Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Tipe Campaign Influencer Marketing dalam Menjaring Leads

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Influencer marketing saat ini menjadi topik yang sedang hangat-hangatnya di dunia pemasaran. Bagaimana yang pada awalnya, para marketers masih melakukan eksperimen terhadap strategi ini, dan sampai hari ini akhirnya sudah bisa menemukan seluk-beluknya hingga bisa menjadikannya sebuah strategi andalan untuk bisa menjangkau para pelanggan.

Memang tidak salah juga, kalau kita mengatakan bahwa influencer marketing adalah strategi pemasaran yang ajaib. Karena, hanya dari sebuah konten –ketika disampaikan oleh orang yang tepat- maka bisa langsung mendorong audiens untuk merasa memiliki keinginan untuk menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Terbukti, data dari Adweek menyebutkan bahwa 40% masyarakat akan membeli suatu produk secara online setelah melihat produk tersebut digunakan oleh influencer yang mereka lihat baik itu melalui YouTube, Instagram atau Twitter.

Data di atas dapat menunjukkan kalau influencer marketing memang mempunyai kekuatan untuk bisa menarik audiens, yang tadinya mungkin hanya ingin melihat-lihat konten, menjadi tertarik untuk  terlibat lebih jauh dan menjadi leads suatu brand.

Baca Juga: Memahami Influencer Marketing

Tetapi, tipe konten influencer marketing seperti apa yang paling cocok untuk lead generation?

Guest blogging

Ketika memilih untuk bekerja sama dengan seorang influencer yang memiliki blog, kita dapat memanfaatkan blog tersebut untuk menjaring leads. Caranya, kita bisa mencari tahu konten seperti apa yang memang biasa dibuat oleh si influencer, lalu bisa mengajak mereka membuat sebuah konten yang memiliki relevansi antara topik yang biasa mereka bahas dengan nilai brand kita. Jangan lupa juga tambahkan link yang menuju situs brand di dalam artikel yang dibuat tadi, lengkap dengan ajakan/Call-to-action yang menarik.

Bekerja sama dengan influencer merupakan cara tercepat untuk meningkatkan traffic dan engagement, lebih jauhnya, dapat mengajak para followers si influencer untuk menjadi leads hingga menaikkan tingkat penjualan brand.

Selain itu, kalau brand kita berkolaborasi dengan influencer yang memiliki otoritas domain yang tinggi, keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah mendapatkan backlink yang berkualitas, membantu SEO situs yang dijalankan sampai meningkatkan ranking di search engine.

Berkolaborasi dengan influencer untuk membuat review produk

Sebagai brand, kita bisa memberikan para influencer sebuah sampel produk secara gratis untuk mereka gunakan dan mengajak mereka untuk mengulasnya. Sebuah review dari influencer merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa meningkatkan kredibilitas brand dan juga mendapatkan kepercayaan dari para target audiens.

Selain itu, untuk bisa mencapai objektif leads generation, kita bisa juga mengombinasikan konten yang dibuat oleh influencer tersebut dengan kode diskon atau mencantumkan link ke situs brand di dalam konten tersebut.

Dengan melakukan inisitaif tersebut, kita bisa mendorong followers dari influencer tersebut untuk mau melakukan pembelian pada produk yang kita tawarkan. Dan menyajikan kode diskon merupakan salah satu strategi terbaik untuk lead generation.

Dan ketika audiens menggunakan kode promo tersebut untuk melakukan pembelian, mungkin kita juga bisa memberikan komisi tambahan kepada para influencer, sehingga strategi yang kita jalankan bukan hanya bisa menjaring leads tetapi juga bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan influencer terkait.

Sebuah review berbentuk video juga dapat bekerja secara maksimal, karena audiens dapat melihat bagaimana cara yang paling benar dalam menggunakan produk yang kita tawarkan dan kegunaan dari produk, sebelum mereka memutuskan untuk membelinya.

Mengajak influencer untuk membuat testimonial mengenai produk

Hubungan antara influencer dengan para followers-nya itu berbasis kepercayaan. Jika seorang influencer mampu menjamin kualitas sebuah produk, maka para audiens mereka akan mempercayai hal tersebut. Sehingga, ketika seorang influencer bisa membantu brand dalam mempromosikan produk, maka konten yang mereka buat bisa menimbulkan kesan yang positif di antara para followers mereka.

Tetapi kalau memang tujuan kita menggunakan influencer marketing untuk menjaring leads, maka pastikan kalau kita juga mencantumkan testimonial mereka di dalam situs yang dikelola. Sehingga, kalau kampanye influencer marketing tersebut sudah selesai, brand tetap bisa memperlihatkan bahwa produk yang ditawarkan pernah digunakan oleh influencer tadi, dan produk tersebut tetap menarik bagi para calon konsumen. 

Untuk bisa menarik perhatian para audiens, kita juga bisa menaruh testimonial tersebut di halaman muka situs yang dikelola. Dan hal ini akan membuat masyarakat dapat lebih mudah menemukan cerita dari influencer mengenai produk tersebut, dan membuat mereka lebih mempercayainya.

Social media takeover

Kalau kita sedang bingung dalam membuat atau menyajikan konten yang menarik untuk para followers melalui media soisal, mungkin kita bisa mengajak para influencer untuk bekerjasama. Seorang influencer tentu sudah terbiasa untuk membuat konten secara konstan, sehingga mereka mengetahui cara kreatif agar konten dapat menarik minat audiens.

Ketika melakukan social media takeover, kita bisa mempercayakan pembuatan konten pada para influencer, tetapi tetap menyematkan link dari situs brand. Dengan begitu, para audiens lebih bisa mempercayai konten tersebut dan membuat brand bisa mendapatkan leads dari konten yang ditayangkan.

Baca Juga: 5 Influencer Top untuk Campaign Ramadan

Influencer marketing memang memiliki banyak kegunaan bagi suatu perusahaan. Seperti meningkatkan traffic, engagement dan juga dapat menjaring leads. Dan memanfaatkan influencer marketing ini, membuat brand dapat relatif lebih cepat dalam menjaring leads yang mereka inginkan.

Jika Anda hendak menjalankan kampanye Influencer Marketing dan ingin  terhubung dengan jejaring kreator konten, media massa, dan influencer yang siap membantu program Influencer Marketing yang Anda jalankan, klik di sini untuk memasukkan Brief brand Anda!

Buat Brief Anda Sekarang!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Related articles