Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Panduan Bagi Pemilik Brand untuk Berkolaborasi dengan Kreator Konten

By
iMarketology
 •
May 26, 2020

Berbicara mengenai pemasaran digital saat ini tentu akan sulit untuk dilepaskan dengan strategi content marketing. Karena, dalam setiap tahap perjalanan pembelian masyarakat, konten selalu memiliki peran penting. Mulai dari tahap pengenalan (awareness) sampai akhirnya mereka memiliki keputusan untuk menggunakan produk atau jasa brand.

Karena konten memiliki perananan penting ini, membuat banyak marketers saling berlomba untuk membuat beragam konten yang berkualitas demi memenangkan perhatian audiens. Dan untuk bisa menyajikan konten yang baik dan menarik, banyak brand yang memilih untuk bekerja sama dengan para kreator konten profesional yang berpengalaman dalam proses produksi konten.

Baca Juga: Apa itu Content Marketing? Tipe Content Marketing Seperti Apa yang Bisa Saya Jalankan ?

Untuk berkolaborasi dengan para kreator konten freelance atau perusahaan pemasaran digital, ada beberapa tip yang perlu diperhatikan:

Setiap kreator konten memiliki spesialisasi sendiri-sendiri

Setiap kreator konten biasanya memiliki spesialisasi tersendiri berdasarkan jenis konten yang ada. Oleh karena itu, untuk memilihnya maka brand harus menyesuaikan antara jenis konten digital yang mereka perlukan dengan spesialisasi para kreator tersebut.

Memilih kreator konten yang spesialisasinya sesuai dengan jenis konten yang akan dibuat akan menghasilkan konten lebih yang berkualitas. Tentunya karena pengalaman mereka di lapangan akan lebih mengena nantinya bagi target audiens.

Membayar jasa para kreator konten dengan pantas dan tepat waktu

Konten, baik itu berbentuk artikel, video, foto atau pun ilustrasi bisa dibilang merupakan karya seni.  Dan karya seni tentunya cukup sulit diukur dengan nilai jual.

Walaupun tidak selalu sama dan terjadi, besarnya tarif yang digunakan untuk membayar jasa para kreator konten bisa meningkatkan kualitas konten digital yang dibuat. Untuk menghasilkan konten digital yang berkualitas, biaya pembuatan konten digital, terutama jenis video, akan sangat tinggi. Maka itu, penting bagi brand untuk membayar jasa kreator ini secara pantas, dan sebisa mungkin tidak menggunakan "harga teman".

Dengan membayar jasa para kreator konten dengan tepat waktu, juga akan meningkatkan kepercayaan para kreator konten kepada para pemilik brand yang memberi mereka proyek. Nantinya, para kreator konten tersebut akan dengan senang hati untuk berkolaborasi kembali di proyek-proyek pembuatan konten digital berikutnya.

Memberikan deskripsi proyek sedetail dan sejelas mungkin

Pemilik brand sebaiknya memberikan deskripsi proyek atau brief pembuatan konten sedetail dan sejelas mungkin kepada para kreator. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah memahami konten seperti apa yang dikehendaki oleh brand, dan bisa menentukan biaya produksi dengan tepat.

Selain itu, dengan memberikan deskripsi proyek sedetail dan sejelas mungkin kepada para kreator konten, hal ini akan mengurangi tingkat revisi yang dibuat oleh kreator konten.

Deskripsi proyek yang detail dan jelas dari pemilik brand juga akan membuat para kreator konten lebih mampu membuat konten yang tepat sasaran sesuai tujuan-tujuan yang diharapkan oleh pemilik brand.

Memberi referensi atau contoh konten digital yang diinginkan

Pemilik brand juga sebaiknya memberikan referensi atau contoh konten yang diinginkan kepada para kreator konten yang akan diajak berkolaborasi. Dengan memberikan referensi atau contoh, para kreator konten yang akan diajak berkolaborasi akan lebih mudah mengerti konten digital seperti apa yang diinginkan oleh pemilik brand.

Tentunya bukan melakukan imitasi konten yang dimaksud, tetapi referensi atau contoh konten digital tersebut bisa dijadikan sumber ide kreatif atau inspirasi bagi para kreator konten yang menerima proyek pembuatan konten digital tersebut dari pemilik brand.

Menggunakan online creative network

Memanfaatkan creative network seperti GetCraft untuk menemukan para kreator konten akan memudahkan para pemilik brand. Selain memudahkan brand untuk menemukan para kreator konten yang sesuai, biasanya creative network ini juga memberikan fasilitas lelang proyek, sehingga brand bisa mendapatkan harga terbaik dalam produksi konten mereka.

Nah, ingin bekerja sama dengan para kreator konten terbaik di Asia Tenggara, silakan langsung saja klik link berikut untuk menemukan para kreator yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles