Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

10 Cara Kreatif untuk Menjalankan Branded Content dan Influencer Marketing Campaigns

By
GetCraft
 •
May 26, 2020

Sponsored content saat ini telah berjalan selama beberapa waktu, tapi, kami di GetCraft banyak menemukan fakta bahwa ada banyak klien yang membutuhkan branded content atau influencer marketing campaign masih berpikir bahwa eksekusi tersebut hanya dapat dilakukan dengan promo, backlink dan penyebutan nama brand dalam konten yang dibuat oleh influencer atau publisher.

Pandangan seperti ini mengaburkan sponsored content dari kelebihan utamanya, yaitu, untuk memotong banner blindness lewat konten yang sangat autentik, dibuat oleh influencer dan publisher, yang disebutkan riset sebagai dua dari sumber yang paling dipercaya oleh brand dan informasi produk lainnya secara global.

Telah menjalankan lebih dari 5.000 campaign untuk brand-brand besar, GetCraft telah melakukan banyak cara kreatif untuk saat bekerja dengan publisher dan influencer. Berikut adalah 10 cara kreatif yang kami rekomendasikan saat Anda menjalankan sponsored content campaign:

1. BRAND AWARENESS

2. BRAND BUILDING

3. PRODUCT CONSIDERATION

  

1. BRAND AWARENESS

Platform Takeover

Influencer marketing tidak lagi terbatas hanya bekerja dengan sekelompok Key Opinion Leader (KOL). Kini, bisa dilakukan lebih lagi dengan cara melibatkan ratusan influencer secara bertahap dengan menyebarkan banyak jenis pesan dan mengambil alih media sosial platform seperti Instagram atau Facebook.

Sebagai bentuk dari sponsored influencer campaign yang besar, eksekusi ini juga menawarkan keuntungan lain, seperti influencer yang dapat membantu Anda memberi, membuat ide dan mendistribusikan konten dengan membuat pesan yang variatif. Membuat ratusan posting influencer di saat bersamaan juga meningkatkan kemungkinan untuk menjangkau siapa pun target Anda di media sosial.

Tantangan-tantangan dalam melakukan channel takeover termasuk mencari influencer yang tepat melalui platform kami di GetCraft untuk berkolaborasi dengan mereka secara individual, dan mengukur performa campaign serta isu-isu yang ingin Anda sampaikan.

Branded Content and Influencer Marketing Campaigns - Shopee influencer case study

Salah satu contoh dilakukan oleh Shopee Indonesia, dengan bekerja sama dengan 200 influencer dari marketplace GetCraft secara bertahap. Campaign ini dapat menghasilkan lebih dari 300 foto sponsored di Instagram untuk campaign penjualan 10.10 mereka serta berhasil menghasilkan kurang lebih 2 juta views dan setengah juta engagement dalam waktu 7 hari!

Klik di sini untuk memproduksi konten bersponsor di Instagram

 Klik di sini untuk memproduksi konten Instagram Stories bersponsor dari Influencer 

 Klik di sini untuk bekerja sama membuat Instagram Video dengan Influencer 

 

Fresh & New

Branded content dan kampanye influencer marketing juga merupakan sebuah kesempatan yang sempurna untuk meluncurkan produk baru atau memperluas brand; dengan topik-topik yang diharapkan oleh calon pembeli dibicarakan oleh publisher dan influencer.

Baca juga: Mengapa Sponsored Content Bagus untuk Strategi Pemasaran?

Keuntungan dari konten-konten yang segar dan menyenangkan ini adalah bahwa mereka sangat autentik, namun secara bersamaan juga memberi Anda kontrol lebih dalam pesan dibanding bentuk press release tradisional.

Tantangannya, bagaimanapun juga, adalah untuk meyakinkan bahwa pembicaraan tentang produk Anda tidak bertabrakan dengan peluncuran yang pertama. Karena itu, kami merekomendasikan untuk menjadwalkan artikel-artikel tersebut secara bertahap, mengingat para pelanggan perlu diarahkan ke dalam marketing funnel Anda.

10 Creative Ways To Run Influencer Marketing and Branded Content Campaigns - Samsung Galaxy A

Salah satu contoh cerdas dari kasus ini adalah sponsored publisher campaign yang dilakukan oleh Samsung Tab A di Indonesia. Brand tersebut mensponsori artikel-artikel yang berhubungan lewat 4-tahap jangka waktu; pre-launch, launch, tech review dan sustenance—lewat 13 lifestyle publisher dan situs tech news dalam jejaring GetCraft.

 Klik di sini untuk membuat artikel bersponsor pada platform publisher 

Klik di sini untuk membuat video bersponsor pada platform publisher

Klik di sini untuk membuat infografis bersponsor pada platform publisher

 

Creative Challenge

Agar Anda dapat memaksimalkan reach dari sponsored content campaign, Anda bisa bekerja sama dengan influencer atau bahkan publisher untuk mengajak follower mereka dalam sebuah tantangan atau kontes kreatif yang berhubungan dengan brand Anda.

Keuntungan dari tantangan kreatif adalah bahwa Anda mendapatkan konten lebih banyak dari apa yang Anda bayarkan, karena efek bola salju di dalamnya; followers dari Key Opinion Leader, juga followers dari followers mereka, akan membicarakan dan mempublikasikan brand Anda.

Agar cara ini dapat berjalan baik, Anda perlu memilih influencer yang dapat meyakinkan dengan efektif followers mereka untuk mengikuti kontes tersebut dan sebuah tim media sosial yang potensial dan dapat membalas respon dengan cepat serta dapat meningkatkan konten yang sifatnya user-generated.

10 Creative Ways To Run Influencer Marketing and Branded Content Campaigns - Fanta case study

Kami menyukai tantangan kreatif yang dilakukan untuk relaunch Fanta Orange menggunakan 10 sponsored video melalui 10 lifestyle influencer, yang bertanya pada followers mereka “Seberapa jauh yang akan Anda lakukan untuk dapat merasakan sebotol Fanta?” dan campaign ini secara efektif berhasil mendapatkan 1,5 juta views

Klik di sini untuk bekerja sama dengan influencer di Instagram

Klik di sini untuk terhubung dengan influencer di Facebook 

Klik di sini untuk menemukan influencer di YouTube

  

Emotional Storytelling

Kegunaan kuat lainnya dari sponsored content adalah untuk menceritakan kisah yang emosional, yang terbukti lebih efektif menangkap perhatian audiens. Tapi memang, tidak semua brand merasa nyaman dengan menceritakan suara mereka sendiri.

Keuntungan lain dari menggunakan jasa influencer adalah dapat membantu Anda dari tahap ideation konten hingga ke distribusi, serta membuat pesan yang variatif untuk menggapai tipe-tipe pelanggan yang berbeda, Anda juga dapat meyakinkan dalam eksekusi ini bahwa konten yang telah dibuat oleh influencer tersebut sangat autentik.

Hal ini tentu datang dengan sebuah tantangan, walaupun begitu, supaya Anda bisa menemukan influencer yang dapat menceritakan kisah emosional dengan baik dan pada saat bersamaan menghubungan kisah-kisah tersebut dengan brand Anda, adalah sebuah tugas dari tim network of influencer di GetCraft.

10 Creative Ways To Run Influencer Marketing and Branded Content Campaigns - Durex case study

Contohnya, sebuah campaign yang simple namun kuat dari Durex selama Pride Month di Filipina melalui influencer yang dengan bangga membicarakan momen kebanggaan mereka sebagai bagian dari LGBT community. Sebastian Castro, contohnya, bercerita tentang momen come out-nya lewat Instagram.

Klik di sini untuk bekerja sama dengan influencer di Indonesia 

Klik di sini untuk bekerja sama dengan influencer di Filipina 

Klik di sini untuk bekerja sama dengan influencer di Malaysia

 

2. BRAND BUILDING

Product Placement

Keautentikan juga dapat diperoleh dalam sponsored content campaigns dengan bekerja sama dengan influencer atau publisher untuk mengemas brand dalam sebuah cerita yang sudah familier dengan konten mereka, seperti aktivitas yang mereka lakukan sehari-hari, topik yang menarik untuk mereka atau area expert mereka sendiri. Kami menyebut ini dengan product placements.

Tantangannya adalah, untuk memberi influencer atau blogger kebebasan kreatif yang cukup agar mereka dapat menyebutkan atau menyelipkan produk dengan baik, dan dengan waktu yang bersamaan mereka tetap mendapatkan objektif brand yang telah ditetapkan.

10 Creative Ways To Run Influencer Marketing and Branded Content Campaigns - Acuvue case study

Contoh baik lainnya, adalah saat Johnson & Johnson bekerja dengan 6 beauty influencer terbaik di Indonesia untuk memproduksi 24 foto, 4 video dan 3 stories di Instagram untuk menunjukkan satu hari di hidup mereka dengan produk Acuvue. Campaign ini menghasilkan 2 juta views dan 400.000 share.

Klik di sini untuk bekerja sama dengan beauty influencer perempuan

 Klik di sini untuk bekerja sama dengan beauty influencer laki-laki 

Klik di sini untuk bekerja sama dengan influencer kategori lainnya  

How-To’s

Kami telah menjelaskan di artikel lain tentang keuntungan untuk memiliki video how-to di channel Anda, selain yang telah disebutkan, video ini juga dapat diproduksi dan didistribusi untuk Anda oleh influencer dan publisher melalui sponsored content.

Kelebihan dari video how-to dalam bentuk sponsored content termasuk dengan kesempatan audiens untuk lebih mudah menemukan brand Anda. Dengan data, Google mengatakan bahwa satu pertiga dari pengguna internet sering mencari video how-to dari produk yang ingin mereka beli, dan struktur biaya yang termasuk ideation, produksi dan distribusi.

Saat melakukan eksekusi tersebut, bagaimana pun juga, Anda perlu siap melakukan riset untuk menemukan publisher atau influencer yang tepat dan untuk membayar partner konten tersebut lebih banyak dari apa yang biasa Anda bayarkan untuk sebuah posting-an foto, contohnya.

Sebuah studi kasus yang harus Anda perhatikan adalah relaunch dari Pond’s Acne Solution melalui sponsored how-to video dengan 40 Instagram dan YouTube beauty expert dalam network GetCraft di Indonesia.

Klik di sini untuk memproduksi video how-to lewat Marketplace kami

Klik di sini untuk menemukan semua produser video dalam network kami 

 

Disruptive Ideas

Cara lain untuk mengambil keuntungan dari kredibilitas publisher dan influencer adalah dengan meminta mereka membuat percakapan intensif tentang ide-ide disruptif seputar brand Anda.

Di samping dari keuntungan dalam memiliki informasi kredibel yang berasal dari sumber-sumber yang membicarakan tentang brand Anda, Anda juga dapat mendapatkan cerita yang luas dari suara yang berbeda via publisher dan influencer, serta kemungkinan untuk dibicarakan oleh audiens mereka.

Memang, lebih menantang untuk mencari influencer atau publisher yang cocok untuk objektif Anda, tidak hanya dalam cara penyampaian, namun juga dalam expertise, tipe audiens dan keuntungan. Kami memiliki network publisher yang besar dalam marketplace GetCraft yang bisa Anda ajak untuk bekerja sama.

Branded Content and Influencer Marketing Campaigns - Bear Brand Sponsored Content Case Study

 

Bear Brand Adult Plus menggunakan ide yang disruptif namun efektif saat meminta 8 publisher top di network GetCraft untuk menjalankan serial konten editorial untuk para millennial dalam menerima kepuasan dalam bekerja, dan berhasil menghasilkan 2 juta views.

→ Klik di sini untuk mensponsori konten parenting oleh publisher

Klik di sini untuk bekerja sama dengan publisher di bidang kesehatan dan farmasi 

Klik di sini untuk terhubung dengan food publisher yang ada di dalam network kami

 

3. PRODUCT CONSIDERATION

Guides & Reviews

Panduan dan review dari publisher dan influencer dapat menjadi jalan yang baik untuk mengonversi pelanggan ke dasar marketing funnel. Apakah tipe konten seperti ini diharapkan para audiens mereka dalam bentuk bersponsor atau tidak.

Keuntungan dari memiliki publisher dan influencer untuk mengeluarkan petunjuk dan review untuk Anda, adalah bahwa mereka adalah sumber informasi yang lebih kredibel ketimbang situs Anda sendiri.

Hal krusial dari eksekusi seperti ini adalah dalam menentukan partner konten yang dapat membantu untuk memutuskan seberapa native konten yang akan mereka hasilkan, sesuatu yang di kategori tersebut dapat disaring melalui marketplace GetCraft.

