Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Masterclass: Mengapa Brand Perlu Melakukan Content Marketing

By
Dimas Gityandraputra
 •
May 19, 2020

Pada setiap perjalanan pembelian masyarakat, konten selalu memiliki peranan penting agar brand lebih mudah ditemukan masyarakat. Mulai dari mulai tahap pengenalan, mencari tahu lebih jauh, sampai memiliki keputusan untuk membeli, banyak masyarakat yang bergantung pada konten agar nantinya tidak kecewa ketika sudah menggunakan suatu produk atau jasa.

Karena hal tersebut pula kini para marketers merumuskan strategi content marketing sebaik mungkin agar konten yang mereka sajikan dapat relevan dan bernilai lebih kepada para audiens atau pelanggan, dan juga menampilkannya secara konsisten, sehingga mereka tertarik atau melakukan tindakan yang diharapkan (mengklik, membeli, mendaftarkan diri, dan lain sebagainya).

Baca Juga: Memahami Apa Itu Content Marketing

Dan agar brand dapat merumuskan strategi content marketing yang efektif, pada tanggal 25 Juli 2019 yang lalu, GetCraft bekerja sama dengan Loket.com membuat sebuah diskusi “Content Marketing Masterclass” dengan pembicara Anthony Reza, Co-Founder dan CEO GetCraft Indonesia.

Memahami Apa Itu Content Marketing

Pembicara Content Marketing Masterclass, Anthony Reza, Co-Founder & CEO GetCraft Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Reza sempat mengungkapkan bahwa penting bagi brand untuk melakukan kegiatan content marketing agar dapat membantu strategi pemasaran mereka secara keseluruhan. Lalu mengapa content marketing ini penting untuk dijalankan?

Ingin mengetahui profil Anthony Reza dan pengalamannya dalam menjalankan kampanye content marketing? Silahkan klik link berikut!

Dapat menyampaikan pesan yang lebih beragam

Dengan melakukan kegiatan content marketing, brand dapat menyampaikan pesan yang lebih beragam. Misalnya saja, dalam satu periode campaign mereka dapat membuat 50 konten unik dan menyasar pada setiap sasaran audiensnya. Namun ketika pemasar lebih memilih menggunakan bentuk iklan yang lebih konvensional, seperti banner, mungkin brand hanya bisa menyampaikan 4-5 pesan saja.

Memahami Apa Itu Content Marketing

Selain itu, melalui content marketing, setiap konten memiliki pesan uniknya masing-masing, sehingga akan memperbesar peluang akan diterima oleh sasaran audiens yang tepat untuk setiap segmen konsumen, dan pada akhirnya dapat mendorong aksi yang diharapkan.

Memberikan tingkat konversi yang lebih tinggi

Melalui content marketing kita bisa membuat konten yang lebih banyak dan beragam, sehingga memungkinkan brand untuk menyajikan konten pada setiap tahapan pembelian masyarakat.

Memahami Apa Itu Content Marketing

Content marketing juga dapat bekerja secara efektif mengkonversi audiens dari tahap awareness dan terus bergerak ke tahap pembelian, atau mungkin lebih jauh lagi sampai ke tahap loyalitas atau menjadi advokasi.

Content marketing dilakukan secara berkala sehingga dana yang dikeluarkan menjadi efektif

Dengan menjalankan inisiatif content marketing secara berkelanjutan, membuat brand akan menemukan dana yang mereka keluarkan akan menjadi lebih efisien. Biasanya brand bisa mendapat efisiensi media 6 sampai 7 kali lebih baik daripada paid media.

Memahami Apa Itu Content Marketing

Bukan hanya itu, kalau kampanye content marketing yang kita jalankan memiliki performa yang bagus, maka dapat membuka peluang bagi pihak ketiga akan menawarkan kerja sama membuat sponsored content pada platform yang kita kelola.

Membentuk kredibilitas brand

Kampanye content marketing maupun sponsored content sudah terbukti dapat membentuk brand credibility. Studi dari Nielsen pernah mengungkapkan bahwa,

  • 83% pelanggan mempercayai rekomendasi yang diberikan oleh influencer.
  • 66% mempercayai konten editorial.
  • 42% mempercayai iklan online.

Dari data di atas dapat dikatakan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan terhadap brand yang menyajikan konten yang disampaikan influencer maupun editorial. Dan kepercayaan tersebut yang nantinya akan membentuk kredibilitas brand. Dan hal ini yang menjadi alasan mengapa content marketing dan sponsored content merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk membangun kredibilitas brand.

Content marketing itu berbasis performa sehingga membuat brand dapat mengoptimalkannya dari waktu ke waktu

Kampanye content marketing maupun sponsored content membuat brand memiliki kemampuan untuk menelusuri dan mengukur performa konten yang dijalankan seperti dapat mengukur views, engagement, hingga tindakan para audiens.

Memahami Apa Itu Content Marketing

Karena kita dapat melihat konten mana yang memiliki performa terbaik atau yang kurang baik, maka memudahkan brand untuk bisa mengoptimalkan kampanye yang dijalankan.

Dapat meningkatkan penjualan

Banyak perusahaan e-commerce dan teknologi yang menjalankan kampanye content marketing, menyatakan bahwa mereka kerap mendapat nilai penjualan yang lebih tinggi yakni, 2,5 kali lebih tinggi jika dibanding menggunakan iklan digital.

Memahami Apa Itu Content Marketing

Alasannya, karena kampanye konten seperti ini memiliki peranan penting untuk mengedukasi audiens, semetara iklan berbentuk banner hanya bertujuan untuk mendorong traffic saja.

Mengoptimalkan program paid media

Kegiatan content marketing atau kampanye sponsored content membuat brand memiliki kemampuan untuk menelusuri detail-detail pada setiap konten yang dibuat. Dan hal ini membuat brand dapat melihat keefektivitasan biaya 10 kali lebih baik pada inisiatif-inisiatif marketing yang dijalankan.

Dan ketika brand melakukan iklan online, mereka sudah mengetahui calon pelanggan yang benar-benar memiliki ketertarikan dengan brand terkait. Lalu, jika ditambahkan dengan content marketing yang sifatnya edukatif, maka konten yang disajikan tersebut dapat mendorong seseorang untuk mengambil tindakan.

Memahami Apa Itu Content Marketing

Strategi content marketing memang penting untuk dijalankan brand. Karena akan memudahkan untuk mencapai objektif yang telah ditentukan. Selain itu, karena sifatnya yang edukatif kampanye content marketing akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand.

Strategi content marketing memang penting untuk dijalankan brand. Lalu bagaimana peluang strategi ini di Indonesia? Lihat dalam artikel berikut!

Ingin mempelajari dan mendapatkan insight menarik seputar strategi marketing lainnya? Yuk, ikuti berbagai diskusi dalam GetCraft Masterclass Series. Masih akan ada diskusi seputar Social Media Marketing and Community Markting dan juga Retention and Loyalty Marketing.

RSVP: https://www.loket.com/e/getcraft

Memahami Apa itu Content Marketing

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tags:
No items found.

Related articles