Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

JMM: Pentingnya Mengenal Audiens dalam Strategi Hyperlocal Marketing

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 24 Februari 2020, GetCraft bekerja sama dengan Loket.com mengadakan sesi diskusi Jakarta Marketers Meetup (JMM) dengan tema “Hyperlocal Marketing: What It Is Why It Works? How to Do It?” membahas seputar pentingnya menerapkan strategi hyperlocal marketing dalam mendukung perkembangan brand.

Event yang diselenggarakan di Go-Learn, Gojek Office, Jakarta Selatan ini mengundang beberapa pembicara yaitu,

  • Janoe Arijanto, Chairman P3I Indonesia & CEO, DentsuOne
  • Charlie Aziz, CEO Circa Ideaworks
  • Randu Zulmi, Head of Marketing Communication, XL Axiata
  • serta dimoderatori oleh Sapto Handriyanto, Sr. VP Strategies, GetCraft

Dalam event tersebut para pembicara dan moderator saling membahas pandangan mereka terhadap hyperlocal marketing ini. Dan berikut beberapa insight dari para pembicara JMM terkait topik di atas.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Memahami Apa itu Content Marketing

Menjalankan hyperlocal marketing

Setiap brand tentu memiliki mimpi agar produk atau jasa yang mereka tawarkan bersaing di pasar global dan digunakan oleh berbagai masyarakat dunia. Namun yang juga menarik, menurut Janoe Arijanto, Chairman P3I Indonesia & CEO, DentsuOne, dalam 10 tahun ini, brand ingin bersifat global tapi secara bersamaan ingin juga menjadi sangat lokal.

Salah satu alasan mengapa sejumlah brand tertarik untuk menampilkan "kearifan lokal" yang dimiliki adalah karena orang Indonesia sendiri saat ini semakin bangga dengan lokalitas brand yang ada di Indonesia. Maka itu, penting pula bagi brand untuk menjalankan strategi hyperlocal marketing ini guna dapat mencapai audiens dengan lebih tepat sasaran sehingga meningkatkan peluang agar masyarakat semakin mengenal brand dan memiliki keinginan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan brand terkait.

Memahami Apa itu Content Marketing

Dan satu hal yang penting dilakukan brand ketika ingin menjalankan strategi hyperlocal marketing adalah melakukan riset terlebih dahulu.

Dalam diskusi JMM lalu, Janoe sempat mengutarakan bahwa riset kualitatif dan kuantitatif diperlukan dalam menjalankan strategi hyperlocal marketing. Dan dengan melakukan riset ini maka, brand bisa mendapatkan aset penting yakni memiliki big data tentang audiens dan mengenal target pasar.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan data dan mengenal para target pasar, menurut Randu Zulmi cara yang efektif adalah dengan bertemu secara langsung dengan para konsumen.

Ketika sudah mengenal audiens, membuat brand memiliki keuntungan yakni dapat membuat desain komunikasi yang sesuai dengan target pasar di setiap daerah. Indonesia sendiri merupakan negeri yang luas dan kaya akan keberagaman. Maka setiap desain komunikasi yang dikembangkan pun perlu disesuaikan dengan setiap daerah yang disasar.

“Penting mengenal target audiens, tujuannya supaya brand dapat lebih humble dalam menyampaikan pesan,” ungkap Charlie Aziz, CEO Circa Ideaworks. Ketika menyampaikan pesan secara humble ini membuat audiens merasa memiliki kedekatan dengan brand sehingga mereka menjadi lebih tertarik untuk mau menggunakan produk atau jasa dari brand terkait.

Baca Juga: JMM: Mana yang Lebih Efisien? Tim Marketing Internal Atau Outsource?

Pada akhirnya memiliki big data tentang audiens dan benar-benar mengenal audiens menjadi kunci penting bagi brand agar dapat memenangkan perhatian audiens khususnya ketika brand menjalankan strategi hyperlocal marketing. Sehingga pesan yang disampaikan brand menjadi lebih relevan dan dapat disampaikan dengan cara yang tepat.

Hyperlocal (marketing) secara strategis mengirimkan pesan yang melebihi demogradis dan geografis. Maka penting bagi brand memiliki analytics,” ungkap Randu Zulmi, Head of Marketing Communication, XL Axiata.

Memahami Apa itu Content Marketing

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles