Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

5 Contoh Podcast dari Brand Ternama di Dunia

By
iMarketology
 •
May 26, 2020

Walaupun saat ini Podcast terbilang bintang baru di dunia pemasaran digital, namun medium ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan ROI yang diinginkan brand dalam kampanye pemasaran digital mereka.

Secara global, sudah banyak brand yang menggunakan Podcast dalam kampanye pemasaran digitalnya, baik itu brand baru maupun yang sudah mapan di pasar.

Baca Juga: Peluang Brand dalam Menjaring Audiens Melalui Podcast

Dan berikut ini adalah 5 contoh Podcast terbaik yang dimiliki oleh brand.

“The Message” (Podcast milik perusahaan General Electric)

Tentu sudah banyak orang yang kenal dengan perusahaan multinasional General Electric (GE). Namun mungkin belum banyak yang sadar bahwa Podcast milik GE ini salah satu yang terbaik yang dimiliki oleh brand.

The Message” adalah nama Podcast milik GE yang berisi konten science fiction dan dikemas dalam gaya jurnalisme. Konten-kontennya menceritakan para ilmuwan yang bekerja untuk menerjemahkan pesan-pesan alien dari luar angkasa menggunakan teknologi yang dikembangkan dan dijual oleh GE. Konten-konten berseri The Message mampu membuat audiens “kecanduan” dan di sisi lain dapat pula mengomunikasikan pesan brand GE tentang berbagai produk dan teknologi yang dimilikinya.

Konten berseri The Message sempat menjadi pemenang penghargaan Cannes Gold Lion. Dari sekitar 2.900 audiens yang memberikan rating untuk The Message, nilai rata-ratanya adalah 4,4 (1 terendah dan 5 tertinggi).

”The Sauce” (Podcast milik perusahaan McDonald’s)

Kedua adalah Podcast “The Sauce” dari McDonald’s. Podcast ini dibuat sejak tahun 2018 oleh McDonald’s untuk menyelesaikan masalah Public Relation yang disebabkan oleh distribusi terbatas sebuah saus yang populer, Szechuan Sauce.

Konten “The Sauce” dikemas dalam gaya investigatif. Cara yang digunakan oleh McDonald’s untuk menyelesaikan masalah Public Relation tersebut menggunakan content marketing secara kreatif terbilang sebagai sebuah strategi yang unik dan efektif dalam rangka membangun ulang pesan brand.

”#LIPSTORIES” (Podcast milik perusahaan Sephora)

“#LIPSTORIES” adalah Podcast yang dibuat oleh Girlboss Radio yang bekerja sama dengan perusahaan Sephora. Podcast ini bercerita tentang produk lipstik dan para wanita yang inspiratif bagi audiensnya.

Setiap konten dari Podcast ini berisi pembicaraan antara Kristina Zias (Host) dan seorang bintang tamu wanita yang inspiratif atau berpengaruh bagi audiensnya. Konten dikemas dengan gaya santai, menyenangkan, dan percakapan yang jujur.

Setiap bintang tamu menceritakan tentang citra dirinya, bagaimana mereka bisa menjadi lebih percaya diri, perjalanan hidupnya dari masa kecil sampai hari ini - di mana mereka merasa cantik, berdaya, atau menyukai versi terbaik diri mereka sendiri.

Tujuan dari konten Podcast ini adalah untuk memberikan inspirasi dan semangat bagi para audiensnya, para wanita pemimpin, kreator, dan aktivis.

#LIPSTORIES menggunakan pendekatan content marketing yang kuat, dan menggunakan produk yang dikenali untuk mengkomunikasikan pesan penting dan memberdayakan para audiens lewat cerita-cerita yang membuat audiens terlarut dalam isi cerita.

Hasil rating para audiens untuk Podcast ini adalah 4,1 (5 tertinggi) dari sekitar 61 audiens yang memberikan rating.

“Innovation” (Podcast milik perusahaan Johnson & Johnson)

Johnson and Johnson (J&J) berkomitmen untuk memutakhirkan solusi-solusi perawatan kesehatan baru melalui kolaborasi. Podcast  satu ini membahas tentang tren terkini dalam dunia perawatan kesehatan, termasuk dari para pemikir, organisasi-organisasi, dan ide - ide yang mendukungnya.

Sebagai perusahaan yang fokus pada perawatan pribadi dan kesehatan, J&J melalui Podcast-nya berusaha membuat audiens merasakan dan mengerti bahwa J&J senantiasa bekerja untuk memutakhirkan dan memperbaiki dunia perawatan pribadi dan kesehatan.

Konten-konten “Innovation” yang mengeksplorasi konsep-konsep baru di dunia perawatan kesehatan memang penting bagi semua orang, dan menciptakan Podcast untuk mengomunikasikan hal itu memberikan dampak positif bagi brand J&J dan dunia.

“.future” (Podcast milik perusahaan Microsoft)

Melalui Podcast “.future” perusahaan Microsoft berusaha mengomunikasikan bahwa masa depan ditentukan berdasarkan kehidupan manusia dan keputusan-keputusan yang dibuat pada saat ini baik sebagai individu maupun masyarakat. Podcast ini dibuat dengan kerjasama dengan Gimlet Creative.

Cristina Quinn (Host) membahas tentang berbagai teknologi dan industri-industri yang akan menentukan masa depan dalam setiap konten Podcast ini, mulai dari teknologi, kesehatan, data, bahkan tentang game.

Podcast ini juga berusaha mengomunikasikan bahwa masa depan dan bagaimana kita menentukan masa depan sudah menjadi fokus Microsoft dari sejak awal berdirinya.

Dari 84 rating yang diberikan oleh audiens, Podcast ini memperoleh nilai rating rata-rata 4,6 (5 tertinggi).

Sudah banyak brand besar global yang menggunakan Podcast dalam kampanye pemasaran digitalnya dan menikmati ROI yang diharapkan mereka, bagaimana dengan brand Anda?

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles