content hashtags

Content hashtags biasanya bersifat umum, hanya berhubungan dengan konten yang ditayangkan dan tidak perlu spesifik mengandung pesan bisnis atau pemasaran dari brand. Karena fungsi utama dari content hashtags ini adalah untuk meningkatkan SEO dan agar para audiens terus mendapatkan update dari brand kita.

Beberapa kategori umum yang biasa digunakan untuk memperkuat hashtag ini antara lain, product hashtags, lifestyle hashtags, event hashtags, dan location hashtags.

Product hashtags

Biasanya masyarakat sering mencari dan menggunakan hashtag produk yang umum. Dan kita bisa menggunakan hashtags ini pula untuk mendapatkan perhatian audiens. Salah satu cara terbaik untuk mem-posting dengan hashtags produk adalah dengan memposisikan diri sebagai pelanggan, sehingga bisa memudahkan kita untuk menemukan hubungan antara produk dengan target audiens.

Lifestyle hashtags

Cara untuk bisa memasarkan produk kita kepada masyarakat dengan menggunakan lifestyle hashtags adalah dengan mencari tahu demografi gaya hidup para calon konsumen. Setelah menemukan demografi itu, kita bisa menenetukan lifestyle yang paling dekat dengan brand kita, menjadikannya hashtags dan menyertakannya pada beberapa konten, sehingga hal ini dapat membuat kita semakin cepat terhubung dengan para audiens.

Event hashtags

Hashtags berbasis event akan dapat menarik perhatian audiens jika kita masukkan di dalam update konten pada media sosial. Banyak pula event yang bisa disertakan untuk konten media sosial brand kita. Mulai dari acara yang diselenggarakan komunitas lokal sampai ke perayaan besar mendunia seperti Hari Bumi, Hari Ibu dan lain-lain. Atau kita juga bisa menggunakan hashtags event ini untuk acara yang diselenggarakan oleh brand kita sendiri seperti product launch atau live webinar.

Location Hashtags

Jika bisnis kita bergerak pada komunitas lokal, cara untuk memancing antusiasme para pelanggan adalah dengan menggunakan hashtag lokasi yang spesifik agar semakin banyak masyarakat di sekitar bisnis kita itu mengenal brand terkait. Misalnya seperti hashtags #Jakarta, #Bintaro, #Cibinong atau lokasi lainnya. Dan kedekatan itu yang nantinya akan membuat orang lain menjadi tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Baca Juga: Tips Menentukan Keywords untuk Meningkatkan Traffic Website

Hashtags pada akhirnya memang bisa menjadi alat untuk bisa memaksimalkan strategi marketing. Namun kita perlu menempatkannya secara tepat agar semakin banyak audiens tertarget bisa melihat dan ikut berpartisipasi dalam hashtags yang kita jalankan tersebut.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles