Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

5 Langkah Membuat Biodata Pembicara yang Menarik

By
MLR
 •
May 19, 2020

Dalam perencanaan pelaksanaan event marketing yang baik, biodata pembicara merupakan komponen penting terutama sebagai kegiatan promosi untuk mendorong aksi dari calon audiens.

Oleh karenanya, supaya dapat menarik perhatian calon pengunjung, brand sebaiknya membuat deskripsi pembicara yang bukan hanya berisi latar belakang pendidikan atau proyek terakhir dari si pembicara saja, tetapi juga perlu dituliskan secara menarik dan mengundang rasa penasaran. Dan berikut beberapa tip dalam menyusun biodata pembicara agar dapat menarik perhatian calon pengunjung pada event marketing yang diselenggarakan.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Jelaskan latar belakang pendidikan dan pengalaman

Latar belakang pendidikan dan pengalaman pembicara yang diundang pada acara marketing yang diselenggarakan haruslah jelas. Namun dibanding hanya menjabarkan fakta, biodata tersebut dapat dikemas menjadi sesuatu yang menggambarkan bagaimana keseharian pembicara tersebut, agar bisa lebih relate dengan keseharian kita.

Misalnya, alih-alih menjabarkan jika pembicara Anda yang bernama Janice adalah seseorang yang pernah berkuliah di Universitas Indonesia dari tahun 2010-2014, kita dapat menulisnya dengan:

“Janice pernah berkuliah dari tahun 2010-2014 di Universitas Indonesia, di mana dia meraih gelar Sarjana Ilmu Ekonomi. Selama berkuliah, Janice kebetulan cukup tertarik dalam bidang seni budidaya tanaman bonsai dan masih memiliki tiga pot bonsai kesayangan dari sejak tahun-tahun awal kuliahnya.”

Cantumkan nama, jabatan, dan afilasi

Gunakan nama yang diinginkan oleh pembicara dalam konteks profesional. Hal ini bisa menjadi nama panjang atau nama sebutan populer yang lebih dikenal secara luas. Atau apakah pembicara tersebut memiliki sebutan lain? Cantumkan juga beberapa alias yang mereka pakai dalam konteks professional agar para pengunjung mengetahui lebih lengkap siapa yang akan memberikan materi, sehingga dapat menarik mereka untuk mau mengikuti event teresebut.

Jangan lupa pula untuk mencantumkan jabatan/posisi pekerjaan mereka. Ungkapkan secara spesifik apa posisi dari pembicara dan apa saja afilasi mereka.

Afiliasi ini akan membantu para pengunjung untuk mendapatkan gambaran dengan lebih jelas mengenai sosok pembicara tersebut. Contohnya, ketika kita mengundang seorang penulis untuk acara diskusi di toko buku independen di kota A, cantumkan pula komunitas lokal tempat mereka mempublikasikan karya-karyanya agar memudahkan para pengunjung mendapatkan informasi dari tempat lain.

Dengan mencantumkan jabatan dan afiliasi pembicara, kita dapat membantu para pengunjung untuk lebih terlibat dalam acara marketing yang tengah disusun.

Bagikan pandangan unik mengenai pembicara Anda.

Dalam menjabarkan biodata pembicara, pastikan pula memasukkan pandangan dan kepribadian yang menarik tetang pembicara yang akan diundang.

Meski kita ingin pengunjung tahu siapa yang diundang secara profesional dan jelas, penting pula untuk memberitahu mereka bagaimana kepribadian si pembicara agar "mencairkan" suasana event. Bagikan pandangan unik pembicara seperti apa makanan kesukaannya atau bagaimana opininya terhadap fast food atau lain sebagainya.

Gunakan bahasa yang dimengerti oleh target market Anda

Dalam menyampaikan informasi mengenai pembicara, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu siapa yang menjadi target market. Tidak ada seorang individu yang sama, sebagaimana tidak ada target market yang generik. Biodata pembicara nantinya akan dibaca dan dibagikan kepada satu kelompok tertentu dengan ketertarikan, latar belakang, dan tujuan yang spesifik.

Untuk itu, sisihkan waktu demi mempelajari tata bahasa yang dapat dimengerti oleh target market yang disasar. Mudahnya, apa yang menarik untuk pembaca situs portal berita tidak akan sama menariknya untuk pendengar podcast, kelompok akademisi dari universitas tertentu, dan sebagainya. Jika pembicara tersebut memiliki anekdot atau sebuah cerita personal yang relevan dengan tema acara, segera bagikan di biodata pembicara agar menarik perhatian dan antisipasi acara yang akan digelar kelak.

Baca dan Download: Template Dokumen Ringkas Perencanaan Event

Jaga informasi tetap singkat

Biarpun para pengunjung ingin mengenal pembicara, pastikan biodata yang ditulis tidak terlalu panjang. Kecenderungan orang yang membaca adalah menghabiskan waktu mencerna informasi selama beberapa menit sebelum melanjutkan membaca ke poin selanjutnya.

Oleh karena itu, pastikan kita dapat mengemas biodata secara menarik dan buat mereka penasaran sehingga akhirnya memutuskan untuk datang ke acara marketing yang kita selenggarakan. Biodata pembicara yang menarik idealnya sepanjang 100-200 kata. Mengingat biodata ini merupakan rangkuman singkat pembicara yang diundang, jangan lupa membagikan situs atau portofolio yang dapat diakses oleh para pengunjung.

Perencanaan acara marketing yang baik dimulai dengan penyusunan biodata pembicara yang menarik. Dengan beberapa langkah yang telah dirangkum di atas, kita dapat menyusun biodata yang akan membuat siapapun yang menjadi target market tertarik dan langsung mendaftar untuk datang ke acara marketing yang diselenggarakan.

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles