Sign Up to MarketingCraft Newsletter for Free!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

7 Tipe Judul Artikel untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda

By
GetCraft
 •
May 25, 2020

Salah satu taktik pemasaran yang bisa diandalkan, terutama dalam kegiatan inbound marketing adalah membuat portal konten, atau biasanya dikenal sebagai business blogging. Alasannya? Agar bisnis, produk, atau layanan yang ditawarkan jadi lebih mudah ditemukan di internet, entah melalui search engine, atau media sosial.

Tantangan selanjutnya adalah, saat konten artikel yang Anda terbitkan di portal konten ditemukan sasaran pembaca via mesin pencari ataupun saluran media sosial, apakah judulnya cukup menarik untuk membuat mereka meng-klik, lalu membaca artikelnya? Karena judul, memiliki peran krusial untuk menarik impresi pembaca yang disasar, ketika konten blog Anda disebarkan di dunia maya.

Bahkan, beberapa situs marketing menggambarkan, orang yang benar-benar meng-klik link judul hanya 20%, dibandingkan 80% orang yang melihat judul.

Maka itu, dalam kegiatan pemasaran yang tentunya memiliki target, optimalisasi judul yang relevan sekaligus mampu menarik minat sasaran pembaca untuk membaca lebih lanjut, sangat penting. Dan untuk membantu proses optimalisasi, dianjurkan untuk terus bereksperimen dengan berbagai tipe judul, hingga menemukan model yang paling disukai target audience.

Berikut ini 7 (tujuh) tipe judul yang kami identifikasi dari berbagai content marketing project di GetCRAFT, dan bisa dipertimbangkan untuk membantu kegiatan business blogging Anda; hingga kemudian bisa meningkatkan traffic ke blog, dan akhirnya menjaring leads yang bernilai untuk bisnis Anda:

Baca Juga: Cara Membuat Judul untuk Kegiatan Content Marketing

1. Normal: Judul ala berita

Kenapa ala berita? Karena tipe judul ini lazimnya digunakan media massa untuk merumuskan judul tulisan atau artikel. Inti pada judul ini sederhana, cukup menonjolkan subjek tulisan atau pokok bahasan.

Contoh:

Alasan Perusahaan Perlu Memiliki Portal Konten

Contoh Native Advertising yang Bisa Ditiru

Pentingnya Business Profile untuk Influencer di Instagram

2. Number: Memikat lewat angka

Banyak pemasar di era digital ini mungkin sudah familiar dengan istilah listicle, atau artikel berbentuk list. Jenis ini biasanya ditemani oleh sejumlah angka di awalnya, sebagai daya tarik untuk pembaca.

Sejak industri media massa konvensional, tipe judul ini populer digunakan majalah di area cover, karena diyakini memperbesar peluang pembaca yang disasar tertarik hingga akhirnya membeli majalah tersebut. Kini, judul bermuatan angka pun tercatat masih diminati, karena pada beberapa portal konten tertentu, tipe ini memang ampuh menjaring traffic.

Contoh:

5 Alasan Perusahaan Perlu Memiliki Portal Konten

3 Contoh Native Advertising yang Bisa Ditiru

2 Sebab Business Profile Penting untuk Influencer di Instagram

3. Reader Addressing: Memuat sapaan untuk pembaca

Penekanan pada tipe ini adalah menyelipkan sapaan pada pembaca di kalimat judul. Meski jarang digunakan pada artikel di media massa, namun sentuhan personal ala blog pada judul ini kerap teruji berhasil memikat pembaca.

Contoh:

Ini Alasan Perusahaan Anda Perlu Memiliki Portal Konten

Contoh Native Advertising yang Bisa Anda Tiru

Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Pentingnya Business Profile di Instagram

4. How-To: Menyentuh kebutuhan orang mencari cara melakukan sesuatu

Selain memuat angka pada judul seperti pada tipe Number, jenis ini juga salah satu model klasik yang tercatat ampuh menarik perhatian pembaca. Alasannya, karena banyak orang menelusuri informasi untuk mencari cara terbaik mengatasi persoalan atau tantangan yang mereka hadapi sehari-hari.

Contoh:

Cara Menjawab Pertanyaan tentang Alasan Perusahaan Memiliki Portal Konten

Tips Native Advertising yang Bisa Anda Tiru

Kiat Agar Akun Instagram Bisa Menghasilkan Uang

5. Question: Menggelitik pembaca dengan pertanyaan

Sesekali, cobalah tipe ini, mungkin Anda bisa mendapatkan hasil yang melampaui harapan. Karena judul ini kurang lebih menggambarkan apa yang menjadi pertanyaan di benak atau pikiran pembaca yang disasar. Sehingga saat melihatnya, mereka tergelitik harapan mendapat jawaban atas pertanyaan tersebut.

Contoh:

Kenapa Perusahaan Perlu Memiliki Portal Konten?

Bagaimana Menerapkan Native Advertising yang Tepat?

Apa Pentingnya Business Profile untuk Influencer di Instagram?

Klik di sini untuk bekerjasama dengan penulis terbaik di Asia Tenggara

6. Command: Anjuran tegas untuk pembaca

Kadang, penting untuk menyarankan sesuatu secara lugas pada pembaca; karena di saat bersamaan pun menunjukkan kuatnya keyakinan kita pada solusi yang ditawarkan konten untuk pembaca, dan akhirnya berpotensi meyakinkan mereka untuk membaca lebih lanjut. Untuk itu, tipe ini biasanya menekankan pada kata “harus”, “sekarang juga”, atau penggunaan tanda seru (!).

Contoh:

Portal Konten Penting untuk Perusahaan Anda, Ini Alasannya!

Tiru Penerapan Native Advertising Ini!

Alasan Instagram di Instagram Harus Menggunakan Business Profile

7. Testimonial: Meminjam kutipan narasumber

Jika narasumber artikel Anda adalah figur atau tokoh yang memiliki reputasi di mata pembaca yang disasar, Anda bisa mempertimbangkan tipe ini; yang menampilkan potongan kutipan dari pernyataan si narasumber (beserta namanya), untuk menarik minat pembaca.

Contoh:

Anto Budiman: Bukan Hanya untuk Awareness, Blog pun Bisa Menjaring Leads

Anto Budiman: Native Advertising Harus Menjaga User Experience Saluran yang Digunakan

Anto Budiman: Business Profile Penting Digunakan oleh Para Influencer di Instagram

Baca Juga: Langkah Riset untuk Content Marketing yang Efektif

Demikian beberapa tipe judul yang bisa membantu meningkatkan traffic ke blog bisnis Anda. Tambahannya, Anda juga bisa melakukan kombinasi dari dua atau tiga tipe judul, seperti pada judul artikel ini yang menggabungkan tipe Number dan Reader Addressing.

Hal terpenting adalah, selalu awasi tipe judul mana yang paling menarik minat pembaca, untuk Anda bisa terus mengoptimalisasi judul artikel yang mampu meningkatkan jumlah kunjungan ke blog yang dikelola.

 

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Asupan Marketing Mingguan

Gratis

Artikel-artikel marketing terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel marketing terpercaya

Related articles