10 Creative Ways To Run Influencer Marketing and Branded Content Campaigns - Tourism Australia case study

Salah satu contoh efektif dari panduan dan review adalah saat Wego yang berkolaborasi dengan Tourism Australia bekerja sama dengan 25 travel publisher dalam network kami untuk menjalankan lebih dari 125 artikel yang saling berhubungan selama lebih dari 6 bulan sebagai usaha untuk menginspirasi dan mengedukasi orang Indonesia untuk mengunjungi Australia selama Ramadan.

Klik di sini untuk mencari publisher travel melalui network kami

Klik di sini untuk terhubung dengan selebritas di seluruh Asia Tenggara

 

Custom Research

Di samping dari artikel sehari-hari, publisher juga dapat memproduksi riset yang tersambung dengan brand, produk, dan kategori Anda. Potongan-potongan sponsored content ini mungkin dipublikasi dalam rangkaian artikel atau terkadang dalam gated content atau co-branded gated content.

Potongan-potongan yang ditulis dengan baik ini tidak hanya dapat mendongkrak kredibilitas Anda lewat halo effect, tapi juga dapat menghasilkan leads atau mengarahkan traffic ke dalam situs serta mendongkrak performa search Anda.

Riset yang diminta dapat lebih mahal dan lebih lama diproduksi karena seringkali membuat publisher mencari lebih banyak sumber dan mengutus orang-orang pilihannya untuk memastikan konten berkualitas tinggi.

10 Creative Ways To Run Influencer Marketing and Branded Content Campaigns - GE case study

Contohnya, adalah saat GE bekerja sama dengan 7 publisher yang ada di dalam GetCraft network untuk membuat riset dan artikel seputar ketertarikan dari perusahaan tersebut. Potongan-potongan konten ini, yang terintegrasi ke portal GE sendiri, juga dipromosikan dalam kanal publisher tersebut, termasuk media sosial.

Klik di sini untuk mensponsori artikel di platform publisher 

Klik di sini untuk mensponsori video di platform publisher

Klik di sini untuk mensponsori infografis di platform publisher

 

Promos

Mungkin tipe dari branded content dan influencer marketing yang paling banyak mengandung produk dan brand adalah promo. Konten straightforward bisa jadi bentuk dari cara untuk mengonversi pelanggan Anda ke dasar dari marketing funnel.

Di samping kemampuan mereka untuk mengonversi dengan cepat, promo juga merupakan sebuah cara cerdas untuk mengukur ROI dalam branded content dan influencer marketing campaign melalui kode unik atau mengukur tautan yang Anda sertakan di dalamnya.

Mengukur konversi juga dapat menjadi tantangan dalam menjalankan promo dengan influencer dan publisher. Walaupun begitu, fakta bahwa promo biasanya berbentuk less native content, membuat partner konten Anda harus cerdas dalam membuat pesan yang dimaksud.

10 Creative Ways To Run Influencer Marketing and Branded Content Campaigns - AirAsia case study

Sebuah contoh kasus yang kami sukai adalah saat AirAsia’s mempromosikan free seat mereka lewat 42 influencer dari network GetCraft, yang pada akhirnya menghasilkan 42 foto, 30 stories dan 6 video di Instagram dan menerima 500.000 views dalam waktu hanya 3 hari.

→ Klik di sini untuk bekerja sama dengan travel influencer

Klik di sini untuk menemukan dan merekrut lifestyle influencer laki-laki 

Klik di sini untuk influencer perempuan dalam kategori lifestyle

 

Walaupun branded content dan kampanye influencer marketing unggul dalam hal menjangkau target pasar, namun kekuatan tersebut juga dapat membuat pemasar takut untuk melakukannya karena harus langsung berhadapan dan membuat kesepakatan dengan mereka. Itulah pemecahan masalah yang ditawarkan oleh GetCraft.

Marketplace kami memberi Anda kekuatan untuk menemukan ribuan partner untuk sponsored content berkualitas di Asia Tenggara. Seluruh influencer dan publisher dari network kami telah disahkan secara individual untuk menjamin Anda meraih objektif Anda.

 

Baca Juga:

Apa itu Content Marketing? Tipe Content Marketing seperti Apa yang Bisa Saya Tayangkan?

Mengapa Saya Perlu Melakukan Content Marketing dan Sponsored Content?

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles